KASKUS.EditorAvatar border
TS
KASKUS.Editor
[Es Teler] Les Gitar yang Jadi Juara di Google
Hei Juragan!
emoticon-Toastemoticon-Peluk emoticon-Toast


Tau kan kalo tiap bulan KASKUS punya thread spesial yang bikin teler yang namanya ES TELER alias Success Story Recommended Seller. Disini bakal dikupas tentang para seller yang dagangannya tokcer di FJB KASKUS. Biar Agan sekalian bisa belajar ilmunya juga, mudah-mudahan menginspirasi en bikin lancar rejeki. Amiin!

Untuk edisi yang kedua ini, KASKUS mau coba bongkar rahasia salah seorang seller KASKUS yang sukses memasarkan jasa les gitarnya. Coba agan ketik "les gitar" di Google, lapak KASKUS yang nongkrong diurutan pertama itu punya seller kita yang satu ini. Apa rahasianya? Yuk simak kupasan KASKUS dengan Gan Ariesto berikut!



emoticon-Recommended Seller


Halo Gan, apa kabar? Lagi sibuk apa nih?

Kabar baik, lagi sibuk ngajar-ngajar gitar aja nih seperti biasa


Kenapa tertarik dengan alat musik gitar? Kapan mulai belajar main gitar? Sempet punya band?

Buat saya gitar itu adalah alat musik yg ekspresif, menyenangkan, tapi nggak ribet, dan bisa dibawa kemana-mana untuk acara nyanyi bareng sama teman-teman juga. Saya mulai belajar gitar dari umur antara 9-10 tahun, sekitar kelas 4 SD. Awalnya adalah paman saya yang menemukan bakat saya untuk bermain gitar dulu semasa kecil.

Soal band, saya dulu sempat beberapa kali rekaman, dan sampai sekarang masih ada band juga.


Sejak kapan mulai jadi guru les gitar profesional?

Awal mula saya menjadi guru les gitar itu dimulai tahun 2001, jaman kuliah. Awalnya sih dulu cuma ngajarin teman aja tentang ini itu dalam pergitaran. Kalau menjadi pengajar profesional dari iklan di KASKUS, saya mulai dari tahun 2008, jadi kurang lebih sudah sekitar 5 tahun sampai sekarang.


Nindra, salah seorang murid cewek


Dari testimonial murid-murid, banyak yang bilang cara mengajar Agan itu mudah dimengerti dan efektif. Bikin penasaran nih, kayak apa sih metode pengajarannya?

Hehehe, iya tuh murid-murid banyak yang bilang begitu. Metode pengajaran saya mudah aja, saya menitikberatkan lebih banyak ke praktek dibarengi dengan teori yang memang sudah saya kemas sedemikian rupa supaya mudah dicerna. Sehingga murid-murid saya ngga merasa jenuh dan bosan dengan teori musik yang mana biasanya suka diajarkan secara panjang lebar di tempat-tempat les lain.


Sekarang Agan lagi nge-handle berapa murid?

Sekarang murid yang aktif itu sekitar kurang lebih 40-50 orang. Kalau jumlah total dari 2008 sampai 2013, ada sekitar 400-an orang murid.

Ada yg udah jadi personel band dan lumayan sudah punya nama juga, nama orangnya Ade Rizky, gitaris dari band Lucky Luke, beberapa waktu yg lalu mereka baru kelar rekaman dan juga menggarap video klip. Murid yg lain, namanya Brandon Nicholas, dia juga sudah rekaman dan bikin video klip.


Isman, tidak muda tapi tetap semangat belajar


Sebenernya kalo buat jadi gitaris yang handal, lebih penting faktor bakat atau faktor latihan? Ada pengaruhnya ga yang otodidak vs yang kursus musik formal?

Hehehe, pertanyaan klasik nih, tapi saya akan jawab sejujurnya, bahwa yang lebih berperan penting itu adalah intensitas dan rajinnya latihan, ketimbang sekedar mengendalkan bakat.

Memang bakat berperan penting, tapi kalau tidak diasah tidak akan jadi apa-apa. Contohnya adalah murid saya yg namanya Brandon itu tadi, awal-awalnya dia kesini itu bakatnya biasa aja, tapi kemauan dan determinasi dia untuk mengembangkan diri itu sangat kuat, dan alhasil sekarang dia sudah rekaman full album, juga bikin video klip.

Pasti ada bedanya antara yang ikutan kursus dengan yang otodidak. Kalau murid yang berlatih musik di sekolah formal itu biasanya mainnya sudah terpola. Istilahnya sudah "ketebak", dibanding yang otodidak.

Agan punya gitaris-gitaris favorit ga?

Ada dong pastinya, hehehe... Gitaris idola saya ada 2 orang. Pertama adalah John Lennon dari The Beatles, karena tanpa inspirasi dan dorongan dari dia , saya ngga akan mau belajar gitar sewaktu kelas 4 SD. Idola kedua adalah Eddie Van Halen, karena trik-trik permainan gitar dia itu jauh lebih berkembang dibanding waktunya dan banyak menginspirasi gitaris-gitaris dunia lainnya juga.


Buat yang sekarang lagi belajar gitar, ada saran ga dari Agan Arie?

Saran dari saya untuk yang lagi pada belajar gitar sih lebih baik les kesini deh (hihihihi, promosi). Saran utamanya jangan gampang menyerah, karena dimana ada kemauan, disana pasti ada jalan keluar nya.


Eka, awalnya benar-benar buta bermain gitar


Kebanyakan pake FJB KASKUS untuk jualan barang, nah Agan ini malah jualan jasa. Bahkan kalo kita search "les gitar" maka lapak agan no 1 di Google. Kenapa sih milih KASKUS untuk mempromosikan jasa kursus gitar Agan?

Awalnya adalah sewaktu dulu tahun 2008, saya lihat belum ada pengajar gitar yg mengiklankan jasa les gitar di KASKUS raya. Dan dari situlah saya mencoba2 peruntungan untuk buka jasa les gitar via KASKUS. Dan ternyata, responnya sangat positif, so terima kasih Kaskuser.


Terakhir nih, apa tips dari Agan untuk para seller newbie yang coba menjual jasa di KASKUS?

Tips dari saya untuk para seller jasa baru , janganlah memberi harapan dan impian yang terlalu tinggi, realistis saja. Dan utamanya: jujurlah dalam berbisnis. Karena dalam bisnis apapun yg dilandasi kejujuran, niscaya bisnis itu akan bertahan lama.

Terimakasih Gan Arie untuk waktunya!

Sama-sama, terima kasih juga untuk semua tim KASKUS


Rendy, salah satu murid pertama yg ikutan kontes gitar online


Quote:


Nama : Ariesto Ishak
Username KASKUS : sevenstring
Ngaskus Sejak : 8 September 2008
Link Lapak FJB : Les gitar murah dan mantap!!!
Lokasi Kursus : Jl. Janur Elok VI QE12 / 5, Kelapa Gading Permai, Jakarta Utara.

emoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S) emoticon-Cendol (S)


Spoiler for :


0
142.8K
1.7K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.