Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

meghantaraAvatar border
TS
meghantara
The Damascus sword, Pedang tertajam di dunia
Assalamualaikum wr.wb.
ini thread pertama ane gan emoticon-Selamat
maaf kalo agak berantakan, maklum masih nubie
Tapi asli ane gak emoticon-Blue Repost

Langsung aja, apa yang agan/wati pikirkan kalau mendengar kata pedang? emoticon-Bingung (S) benda panjang keras dan tajam yang digunakanuntuk membunuh. sebelum ada senjata api, pedang sangat diandalkan untuk perang. banyak empu empu ato ahli pedang berlomba lomba membuat pedang yang ampuh. agan agan mungkin kenal pedang katana dari jepang, ato excaliburnya king arthur. nah di thread ini ane mau bicara tentang damascus sword.

Damascus sword ini agak beda sama pedang pedang biasa. bedanya di bahannya. damascus sword menggunakan bahan dari baja superplastis(bisa deformasi tetap tanpa retak sampe1000%) maksudnya pedang ini bisa dibengkokkan ato dipake mbelah barang keras tanpa retak ato jadi tumpul apalagi patah. uniknya juga nih pedang punya pola watermark di sisi baja pedang ini.


Nah nama damascus sword sendiri diberikan oleh bangsa barat karena ketika terjadi perang salib di daerah damascus, bangsa arab menggunakan pedang ini untuk melawan pasukan salib. kekuatan pedang ini mengagetkan prajurit salib karena dapat dengan mudah membelah pedang dan menembus baju zirah yang mereka pakai.

karakter pedang ini sendiri sebenernya sangat lentur. bahkan jika ditekuk ujngnya bisa menyentuh pangkal dari pedang tersebut. tetapi secara umum karakter pedang ada 2 yaitu tajam dan tangguh.

tajam maksudnya dapat membelah benda yang dikenainya dengan mudah. tangguh maksudnya dapat menyerap energi yang diterima pedang tersebut saat mengenai benda tanpa mengalami kerusakan. pada dasarnya kedua sifat ini saling berlawanan. ketika pedang dibuat tajam, pasti pedang itu lebih mudah rusak alias tidak tangguh. tetapi jika pedang dibuat dari material tangguh sudah pasti tidak tajam. biasanya pengrajin pedang mengakalinya dengan mencapur baja kuat di bagian dalam pedang dan baja taja di lapisan luarnya.

namun ilmu tersebut tidak berlaku terhadap damascus sword. pada damascus sword, ada dua lapisan yang unik. baja superplatis menjadi batang kuat pedang dan lapisan kaca yang tajam di bagian luarnya. ketajamannyapernah dibuktikan dengan menjatuhkan sehelai kain sutra ke bagian tajam pedang ini dan hasilnya? kain sutra terbelah. bayangkan saja, sutra aja kebelah, gimana jadinya kalo leher yang ketebas?

Penelitian lebih lanjut menemukan bahwa dalam damascus sword terkandung struktur carbon nanotube yang bersifat kuat. jadi kekuatan pedang ini sudah diasah dari mulai ukuan nano. ini membuktikan bahwa zaman dahulu pun bangsa arab telah menemukan sistem nano. luar biasa.

kekuatan karbon nanotube sendiri lebih kuat dari baja manapun. jadi jika misalnya kawat baja dengan diameter 20 mm persegi dapat menahantubuh satu orang untuk bergelantungan di helikopter, hanya butuh 1 mm persegi baja karbon nanotubes untuk melakukan hal yang sama.

tehnik membuat pedang ini sangat rahasia sehingga hanya beberapa keluarga pengrajin saja yang bisa membuatnya. di masa kini pun pembuat damascus sword sudah tidak ada.

nih ane kasih liat gambarnya :




itu dia pembahasan ane tentang damascus sword. terimakasih udah mau membaca. ane cua minta emoticon-Rate 5 Star
ane juga nerima emoticon-Blue Guy Cendol (L)

wassalamualaikum wr. wb.
0
20.5K
82
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.