Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
1526
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5347b3da5bcb17d240000175/akibat-buruk-jika-terlalu-banyak-makan-mie-instan
HT Ke 5 ..Thankz mimin,momod and kaskuser yang baik hati sesudah membaca tread ini baca lah 2 tread di bwah ini jamin gak nyesal Berhenti Lakukan ini Kalo Tidak Ingin Menyesal ! 12 Hal yang Haru
Lapor Hansip
11-04-2014 16:20

Akibat Buruk Jika Terlalu Banyak Makan Mie Instan

Past Hot Thread
Akibat Buruk Jika Terlalu Banyak Makan Mie Instan

HT Ke 5 ..Thankz mimin,momod and kaskuser yang baik hati

Akibat Buruk Jika Terlalu Banyak Makan Mie Instan

Quote:sesudah membaca tread ini baca lah 2 tread di bwah ini jamin gak nyesal
Berhenti Lakukan ini Kalo Tidak Ingin Menyesal !

12 Hal yang Harus Kamu lakukan Sebelum Menyesal 10 Tahun KemudianHT


Quote:Akibat Kebanyakan Makan Mie Instan


Akibat Buruk Jika Terlalu Banyak Makan Mie Instan

Akibat Buruk Jika Terlalu Banyak Makan Mie Instan

Akibat Buruk Jika Terlalu Banyak Makan Mie Instan

MAKSUD hati membantu suami menambah penghasilan, apa daya anak jadi korban. Akibat kerap meninggalkan buah hatinya, Hilal Aljajira (6), Erna Sutika (32) kini harus menelan pil pahit. Usus Hilal bocor dan membusuk hingga harus dipotong. Rupanya tiap hari Hilal hanya menyantap mi instan karena di rumah tak ada orang yang memasakkan makanan untuknya. Berikut cerita Erna.

Saat usia Hilal menginjak 2 tahun, aku memutuskan bekerja, membantu keuangan keluarga mengingat penghasilan suamiku, Saripudin (39), kurang mencukupi kebutuhan keluarga.

Aku bekerja di perusahaan pembuat bulu mata palsu, tak jauh dari rumah kami di Garut. Setiap berangkat kerja, Hilal kutitipkan kepada ibuku. Di situ, ibuku kerap memberinya mi instan. Bukan salah ibuku, sih, karena sebelumnya, aku juga suka memberinya makanan itu jika sedang tidak masak.

Ternyata, Hilal jadi “tergila-gila” makanan itu. Ia akan mengamuk dan mogok makan jika tak diberi mi instan. Ya, daripada cucunya kelaparan, ibuku akhirnya hanya mengalah dan menuruti kemauan Hilal. Lagi pula, kalau tidak diberi, Hilal pasti akan membeli sendiri mi instan di warung dekat rumah dengan uang jajan yang kuberikan. Praktis, sehari dua kali ia makan mi instan.

Dua kali dipotong

Kamis, 20 November 2008, Hilal mengeluh sakit perut. Kupikir sakit biasa. Anehnya, setelah tiga hari, sakitnya tak kunjung hilang dan ditambah ia tidak bisa buang air besar. Gara-gara itulah perutnya membesar.

Khawatir, kubawa Hilal ke mantri dekat rumah. Karena tetap tidak ada perubahan, kami kemudian membawanya ke RSU Dr Slamet, Garut. Ternyata hasil pemeriksaan dokter lebih menyeramkan dari yang kuduga. Kupikir, cukup dengan obat pencahar perut, sakit Hilal bisa segera sembuh. Rupanya tak segampang itu.

Hasil tes darah dan rontgen memperlihatkan, Hilal harus segera dioperasi karena beberapa bagian di ususnya bocor dan membusuk. Ketika kutanyakan apa penyebabnya, dokter menjawab, akibat dari kandungan makanan yang Hilal konsumsi selama ini tidak sehat dan membuat ususnya rusak. Saat itulah kutahu Hilal terlalu sering menyantap mi instan. Astagfirullah….

Atas rujukan dokter, kami kemudian membawa Hilal ke RS Hasan Sadikin, Bandung, dengan alasan peralatan medis di RS itu lebih lengkap. Sejak awal, tim dokter sudah pesimistis dengan kondisi Hilal yang begitu memprihatinkan dengan berat badan yang tidak sampai 11 kg. Dokter juga bilang, dari puluhan kasus serupa, hanya tiga orang yang bertahan hidup. Aku hanya bisa berserah pada Allah SWT.

SEJAK ususnya yang busuk dipotong, Hilal tidak lagi merasakan sakit pada bagian ususnya. Celakanya, rasa sakit justru berpindah ke bagian kolostominya. Setiap kali habis makan, makanan itu pasti langsung keluar melalui lubang anus buatan itu. Saat itulah dinding perutnya merasakan sakit yang luar biasa. Ia bisa menangis menjerit-jerit kesakitan.

Belum lagi plastik yang menempel untuk menampung feses yang penuh dan harus diganti dengan yang baru. Double tape yang sering kali dilepas dan dipasang membuat kulit perutnya iritasi dan perih.

Jika sudah tak bisa menahan sakitnya, Hilal akan berujar, “Udah Hilal paeh aja! (Hilal lebih baik mati saja!)” Kadang juga ia berteriak minta maaf kepada Allah dan minta disembuhkan sambil mengatupkan kedua tangannya. Kasihan anakku.

Setiap hari, selama delapan bulan itu, ia hanya menghabiskan waktunya di tempat tidur. Hilal hanya mampu berjalan beberapa menit karena jika terlalu lama ia pasti langsung merasakan sakit di bagian kolostominya. Setiap malam, ia juga harus tertidur dengan paha diangkat menyentuh ke perutnya. Katanya, terasa enak dan membantu menahan rasa sakitnya.

Kapok Makan Mi

Agar ia tidak merasa bosan di kamar seharian, aku mengalihkan rasa sakitnya dengan mengajarinya membaca. Awalnya, sih, sekadar membacakan buku-buku cerita untuknya, tapi lama-kelamaan ia merasa tertarik untuk membaca. Aku dan Panda bergantian mengajarinya. Tidak terasa, saat ini ia sudah lancar membaca, lo.

Memang, sebetulnya Hilal anak yang sangat pintar dan aktif. Sebelumnya ia tidak pernah sakit dan sangat penurut. Namun, sejak kelahiran adiknya dua bulan lalu, Ilham Haki, ia menjadi lebih manja padaku. Ia melarangku menggendong dan menyusui adiknya. Aku, sih, maklum saja karena dia masih sakit dan mungkin takut rasa sayangku direbut oleh adiknya.

Sekarang Hilal sudah bisa berjalan lagi. Memang, sih, masih sedikit bongkok, tapi aku yakin dalam waktu dekat ia bisa berdiri dan berjalan dengan sempurna. Katanya, ia ingin segera sekolah.

Yang membuatku lega, sejak sakit itu, Hilal trauma dengan mi instan. Bahkan melihatnya saja, dia seakan tak sudi. Beda dengan dulu, sekarang ia sangat senang mengonsumsi makanan sehat, seperti sayur, daging, buah, dan susu. Susu memang dianjurkan dokter untuk membantu memperbaiki kondisi dan kinerja ususnya.

Mudah-mudahan ia bisa segera sembuh dari sakitnya dan menjadi anak yang pintar serta berprestasi di sekolahnya nanti.

sumber
KOMPAS.COM

Quote:
Akibat Buruk Jika Terlalu Banyak Makan Mie Instan

Vemale.com - Sudah berapa ratus kali Anda mendengar larangan makan mie instant, dan berapa ratus kali pula Anda membiarkannya masuk telinga kiri keluar telinga kanan?

Sekalipun di dalam iklan disebutkan mie instant memakai bahan alami atau menyebut diri sebagai mie kesehatan, tetap saja tidak dianjurkan mengonsumsi 'si menu anak kos' ini terlalu sering.

Ingin tahu alasannya? Baca ulasan singkat berikut:

Menghambat penyerapan nutrisi

Mie instant akan menghambat dan membatasi penyerapan nutrisi makanan. Terutama mereka yang di usia di bawah 5 tahun, disarankan sama sekali tidak diberi konsumsi mie. Mie ini berbahaya apabila sampai mencegah penyerapan nutrisi. Anak bisa kurang gizi, kerdil dan bahkan perkembangannya lambat.

Menyebabkan Kanker

Beberapa mie instant dikemas dalam styrofoam, di mana styrofoam adalah agen penyebab kanker. Utamanya mie instant yang hanya disajikan dengan direndam air panas, saat terkena panas, zat kimia di dalam styrofoam ini akan ikut bereaksi. Bayangkan saja bagaimana bila ia ikut larut dan masuk ke dalam tubuh.

Menyebabkan keguguran

Beberapa kasus keguguran mirisnya disebabkan karena mereka terlalu sering mengonsumsi mie instant. Ternyata mie instant memberikan pengaruh buruk pada janin, sehingga akhirnya keguguranpun terjadi.

Mengacaukan metabolisme tubuh

Apabila dikonsumsi terus menerus dan dalam jangka waktu yang panjang, maka mie instant dapat mengacaukan metabolisme tubuh. Akumulasi zat kimia berbahaya seperti pengawet dan pewarna akan menjadi racun di dalam tubuh.

Bahayanya Propylene glycol

Mie instant mengandung propylene glycol, sejenis bahan anti beku yang akan mencegah mie menjadi kering. Apabila tubuh menyerap zat tersebut maka, ia akan ditumpuk di area hati, ginjal serta liver. Menyebabkan kerusakan pada tubuh, terutama tiga area tersebut kemudian melemahkan immune tubuh.

Bahaya bagi pencernaan

Apabila dikonsumsi lebih dari sekali dalam sehari, maka mie instant berpotensi membahayakan pencernaan. Problem pertama yang muncul adalah rasa begah, susah buang air besar dan ketidaknyamanan.

Kegemukan

Mengonsumsi mie instant secara rutin juga menyebabkan kegemukan. Jumlah lemak dan sodium yang tinggi di dalam mie instant menyebabkan tidak dapat diserap tubuh dan akan tinggal menumpuk menjadi lemak. Tak heran apabila ia dapat menyebabkan berat badan Anda bertambah dalam waktu singkat.

Kandungan MSG

Dan Anda perlu khawatir karena kandungan monosodium glutamate dalam mie instant ini cukup tinggi. Mereka yang tidak tahan dan alergi terhadap MSG biasanya akan merasa selalu haus, dada terbakar, sakit kepala, wajah memerah dan nafas sesak.

Kandungan sodium

Mie instant juga kaya akan kandungan sodium yang dapat menyebabkan darah tinggi, penyakit jantung, stroke dan kerusakan pada ginjal. Terutama jika sering dikonsumsi, potensi terserang penyakit tersebut sangat tinggi.

Mie instant juga junk food

Mie instant termasuk junk food yang mengandung karbohidrat sangat tinggi dan tanpa tambahan vitamin, mineral atau serat. Kandungan lemak jenuhnya juga tinggi sehingga kalori di dalamnya memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan.

Alangkah baiknya apabila Anda menggantikan mie instant dengan makanan lain yang lebih sehat dan bergizi. Demi si buah hati, keluarga dan diri Anda sendiri lho, mari hidup lebih sehat

SUMBER
VEMALE.COM


Quote:bukan bearti tidak boleh di makan ya gan ,tetapi sesuatu yang berlebihan kan emang tidak baik
BPOM mengatakan mi instan dijamin aman asal tidak berlebihan
Salah Kaprah: Mi Instan Ditakuti, Mi Lain Digemari

BPOM



Quote:Berikut adalah tips yang dapat dilakukan untuk mengurangi kekhawatiran Anda pada bahaya mie instant. Kabarnya, cara ini akan membantu mengurangi kadar pengawet yang terkandung pada mie instan.

Langkah-Langkah:

1. Didihkan air pada api sedang pada dua panci yang berbeda.

2. Masukkan mie pada salah satu panci sejenak hingga melunak. Matikan api kemudian angkat dan tiriskan mie.

3. Masukkan kembali mie pada panci kedua kemudian didihkan kembali hingga airnya lebih bening.

4. Apabila air berubah menguning, maka ini merupakan tanda bahwa lapisan tidak baik di permukaan mie instant luntur.

5. Matikan kompor biar ga meleduk ,Angkat dan tiriskan.

6.terserah mau agan makan apa kasih tetangga emoticon-Ngakak

7.perhatikan tanggal kadaluarsa ,emang nya ente mau makan mie yang udah jadul emoticon-Ngakak

8.Perhatikan prosedur penyajian pada bungkus Mie Instan, semua menganjurkan agar masak mie dulu baru ditaburi bumbu atau bumbunya di taruh di mangkok

Cara ini tidak menjamin bahwa mie instant 100% aman dikonsumsi. Tetapi setidaknya akan membantu mengeluarkan lapisan yang kabarnya berbahaya bagi kesehatan

SUMBER
VEMALE.COM


Quote:Cara Sehat untuk yang Suka Makan Mi Instan

1. Jangan terlalu sering makan mi instan, minimal seminggu sekali.
2. Jangan mengonsumsi air rebusan dari mi tersebut.
3. Tambahkan sayuran saat menyajikan mi instan.
4. Usahakan untuk tidak menggabungkan mi instan dengan nasi, karena keduanya sama-sama mengandung karbohidrat. Jadi sebaiknya gabungkan dengan makanan lain seperti protein.

sumber
detik health


SEKALI LAGI ANE BILANG ANE CUMAN SHARE ,TERSERAH AGAN MAU MAKAN APA ENGGA ,MUNGKIN KASKUSER PUNYA FAKTA LAIN?SILAHKAN DI TAMBAHKAN BESERTA SUMBER NYA

Quote:
Jangan lupa Akibat Buruk Jika Terlalu Banyak Makan Mie Instan

kalau berkenan lemparin ane Akibat Buruk Jika Terlalu Banyak Makan Mie Instan Akibat Buruk Jika Terlalu Banyak Makan Mie Instan Akibat Buruk Jika Terlalu Banyak Makan Mie Instan


Quote:BACA JUGA

10 negara ini aneh ! HT
12 Hal yang Harus Kamu lakukan Sebelum Menyesal 10 Tahun Kemudian HT
Berhenti Lakukan ini Kalo Tidak Ingin Menyesal !
Mempercepat Laptop atau KomputerHT

Diubah oleh fyyt
profile-picture
nona212 memberi reputasi
1
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 45 dari 78
Akibat Buruk Jika Terlalu Banyak Makan Mie Instan
28-04-2014 14:29
kalo anak kos gimana tuh gan apa lagi diakhir bulanemoticon-Turut Berdukaemoticon-Turut Berduka
0 0
0
Akibat Buruk Jika Terlalu Banyak Makan Mie Instan
28-04-2014 14:29
kalau sehari bisa dua kali, mana setiap hari gitu ya wajar aja
tapi serem juga kl sampai potong usus emoticon-Takut (S)
0 0
0
Akibat Buruk Jika Terlalu Banyak Makan Mie Instan
28-04-2014 14:30
Dari kecil jg udah sering makan mie krn ditinggal orangtua, bahkan sampe skrng pun jg masih. Mungkin itu yg menyebabkan gue jd gemuk permanen emoticon-Frown

Bener jg sih, boleh makan mie asal jangan berlebihan. Kalo makan mie rebus, biasain kuahnya jgn pake bekas rebusan mie. Biasain jg makan mie ditambah sayur-sayuran, selain makin lejat, paling enggak ada tambahan gizi dr sesayurannya lah. Hehhe
emoticon-Wink
0 0
0
Akibat Buruk Jika Terlalu Banyak Makan Mie Instan
28-04-2014 14:30
kalo yang kaya mi buyung dara itu gimana gan?
0 0
0
Akibat Buruk Jika Terlalu Banyak Makan Mie Instan
28-04-2014 14:30
ane paling sebulan...satu bungkus...g boleh lebih...ane udh komit ma diri sendiri..
(klo g makan mie..ngiler jg gan...emoticon-Ngakak)
itupun bkn mie yg harga 1500-2000..
tp yg harga 3500..
karna walopun agak mahal..tp kandungannya g se-berbahaya mie yg umum..
0 0
0
Akibat Buruk Jika Terlalu Banyak Makan Mie Instan
28-04-2014 14:30
Thanks infonya gan
0 0
0
Akibat Buruk Jika Terlalu Banyak Makan Mie Instan
28-04-2014 14:31
banyak juga yaa gan bahayanya
0 0
0
Akibat Buruk Jika Terlalu Banyak Makan Mie Instan
28-04-2014 14:31
Tapi kalau diiklan kan mie instan itu kandungan gizinya lengkap ya emoticon-Big Grin
Ane juga kalau bisa sebulan sekali makannya kalau lagi bener2 kepengen doang.
Nice info gan
0 0
0
Akibat Buruk Jika Terlalu Banyak Makan Mie Instan
28-04-2014 14:31
ane makan mie klo dalam keadaan urgent darurat dan kepepet only gan... soale punya magh jadi ga terlalu suka dan dilarang juga sama dokter emoticon-Takut
0 0
0
Akibat Buruk Jika Terlalu Banyak Makan Mie Instan
28-04-2014 14:32
kalau ane sih jarang gan, dan ane ga terlalu sering makan mie instant sejak kecil emoticon-Big Grin
0 0
0
Akibat Buruk Jika Terlalu Banyak Makan Mie Instan
28-04-2014 14:32
Kembali kepada diri kita masing2 jg yah...
semua makanan atau minuman kalo di konsumsi berlebih ya pasti ada dampak negatif ny emoticon-Smilie
0 0
0
Akibat Buruk Jika Terlalu Banyak Makan Mie Instan
28-04-2014 14:33
wihh. ngeri amir gan . emoticon-Takut
0 0
0
Akibat Buruk Jika Terlalu Banyak Makan Mie Instan
28-04-2014 14:33
kalo ane sih sebulan sekali gan kalo lagi pengen.. selain banyak zat kimia bahaya jumlah kalorinya gan yang bikin gak kuat.. kalo emang gak ada lauk enak pake telor mata sapi aja gan.. lebih sehat insyaAllah..

sumber kalori gan..

bolejuga.com/webbased-apps/tabel-kalori-indonesia.html
0 0
0
Akibat Buruk Jika Terlalu Banyak Makan Mie Instan
28-04-2014 14:33
iya bener,beberapa waktu lalu kakak ane jg harus menjalani operasi pemotongan usus karena terlalu banyak makan mie insta.
0 0
0
Akibat Buruk Jika Terlalu Banyak Makan Mie Instan
28-04-2014 14:34
ampun dah gan, ngeri...

nais trit
0 0
0
Akibat Buruk Jika Terlalu Banyak Makan Mie Instan
28-04-2014 14:35
ane sekarang makan mie sebulan sekali kalo emang bener2 pengen buangettttttt..kalo gak yaudah..kemaren abis makan mie udah 2bulan gak makan mie.
0 0
0
Akibat Buruk Jika Terlalu Banyak Makan Mie Instan
28-04-2014 14:35
ane demen banget gan makan mie,
enggak tiap hari juga tapi makannya...
0 0
0
Akibat Buruk Jika Terlalu Banyak Makan Mie Instan
28-04-2014 14:35
anjrit ngeri juga ya efeknya.?
tapi sodara ane takut phobia nasi trus tiap hari makan mie gapapa tuh,itu kenapa ya?
apa takdir?emoticon-Big Grin
btw nice info gan.
ane bantu emoticon-Rate 5 Star ya.
0 0
0
Akibat Buruk Jika Terlalu Banyak Makan Mie Instan
28-04-2014 14:36
Berlebihan yaaa ... udah beberapa tahun terakhir ini ane paling banyak 2 x makan mie ginian itu juga kalo kepepet doank , udah sering denger kaya kasus ini kalo keseringan makan mie instan , malah ada yang sampe meninggal emoticon-Sorry
0 0
0
Akibat Buruk Jika Terlalu Banyak Makan Mie Instan
28-04-2014 14:36
jadi sebenernya mie itu aman asal tdk berlebihan..

lebih baik makan mie instan 3 bungkus sekali makan dalam 1 hari, daripada 1 bungkus tiap hari dalam 3 hari emoticon-Big Grin

karena tekstur mie instan susah utk dicerna emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
Halaman 45 dari 78
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Anime & Manga Haven
daya-tarik-tokyo-revenger
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia