- Beranda
- Kendaraan Roda 2
Komparasi Lampu Halogen Motor
...
TS
Karbonsurya
Komparasi Lampu Halogen Motor
Dear Juragan2
Sesuai judul saya akan sedikit memberi tips memilih beberapa lampu halogen buat bikers yg sering riding malam hari or hobi touring.
di pasaran ada sangat banyak merk tetapi yg saya share dan pernah saya coba di motor mio,seperti..
Aspira,Osram,Wurth,Sparkle,Apexer (autovision),Phillips
1.Aspira
Lampu halogen dengan daya 35w ini lebih terang daripada standarnya untuk hi/low beam normal hanya tersedia warna standar (kaca bening) kisaran harga 25.000
2.Osram
Untuk Osram 35/35saya pakai yg all season (kuning) hasilnya cukup memuaskan cahaya jauh diatas Aspira terang fokus,kekurangan nya hi/low beam terbalik,
osram tersedia warna biru,kuning dan kaca bening.kisaram harga 30.000
Osram kardusan harga +-12.000 an
25w x 2 full wave shogun sp
osram All season
osram silverstar
Osram NBR+
Info lebih lengkap tentang OSRAM cek page 102 (from suhu Diesel Power)
3.Wurth
Lampu dari jerman ini untuk intensitas cahaya nya diatas lebih terang dari merk Osram,
kekurangan hi/low beam terbalik,dan saya rasa kurang awet di hi beam nya,tersedia warna biru kuning.
saya sudah pernah coba 2x umurnya pendek di hi beam nya.kisaran harga 95.000
wurth below xenon
wurth below yellow
light off
low beam
high beam
4.Sparkle
Bohlam Sparkle saya pernah coba super white xenon sinar nya imbang dengan merk Aspira tetapi kebiruan,hi/low beam normal seperti standarnya,kisaran harga 45.000
5.Apexer
Saya coba yg warna biru 5000k hasilnya biasa saja seperti lampu standar motor tetapi kebiruan,hi/low beam normal seperti standar,tersedia warna biru pelangi kuning kisaran harga 30.000.
6.Phillips
Phillips terus terang memang terang gan hi/low beam standar normal ga kebalik,tersedia warna standar dan biru.kisaran harga 50.000
Phillips Blue vision
Low beam
High beam
Phillips Extreme Vision H4 55/60w
Phillips EV Low beam
Phillips EV Hi beam
Phillpis Motovision
Phillips Motovision low beam
Phillips Motovision HIi Beam
*cek pict gan di pinggir2 beam spot nya ada bias cahaya orange, cocok buat ujan tu gan
Phillips VS Osram all season
Beberapa tipe bohlam halogen utk spd motor:
Tipe pertama yaitu bohlam dengan kaki 1, soket M5
Biasanya digunakan pada motor bebek seperti Honda grand, Yamaha Jupiter, Yamaha mio dan Honda vario. Kaki 1 ini juga masih dibagi dalam berbagai daya yaitu 18/18 watt, 25/25 watt,30/30 watt,35/35 watt.
Tipe kedua yaitu bohlam dengan kaki 2
Biasanya digunakan pada motor vespa, dan dibagi lagi dua macam pilihan daya yaitu 25/25 watt dan 35/35 watt
Tipe ketiga yaitu bohlam dengan kaki 3, soket H6
Diaplikasikan pada bebek seperti Honda supra, Honda tiger dan Honda GL terdapat dua macam pilihan daya yaitu 35/35 watt dan 35/30 watt.
Tipe keempat dengan lubang 3
Tipe ini sudah sangat jarang beredar, karena digunakan pad motor lama seperti Yamaha rx-king. Tersedia dalam ukuran 35/35 watt
Tipe soket H7
Tipe ini sering ditemukan pada mobil, tetapi untuk motor juga ada yang menggunakan bohlam tipe ini. Untuk penampakannya tergolong kecil dan punya filament hanya 1. Sedangkan daya sebesar 55 watt, contoh, dipake di Kawasaki Ninja 250 & Bajaj Pulsar 220F
Tipe soket H4
Tipe ini juga sering dipakai oleh mobil, untuk dimotor yang memakai socket ini adalah motor Honda CBR 250 cc dan CBR 150cc, Bajaj Pulsar 200 NS, Bajaj Avenger series. Daya lumayan tinggi yaitu memakai daya 60/55 watt.
Tipe soket HS1
Tipe ini secara fisik mirip dengan H4, tetapi HS 1 ini didesain khusus untuk motor dengan daya 35/35 watt. Tidak dianjurkan motor yang aslinya memakai HS1 kemudian diganti dengan H4, karena bisa membuat reflector lampu menjadi meleleh. Bohlam ini dapat djumpai pada Yamaha vixion dan Kawasaki athelete, Bajaj Pulsar series, TVS Apache series
compare
Perbandingan Osram asli dan ASPAL
(yg kiri palsu gan)
ini beam pattern nya asli sama ASPAL
Juragan pasti ngalami beberapa brand lampu hi/low beam nya terbalik ini gan ada tips dari juragan MATSUKAWA
congkel pke obeng (-) salah satu ujung yg ada pengait ke body fitting sampe lepas kedua pengaitnya
setelah terlepas putar 180 derajat, ampe ke2 pengaitnya bertukar posisi..
pasang kembali sma sprti cra ngelepasnya...
wallaaa,hi low beam nya dh ngikut saklar,ga ketuker lgi
TIPS MEMBUAT LAMPU MOTOR LEBIH TERANG
http://iwansatkom.blogspot.com/2012/...adi-lebih.html
CARA PASANG RELAY
Berikut tips pasang relay dari suhu novaera,
relay berguna untuk mencegah saklar meleleh apabila kelistrikan lampu sudah fullwave
REPARASI PERAKITAN KIPROK
http://www.kaskus.co.id/post/0000000...00000464922966
INI GAN KENAPA LAMPU HALOGEN GA BOLEH DIPEGANG TANGAN
1. Jari tangan kita selalu meninggalkan sidik jari berupa lapisan lemak tipis.
2. Lapisan lemak yang menempel pada kaca lampu halogen membuat suhu permukaan kaca lebih dingin dibanding permukaan kaca yang lain. Hal ini karena lemak tadi pada suhu yang sangat tinggi akan melebur menyatu dengan kaca yang berbahan dasar Quartz sehingga koefisien muainya menjadi berbeda dengan bagian yang bersih. Jika perbedaan koefisien muainya sangat besar, bisa menyebabkan kaca pecah.
3. Akibat perbedaan suhu cackle di atas, proses siklus halogen tidak dapat bekerja sempurna.
4. Semakin banyak uap tungsten yang terkondensasi pada kaca lampu, tepatnya pada bagian kaca yang lebih dingin (ada lemak). Bagian tersebut biasanya akan menjadi berkabut hitam, abu-abu atau putih.
5. Akhirnya lampu menjadi cepat putus, akibat filamen tungsten yang cepat menipis karena menguap.
Demikian share dari saya dan mohon ditambah jika juragan punya pengalaman seputar lampu halogen motor,semoga berguna buat juragan yg pengen meningkatkan performa lampu tanpa ubahan neko2.
Jika ada yg kurang silahkan ditambahin gan,saya siap terima saran2 dan masukan yg membangun untuk thread ini.
Terimakasih
Keep Safety Riding Brothers
mohon jangan di
kalau berkenan boleh bagi
*Boleh titip lapak (yg berkaitan dengan lampu halogen y gan)
*No SARA
*Diatas langit masih ada langit
Sesuai judul saya akan sedikit memberi tips memilih beberapa lampu halogen buat bikers yg sering riding malam hari or hobi touring.
di pasaran ada sangat banyak merk tetapi yg saya share dan pernah saya coba di motor mio,seperti..
Aspira,Osram,Wurth,Sparkle,Apexer (autovision),Phillips
1.Aspira
Lampu halogen dengan daya 35w ini lebih terang daripada standarnya untuk hi/low beam normal hanya tersedia warna standar (kaca bening) kisaran harga 25.000
2.Osram
Untuk Osram 35/35saya pakai yg all season (kuning) hasilnya cukup memuaskan cahaya jauh diatas Aspira terang fokus,kekurangan nya hi/low beam terbalik,
osram tersedia warna biru,kuning dan kaca bening.kisaram harga 30.000
Osram kardusan harga +-12.000 an
25w x 2 full wave shogun sp
osram All season
osram silverstar
Osram NBR+
Info lebih lengkap tentang OSRAM cek page 102 (from suhu Diesel Power)
3.Wurth
Lampu dari jerman ini untuk intensitas cahaya nya diatas lebih terang dari merk Osram,
kekurangan hi/low beam terbalik,dan saya rasa kurang awet di hi beam nya,tersedia warna biru kuning.
saya sudah pernah coba 2x umurnya pendek di hi beam nya.kisaran harga 95.000
wurth below xenon
wurth below yellow
light off
low beam
high beam
4.Sparkle
Bohlam Sparkle saya pernah coba super white xenon sinar nya imbang dengan merk Aspira tetapi kebiruan,hi/low beam normal seperti standarnya,kisaran harga 45.000
5.Apexer
Saya coba yg warna biru 5000k hasilnya biasa saja seperti lampu standar motor tetapi kebiruan,hi/low beam normal seperti standar,tersedia warna biru pelangi kuning kisaran harga 30.000.
6.Phillips
Phillips terus terang memang terang gan hi/low beam standar normal ga kebalik,tersedia warna standar dan biru.kisaran harga 50.000
Phillips Blue vision
Low beam
High beam
Phillips Extreme Vision H4 55/60w
Phillips EV Low beam
Phillips EV Hi beam
Phillpis Motovision
Phillips Motovision low beam
Phillips Motovision HIi Beam
*cek pict gan di pinggir2 beam spot nya ada bias cahaya orange, cocok buat ujan tu gan
Phillips VS Osram all season
Beberapa tipe bohlam halogen utk spd motor:
Tipe pertama yaitu bohlam dengan kaki 1, soket M5
Biasanya digunakan pada motor bebek seperti Honda grand, Yamaha Jupiter, Yamaha mio dan Honda vario. Kaki 1 ini juga masih dibagi dalam berbagai daya yaitu 18/18 watt, 25/25 watt,30/30 watt,35/35 watt.
Tipe kedua yaitu bohlam dengan kaki 2
Biasanya digunakan pada motor vespa, dan dibagi lagi dua macam pilihan daya yaitu 25/25 watt dan 35/35 watt
Tipe ketiga yaitu bohlam dengan kaki 3, soket H6
Diaplikasikan pada bebek seperti Honda supra, Honda tiger dan Honda GL terdapat dua macam pilihan daya yaitu 35/35 watt dan 35/30 watt.
Tipe keempat dengan lubang 3
Tipe ini sudah sangat jarang beredar, karena digunakan pad motor lama seperti Yamaha rx-king. Tersedia dalam ukuran 35/35 watt
Tipe soket H7
Tipe ini sering ditemukan pada mobil, tetapi untuk motor juga ada yang menggunakan bohlam tipe ini. Untuk penampakannya tergolong kecil dan punya filament hanya 1. Sedangkan daya sebesar 55 watt, contoh, dipake di Kawasaki Ninja 250 & Bajaj Pulsar 220F
Tipe soket H4
Tipe ini juga sering dipakai oleh mobil, untuk dimotor yang memakai socket ini adalah motor Honda CBR 250 cc dan CBR 150cc, Bajaj Pulsar 200 NS, Bajaj Avenger series. Daya lumayan tinggi yaitu memakai daya 60/55 watt.
Tipe soket HS1
Tipe ini secara fisik mirip dengan H4, tetapi HS 1 ini didesain khusus untuk motor dengan daya 35/35 watt. Tidak dianjurkan motor yang aslinya memakai HS1 kemudian diganti dengan H4, karena bisa membuat reflector lampu menjadi meleleh. Bohlam ini dapat djumpai pada Yamaha vixion dan Kawasaki athelete, Bajaj Pulsar series, TVS Apache series
compare
Perbandingan Osram asli dan ASPAL
(yg kiri palsu gan)
ini beam pattern nya asli sama ASPAL
Juragan pasti ngalami beberapa brand lampu hi/low beam nya terbalik ini gan ada tips dari juragan MATSUKAWA
congkel pke obeng (-) salah satu ujung yg ada pengait ke body fitting sampe lepas kedua pengaitnya
setelah terlepas putar 180 derajat, ampe ke2 pengaitnya bertukar posisi..
pasang kembali sma sprti cra ngelepasnya...
wallaaa,hi low beam nya dh ngikut saklar,ga ketuker lgi
TIPS MEMBUAT LAMPU MOTOR LEBIH TERANG
http://iwansatkom.blogspot.com/2012/...adi-lebih.html
CARA PASANG RELAY
Berikut tips pasang relay dari suhu novaera,
relay berguna untuk mencegah saklar meleleh apabila kelistrikan lampu sudah fullwave
REPARASI PERAKITAN KIPROK
http://www.kaskus.co.id/post/0000000...00000464922966
INI GAN KENAPA LAMPU HALOGEN GA BOLEH DIPEGANG TANGAN
1. Jari tangan kita selalu meninggalkan sidik jari berupa lapisan lemak tipis.
2. Lapisan lemak yang menempel pada kaca lampu halogen membuat suhu permukaan kaca lebih dingin dibanding permukaan kaca yang lain. Hal ini karena lemak tadi pada suhu yang sangat tinggi akan melebur menyatu dengan kaca yang berbahan dasar Quartz sehingga koefisien muainya menjadi berbeda dengan bagian yang bersih. Jika perbedaan koefisien muainya sangat besar, bisa menyebabkan kaca pecah.
3. Akibat perbedaan suhu cackle di atas, proses siklus halogen tidak dapat bekerja sempurna.
4. Semakin banyak uap tungsten yang terkondensasi pada kaca lampu, tepatnya pada bagian kaca yang lebih dingin (ada lemak). Bagian tersebut biasanya akan menjadi berkabut hitam, abu-abu atau putih.
5. Akhirnya lampu menjadi cepat putus, akibat filamen tungsten yang cepat menipis karena menguap.
Demikian share dari saya dan mohon ditambah jika juragan punya pengalaman seputar lampu halogen motor,semoga berguna buat juragan yg pengen meningkatkan performa lampu tanpa ubahan neko2.
Jika ada yg kurang silahkan ditambahin gan,saya siap terima saran2 dan masukan yg membangun untuk thread ini.
Terimakasih
Keep Safety Riding Brothers
mohon jangan di
kalau berkenan boleh bagi
*Boleh titip lapak (yg berkaitan dengan lampu halogen y gan)
*No SARA
*Diatas langit masih ada langit
Diubah oleh Karbonsurya 09-11-2013 14:26
Raden Agung memberi reputasi
3
833.6K
4.4K
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kendaraan Roda 2
19.1KThread•11.8KAnggota
Urutkan
Terlama
Komentar yang asik ya