Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kerajaan_dansaAvatar border
TS
kerajaan_dansa
Merencanakan keuangan dengan menghitung biaya kesehatan
Menghitung biaya kesehatan keluarga

Bagaimana cara menghitung biaya kesehatan keluarga ? Belum ada rumus tetap untuk menghitung biaya kesehatan keluarga. Tetapi ada beberapa hal yang dapat kita perkirakan untuk mempersiapkan biaya kesehatan

Awalnya kita harus tahu berapa biaya kesehatan yang kita butuhkan kelak. Kira-kira ada 3 penyakit dengan biaya kesehatan tertinggi di dunia, khususnya di Indonesia, berikut penyakitnya:

1. Diabetes
Biaya konsultasi dokter untuk Diabetes adalah sekitar 1 juta rupiah sekali kontrol. Untuk obat-obatan juga menghabiskan sekitar 1 hingga 2 juta rupiah. Untuk penderita diabetes, diharuskan makanan / diet khusus yang menghabiskan 1 juta rupiah per bulan. Cuci darah terkadang harus dilakukan, dan ini menghabiskan 50 juta rupiah per tahun. Jika ada tindakan untuk operasi dapat menghabiskan dana sebesar 100 juta rupiah.

2. Jantung
Operasi jantung by pass adalah salah satu contoh penanganan penyakit jantung, di Indonesia tahun 2012, dibutuhkan biaya sebesar 150 hingga 200 juta, diluar perawatan rumah sakit selama 7 hari lamanya

3. Kanker
Biaya kesehatan yang dibutuhkan sudah mencapai Rp 10 juta untuk diagnosa awalnya. Apabila kankernya bisa dioperasi, minimal dibutuhkan Rp 25-29 juta, lalu masih harus radiasi dan kemoterapi dengan biaya Rp 2-6 juta sekali terapi sebanyak rata-rata 6 kali terapi. Setidaknya dalam setahun membutuhkan 100 jutaan.


Sementara dapat kita simpulkan bahwa di tahun 2012 ini beberapa penyakit kronis membutuhkan biaya sekitar 200 juta. Seharga mobil, bahkan rumah kecil. Jika inflasi per tahun 10% dan saat ini kita berumur 30 tahun, setidaknya 25 tahun lagi kita membutuhkan biaya kesehatan sebesar 700 juta, bahkan 1 milyar.

Dalam merencanakan keuangan, sepertinya jarang yang mau menabung untuk kebutuhan saat kita sakit. Oleh karena itu, asuransi kesehatan sangat penting untuk membantu merencanakan keuangan keluarga.

Bagi yang bekerja untuk perusahaan, mintalah fasilitas asuransi kesehatan untuk keluarga. Untuk yang berwirausaha, akan lebih baik jika kita menyisihkan pendapatan bulanan kita untuk membayar premi asuransi kesehatan.



sumber:
Menghitung Biaya Kesehatan Keluarga
0
1.7K
4
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Perencanaan Keuangan
Perencanaan KeuanganKASKUS Official
9.2KThread6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.