Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • UKM
  • Inspirasi Usaha & Tutorial Pembuatan Sandal

blue_kieshaAvatar border
TS
blue_kiesha
Inspirasi Usaha & Tutorial Pembuatan Sandal

Demikian banyaknya pengangguran yang saat ini dialami masyarakat Indonesia merupakan suatu hal yang cukup serius untuk Pemerintah sebagai tantangan dan acuan yang harus dicarikan solusinya pada periode mendatang. Begitu banyaknya lulusan sekolah baik dari tingkat menengah, atas dan perguruan tinggi saat ini menjadi masalah yang harus difikirkan oleh Pemerintah untuk membuka lahan pekerjaan baru.


Krisis global yang menimpa dunia menyebabkan Indonesia juga terkena dampak yang cukup signifikan. Dengan semakin sempitnya lapangan pekerjaan dan banyaknya kasus PHK yang terjadi di perusahaan-perusahaan lokal maupun yang berbasis ekspor, menyebabkan banyak orang mulai berpikir untuk mencari alternative lain berupa wirausaha dan mulai melirik berbagai potensi home industry yang masuk dalam skala Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Tidak dapat dipungkiri, dengan sekian banyak bisnis capital market yang bertebaran, justru sektor usaha kecil seperti home industry merupakan kekuatan dan menjadi pondasi ekonomi di banyak negara.


Guna memenuhi kebutuhan hidup yang semakin meningkat, para ibu rumah tangga dan para mantan karyawan menciptakan berbagai inovasi dengan membuat kreasi unik hasil home industry seperti sandal yang cukup marak saat ini. Home industry ini sudah mulai mendapat tanggapan pasar dan peluang yang cukup menjanjikan.

Tutorial Dasar Pembuatan Sandal Jepit Bahan Dasar Spon Eva

Beberapa bahan dasar serta mesin (peralatan) manual yang akan digunakan untuk pembuatan sandal spon jepit eva ini, antara lain:
Bahan-bahan Dasar:
  • Spon Eva
  • Tali Jepit
  • Pisau Pon
  • Lem

Mesin/peralatan:
  • Mesin Pon
  • Mesin Gerinda
  • Mesin Roll/Press Spon
  • Mesin Pelubang Spon

Cara Membuat Sandal Jepit Spon

  1. Siapkan beberapa lembar (tergantung jumlah atau quantity yang ingin dibuat) spon eva untuk dicetak sesuai ukuran dan motif. Misalnya anda ingin membuat sandal jepit dengan ketebalan 14 mili, jadi anda harus menyiapkan 2 lembar spon dengan ketebalan yang berbeda:
    • Spon dengan ketebalan 13 mili untuk badan sandal (pastikan spon bagian bawah berbahan lebih kuat dan makin tebal di bagian ujungnya atau biasa disebut outsol).
    • Spon dengan ketebalan 1 mili untuk atas atau permukaan sandal (motif permukaan sandal bisa menggunakan spon corak warna ataupun dengan bahan pvc yang sudah di emboss dengan motif yang diinginkan).

  2. Setelah spon dengan ketebalan berbeda telah dicetak sesuai ukuran dan motif melalui mesin pon, kemudian satukan hasil potongan kedua spon tersebut dengan lem.

  3. Kemudian press spon yang telah dilem tadi dengan mesin roll agar hasil rekat lem lebih maksimal.

  4. Haluskan outline atau bagian sisi sandal dengan bantuan mesin gerinda.

  5. Lubangi sandal dengan cara manual atau dengan mesin pelubang untuk tempat memasang tali jepit.

  6. Persiapkan tali jepit untuk dipasang pada sandal, anda bisa memberikan logo pada tali jepit secara manual seperti pada video tutorial di bawah.

  7. Pasang tali jepit dengan teknik tarik dengan kawat yang didesain sedemikian rupa pada tiang kayu (lihat pada tutorial video di bawah).

  8. Sandal siap dipasarkan.

Bila anda adalah tipe orang yang lebih menyukai tantangan dan mempunyai jiwa wirausaha (enterpreneurship) disarankan untuk menonton video tutorial dasar pembuatan sandal di bawah sebelum anda memulai bisnis di bidang ini.

Semoga Bermanfaat
sumber
0
10.5K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
UKM
UKMKASKUS Official
14.8KThread3.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.