Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kocakkocakAvatar border
TS
kocakkocak
Inilah 10 Daerah Terbaik Tata-Kelola Pemerintahannya Di Indonesia 3 Thn Berturu-turut
Sepuluh Daerah Dapat Penghargaan Parasamya Purnakarya Nugraha


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberikan penghargaan Parasamya Purnakarya Nugraha kepada 10 daerah. Penghargaan diberikan bersamaan peringatan Hari Otonomi Daerah 25 April 2014 di istana negara.

Untuk kategori Provinsi, Presiden memberikan penghargaan Parasamya Purnakarya Nugraha pertama ke Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sulawesi Selatan.

Sedangkan untuk kategori kota, gelar tata kelola pemerintahan terbaik jatuh pada Kota Cimahi Jawa Barat, Kota Yogyakarta, Kota Depok Jawa Barat dan Kota Tangerang.

Sementara Kabupaten Pacitan dan Jombang, serta Kabupaten Sleman DIY mendapat Parasamya Purnakarya Nugraha untuk kategori kabupaten.


Penghargaan tingkat provinsi diserahkan langsung Presiden Sulilo Bambang Yudhoyono.

Sedangkan penghargaan untuk kabupaten kota akan diserahkan oleh gubernur masing-masing, sebagai perpanjangan tangan atau perwakilan pemerintah pusat.

Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi menjelaskan Penghargaan Parasamya Purnakarya Nugraha berbeda dengan penghargaan lainnya. Karena penilaiannya dilakukan secara menyeluruh dan tidak terfokus pada satu aspek saja.

Menteri Gamawan menambahkan daerah harus konsisten menjadi 10 terbaik selama tiga tahun berturut-turut.

"Dengan demikian para peraih Parasamya Purnakarya Nugraha tahun ini, telah dinilai selama tiga tahun terakhir," lanjutnya.


Dijelaskan pula, penilaian dilakukan dengan menggelar desk evaluation, yakni mencermati informasi dan data dalam Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) dengan menggunakan kriteria Penilaian Kinerja Pemerintah Daerah (Tataran Pengambil Kebijakan dan Tataran Pelaksana Kebijakan).

Selain itu juga mengaplikasikan Common Sense Survey khususnya kepada daerah-daerah yang masuk nominasi berkinerja paling tinggi melalui kunjungan lapangan.

Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi menjadi Ketua EEPPD tingkat Nasional, didukung Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi, Menteri Keuangan, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Menteri Sekretaris Negara, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, Kepala Badan Kepegawaian Negara, Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, Kepala Badan Pusat Statistik dan Kepala Lembaga Administrasi Negara, yang dibantu oleh Tim Teknis yang terdiri atas pejabat Eselon I yang merepresentasikan Tim Nasional.

Parasamya Purnakarya Nugraha sebelumnya merupakan penghargaan untuk daerah pada masa orde baru dan diberikan lima tahun sekali. Penghargaan ini diberikan kepada daerah yang dianggap sukses melaksanakan Program Pembangunan Lima Tahun atau Pelita. Seiring dengan tak berlakunya kembali sistem Pelita di masa reformasi, penghargaan ini dihilangkan.

Sejak 2011 Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta Menteri Dalam Negeri untuk mengkaji langkah menghidupkan kembali Parasamya Purnakarya Nugraha. Kabupaten Sleman Yogyakarta yang tahun ini mendapat penghargaan, juga pernah menerima anugrah Parasamya Punakraya Nugraha pada masa Orde Baru.

/:hn/

Inilah 10 Daerah Terbaik Tata-Kelola Pemerintahannya Di Indonesia 3 Thn Berturu-turut

selamat kepada para penerimanya, sudah konsisten tiga tahun ini dalam melayani masyarakatemoticon-Selamat
0
5.7K
37
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.