Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cokboenAvatar border
TS
cokboen
Flu arab sudah menyebar ke Indonesia gan :(

Seorang Lagi Jamaah Umrah Suspect MERS Dirawat di Medan

Medan - Seorang lagi pasien suspect Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus (MERS-CoV) ditemukan di Medan, Sumatera Utara (Sumut). Saat ini yang bersangkutan dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik.

Pasien perempuan berumur 50 tahun dengan isinial SHN itu dirawat di Gedung Rawat Infeksius RSUP Haji Adam Malik, Jalan Bunga Lau, Medan. Dokter yang menangani Prof Luhur Soeroso menyatakan, berdasarkan keterangan keluarga, pasien itu baru saja pulang melaksanakan umrah di Arab Saudi.

"Pasien suspect MERS. Sudah dua hari dirawat di sini," kata Luhur Soeroso kepada wartawan, Selasa (6/5/2014) siang.

SHN yang berasal dari Kabupaten Deli Serdang, Sumut, mulai dirawat RSUP Haji Adam Malik pada Senin (5/5) sekitar pukul 16.00 WIB. Pemeriksaan awal menunjukkan gejala penyakit infeksi yang mengarah ke MERS, namun pemeriksaan masih dilakukan untuk memastikan.

SHN diketahui sudah mengalami gejala batuk disertai gatal di tenggorokan sejak (27/4) dan kemudian demam pada (28/4). Dia dan rombongan umrahnya tiba di Bandara Internasional Kuala Namu, Deli Serdang, pada (2/5) sekitar pukul 09.00 WIB. Setelah mendapat perawatan awal, dia kemudian dirujuk ke Medan untuk penanganan medis lebih lanjut.

Sebelumnya seorang warga Medan yang baru usai melaksanakan umrah KHS (64) meninggal dunia di Medan, Minggu (4/5). Dia mengalami gejala mirip MERS tetapi tidak sempat dipastikan karena pihak keluarga tidak mengizinkan dilakukan pengambilan sampel atau swap.

http://news.detik.com/read/2014/05/0...dan?n991102605

1 orang lagi udah meninggal gan emoticon-Frown , virus ini emang ganas 50% berakibat kematian, dan belum ditemukan obatnya

UPDATE

WNI Asal Bali Meninggal Setelah Pulang Umrah, Apakah karena MERS?
M Reza Sulaiman - detikNews

Jakarta - Bagi warga negara Indonesia yang akan umrah ke Tanah Suci diminta untuk mewaspadai Middle East Respiratory Syndrome (MERS). Apalagi setelah beberapa waktu lalu seorang warga asal Medan yang baru saja pulang umrah meninggal diduga karena penyakit yang disebabkan virus korona itu. Yang terbaru, ada lagi WNI asal Bali yang juga meninggal sepulang umrah. Apakah karena MERS?

KHS (64) WNI asal Medan meninggal dunia pada Minggu (4/5) lalu setelah pulang umrah. Berdasarkan informasi yang diterima detikHealth, seorang WNI asal Bali yang sempat dirawat di RS Sanglah meninggal dunia Rabu (7/5/2014) dini hari. Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi mengatakan bahwa pihaknya sudah mengambil sampel tenggorokan dari korban untuk memastikan apakah yang bersangkutan terjangkit MERS.

"Dari 31 orang yang terduga MERS, semuanya negatif. Kecuali yang di Medan, karena meninggal sebelum sempat diambil sampel dan keluarga melarang. Sedangkan yang di Bali meninggal tadi pagi sudah kita ambil sampelnya," tutur Menkes ketika ditemui usai acara Peresmian Mobil Klinik Keliling di Gedung Kemenkokesra, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (7/5/2014).

Namun Menkes mengatakan bahwa belum bisa dipastikan apakah pasien tersebut meninggal karena MERS atau bukan. Ia mengatakan bahwa untuk mengetahui hal tersebut dibutuhkan waktu kurang lebih 12 jam.

"Untuk mengetahui pasien negatif MERS atau tidak kan butuh waktu kurang lebih 12 jam. Jadi mungkin nanti sore atau malam kita sudah tahu," sambung Menkes yang mengenakan kebaya biru.

Dilanjutkan Menkes, jika memang pasien tidak terbukti negatif meninggal karena MERS, maka untuk mengetahui apakah pasien positif MERS atau tidak membutuhkan waktu dua hari. Menkes pun mengimbau agar masyarakat tidak perlu panik.
Diubah oleh cokboen 07-05-2014 06:45
0
2.2K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.2KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.