Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

redaksikita.comAvatar border
TS
redaksikita.com
Penyebab Kebakaran Pasar Senen Terungkap
Kebakaran Pasar Senen - Dugaan awal terjadinya kebakaran di Pasar Senen adalah arus pendek listrik yang terjadi pada hari jumat menurut BPK Jakarta Pusat. Api diketahui pertama muncul di lantai 2 Blok III Pasar Senen, sebanyak 58 mobil Pemadam Kebakaran dan 200 personil dikerahkan untuk memadamkan api di pasar senen.

Belum bisa dipastikan berapa buah kios yang terbakar, dan alhamdulillah tidak ada korban jiwa pada kejadian mengerikan itu, namun ada seorang petugas kebakaran yang mengalami cidera dan luka akibat jatuh saat bertugas di tempat kejadian. di Lokasi kejadian, banyak bahan-bahan yang mudah terbakar, sehingga api sangat cepat menyebar ke tempat lainnya



Banyak kios yang menggunakan Rolling Door, sehingga membuat petugas kesulitan untuk menembus lokasi kebakaran. Para pedagang diperkirakan mengalami kerugian hingga mencapai Rp 100 miliar, karena ada 2000 kios yang terbakar habis dan diperkirakan masing-masing kios rugi sekitar Rp 200 juta.

Kebakaran hebat itu membuat para pedagang kehilangan tempat usahanya bahkan kehilangan mata pencahariannya. menurut Agus Pambagio (pengamar kebijakan publik), Joko Widodo membuat pernyataan yang kurang tepat karena dianggap melepas tanggung jawabnya karena dianggap kebakaran itu diakibatkan karena korsleting listrik arus pendek.

Tugas PLN adalah tugas yang dimulai dari pemasangan di tiang listrik sampai kepada bangunan, sedangkan instalasi listrik di dalam bangunan bukan tanggung jawab PLN, melainkan tanggung jawab pemilik gedung tersebut, sedangkan pasar senen adalah milik Pemprov DKI Jakarta yang dalam hal ini yaitu PD Pasar Jaya sebagai pengelola.

Sumber berita ini diambil dari TribunNews.com dan Liputan6.com, Joko Widodo terlihat risih ketika ditanya berkenaan masalah korsleting listrik yang diduga kuat menjadi penyebab kebakaran hebat itu, Jokowi menyatakan bahwa persoalan listrik seharusnya ditanyakan kepada pihak PLN bukan kepada gubernu.

Jokowi menganggap bahwa kebakaran Pasar Senen itu terjadi karena standarisasi gedung sudah tidak benar, banyak kabel yang sudah tidak layak pakai dan terlalu sembrawut instalasinya.

RedaksiKita.com berharap persoalan ini segera bisa diatasi dengan sebijak mungkin, tanpa ada yang saling menjatuhkan satu sama lain, semoga para pedagang diberi kesabaran dan rezki yang berlebih, sehingga bisa menyambung hidup kembali seperti biasanya, Penyebab Kebakaran Pasar Senen Terungkap.

Sumber
Diubah oleh redaksikita.com 30-04-2014 17:24
0
2.4K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.3KThread41.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.