Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

erwinmardiAvatar border
TS
erwinmardi
Management Uang
Managemen Uang


1. Apa itu Management Uang?
2. Kenapa kita harus membuat Management Uang?
3. Bagaimana kita membuat managemen uang?

1. Apa Itu Managemen Uang?
Mungkin pertanyaan diatas sering dilontarkan pada saya ketika menulis artikel dengan judul "Managemen Uang". berbicara mengenai pertanyaan pertama yakni Apa itu Managemen Uang?pertanyaan tersebut seperti kita ketahui, mengarah pada apa pengertian umum terhadap judul yang dibahas yaitu Managemen Uang. mengapa kita perlu mengerti akan arti managemen uang, bukankah itu sudah jelas. ketika melihat judul secara sadar maupun tidak, kita sudah menjabarkan secara umum mengenai hal tersebut. namun, perlu kita sadari. manusia hidup dengan cara pandang yang berbeda-beda. maka dari itu kita perlu menyamakan asumsi-aasumsi dasar mengenai hal tersebut. jadi, pertanyaan diatas bukan dalam rangka mengecek pemahaman pembaca, melainkan bertujuan untuk menyamakan asumsi-asumsi terkait agar kita tidak nggelambyar kemana mana (out of the topic) atau sesuai tentang topic pembicaraan.

Mari kita telaah lebih dalam mengenai pertanyaan "Apa itu Managemen Uang?" kita terlebih dahulu menjabarkan makna kata pr kata, dan kita menemukan dua kata yang harus kita samakan asumsi-asumsi terkait kata tersebut. yakni Managemen dan Uang.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Manajemen adalah “penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran” atau “pimpinan yang bertanggung jawab atas jalannya perusaahaan dan organisasi.

Menurut R. Terry :
Manajemen merupakan suatu proses khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan,
pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya.

Manajemen berasal dari bahasa inggris “management” yang berasal dari kata dasar “manage”. yakni mengatur, mengelola, memproses. Jadi, Managemen pada kali ini berarti suatu bentuk tindakan managerial yang didalamnya terdapat suatu langkah-langkah sistematis untuk mencapai suatu Tujuan yang diinginkan.

Sekarang kita perlu menyamakan asumsi "Apa itu Uang", Menurut KBBI Uang diartikan sebagai alat tukar atau standar pengukur nilai (kesatuan hitungan) yg sah, dikeluarkan oleh pemerintah suatu negara berupa kertas, emas, perak, atau logam lain yg dicetak dng bentuk dan gambar tertentu.

Jadi, Dapat kita Simpulkan Management Uang adalah Tindakan Mengelola, mengatur dan memproses Uang untuk tujuan tertentu.

Management Uang

2. Mengapa kita harus membuat Management Uang?
alasan pertama, kita hidup di zaman yang serba modern yang mengharuskan kita untuk tidak bisa hidup tanpa uang, kita memang bukan tipe orang materialisme tapi kita juga tidak munafik bahwa kita hidup di dunia ini memerlukan uang untuk memenuhi kebutuhan kita. alasan kedua, tindakan managemen uang ini sangat tepat karena jika kita TIDAK me-manage uang kita maka kita akan terhambat dalam suatu pencapaian kebutuhan kita.
Saya kira dua alasan diatas itu cukup !

3. Bagaimana cara kita Membuat Managemen uang !
langkah-langkah :
a. Tujuan :
kita terlebih dahulu harus menetapkan tujuan kita dalam mengatur/ me-manage uang kita. karena segala sesuatu berhasil tidaknya berdasarkan tujuan awal kita apa. Contoh: penulis membuat managemen waktu dengan tujuan yakni KULIAH, kenapa kuliah? dalam arti yang lebih mendalam, maksud Kuliah disini juga berarti Mencari Ilmu Pengetahuan. Jadi, Tujuan penulis membuat managemen waktu yakni untuk Mencari Ilmu Pengetahuan dengan cara KULIAH.
Usahakan, jika agan menetapkan suatu tujuan. tujuan tersebut haruslah memiliki nilai manfaat jangka panjang.
setelah kita menetapkan Tujuan, secara otomatis kita harus membatasi segala tindakan-tindakan kita yang tidak sesuai dengan tujuan awal. jadi segala bentuk tindakan yang menghambat atau tidak sesuai dengan tujuan yang kita buat HARUS ditinggalkan. maka dari itulah kita perlu menetapkan tujuan kita, hal ini juga berguna untuk memproteksi kita dalam melakukan tindakan-tindakan yang mengarahkan kita pada kegagalan.
Diubah oleh erwinmardi 03-01-2014 05:29
0
2.8K
1
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Perencanaan Keuangan
Perencanaan KeuanganKASKUS Official
9.2KThread5.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.