Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

samudra.cintaAvatar border
TS
samudra.cinta
Rekor 200 Tahun Ditumbangkan Dahlan Iskan (Mantap)
Rekor 200 Tahun Ditumbangkan Dahlan Iskan

Oleh : Lukman Bin Saleh

Jalan Berlumur Darah

Dahlan Iskan : Rekor 200 Tahun Ditumbangkan Dahlan Iskan : KabarDahlanIskanDi kiri kanan ruas jalan itu bergelantungan ratusan kepala manusia. Digantung di dahan-dahan pohon. Tubuhnya sendiri dibiarkan teronggok begitu saja di tepi jalan. Tertutup semak belukar atau ditimbun tanah seadanya. Tubuh-tubuh yang sebenarnya tidak terlalu pas dikatakan tubuh. Karena hanya berupa tulang berbalut kulit. Kurus, hitam, kusam, penuh luka membusuk.



Pemandangan ini terjadi pada saat jalan itu dibangun oleh gubernur jendral Hindia Belanda, Herman Willem Daendels tahun 1808. Jalan yang sangat terkenal dan mendunia dengan sebutan Jalan Raya Daendels atau Jalan Raya Pos. Karena setiap 4,5 Km didirikan pos sebagai tempat perhentian dan penghubung pengiriman surat. Kita sendiri sekarang lebih mengenalnya dengan Jalan Pantura. Membentang dari Panarukan-Jawa timur hingga Anyer-Jawa Barat.

Kesuksesan Daendels membangun jalan ini tidak lain berkat tekadnya yang keras dan kekejamannya. Setiap penguasa pribumi setempat diwajibkan menyelesaikan ruas jalan dengan panjang tertentu dan dalam waktu yang sudah dibatasi.

Para priyayi tersebut menyediakan pekerja. Jika gagal maka kepala priyayi tersebut beserta seluruh pekerjanya akan dipenggal dan digantung di dahan-dahan pohon di pinggir jalan. Ini untuk menakut-nakuti priyayi dan pekerja lainnya agar tidak berani menyalahi target yang sudah ditetapkan. Maka tidak heran korbanpun bertumbangan. Diperkirakan sekitar 15.000 nyawa pribumi melayang selama proyek ini dikerjakan. Entah karena sakit, disiksa mandor atau yang sengaja dipenggal.

Jalan ini sangat terkenal. Karena merupakan jalan terpanjang di dunia saat itu, ± 1.000 Km. Dan dikerjakan tidak lebih dari 1 tahun.

Apa Kabar Indonesia Merdeka?


Terlepas dari tragedi kemanusiaan akibat dibangunnya jalur Pantura. Ternyata itu adalah proyek pembangunan jalan yang paling spektakuler di bumi Pertiwi. Baik dari sisi panjangnya ataupun waktu pengerjaannya.

Sampai sekarang Indonesia belum pernah membuat jalan sepanjang itu dalam satu proyek. Apalagi waktunya hanya satu tahun. Pertumbuhan jalan raya Indonesia sangat lambat. Hanya bertambah 0,01% pertahun. Jauh tertinggal dari pertumbuhan kendaraan bermotor yang mencapai 11% pertahun. Maka tidak heran jika ada yang mengatakan. Kalau terus begini, beberapa tahun lagi Indonesia macet total. Bahkan sudah macet saat kita keluar dari halaman rumah.

Begitu juga jika panjang jalan dilihat dari rasio jumlah penduduk. Indonesia jauh tertinggal dari negara ASEAN lainnya. Di Indonesia, panjang jalan hanya 160 Km/1 juta penduduk. Sementara Thailand atau Korea mencapai 800 Km/1 juta penduduk. Belum lagi Jepang, 6000 Km/1 juta penduduk.

Jalann tol juga memiliki cerita yang sama. Sejak jalan tol pertama Indonesia diresmikan tahun 1978. Yaitu tol Jagorawi. Sampai saat ini Indonesia memiliki jalan tol sepanjang 774 Km. Hanya bertambah 2 Km pertahun.



Kalah jauh dengan Malaysia. Malaysia yang dulu belajar membangun jalan tol dari Indonesia sekarang memiliki jalan tol sepanjang 3.000 Km. Juga China yang start pembangunan jalan tolnya lebih belakang dari Indonesia. Sekarang memiliki jalan tol sepanjang 60.000 Km.

Menurut ADB. Kondisi infrastruktur jalan Indonesia merupakan yang terburuk di ASEAN. Selain itu, panjang jalan di Indonesia juga merupakan yang terpendek di ASEAN.

Keadaan jalan Indonesia memprihatinkan seperti ini karena terbelit berbagai masalah. Seperti birokrasi, pembebasan lahan, dan pendanaan. Anggaran belanja infrastruktur Indonesia paling rendah, hanya 2% dari PDB. Bandingkan dengan anggaran belanja infrastruktur Vietnam sebesar 8% dari PDB. Atau China yang mencapai 10%.

Melompati Daendels dan Malaysia

Setelah 200 tahun rekor Daendels tak tersentuh. Setelah Indonesia ditinggal ribuan kilo meter oleh Malaysia. Sebentar lagi semua itu akan berakhir.

Adalah Dahlan Iskan yang kita harapkan mengakhiri kisah pahit sejarah jalan Indonesia. Melalui proyek Jalan Tol Lintas Sumatera (JTLS) yang membentang dari Aceh hingga Lampung, sepanjang 2.700 Km.

Jalan tol ini sebenarnya sudah ditenderkan sejak tahun 2005. Tapi tidak ada investor yang berminat. Saat Dahlan Iskan menjadi menteri. Dia gencar memperjuangkan agar proyek ini diambil alih oleh BUMN. Dahlan Iskan minta BUMN ditugaskan melalui Perpres.

Bertahun Dahlan Iskan menunggu Perpres. Tidak kunjung keluar. Tertahan di Seskab. Akhirnya setelah melakukan sedikit tekanan melalui pemberitaan media. Pemerintah luluh juga. Akhir bulan ini Perpres dijanjikan akan keluar. BUMN yang disulap Dahlan Iskan menjadi perusahaan khusus jalan tol, PT Hutama Karya (HK) ditugaskan membangun jalan tol ini. Sekaligus akan diberikan PMN sebesar 5 triliun rupiah.

Bagaimana dengan pembebasan lahan? Tentu bukan satu pekerjaan mudah untuk jalan sepanjang ribuan kilometer. Tol Waru-Juanda saja sepanjang 12 Km selesai 12 tahun. Belum lagi Tol Trans Jawa yang entah kapan selesainya. Semua gara-gara terganjal pembebasan lahan.

Dahlan Iskan tidak kekurangan akal. JTLS akan diusahakan melintasi perkebunan BUMN yang memang amat sangat luas di Sumatera. Seperti milik PTPN yang akan memudahkan koordinasi. Begitu juga dengan lahan-lahan milik Pemda. Nanti tinggal sebagian kecil lahan milik masyarakat yang harus dibebaskan.

Bagaimana dengan masalah pendanaan? Bukankah pemerintah hanya memberikan PMN sebesar 5 triliun? Untuk masalah pendanaan Dahlan Iskan juga sudah terbukti kehebatannya. Lihat saja Tol Atas Laut Bali. Yang juga sudah ditenderkan sejak tahun 2008. Tapi tidak ada investor yang mau. Padahal pemerintah menawarkan harga tinggi, 5 triliun.



Kemudian Dahlan Iskan meminta pemerintah menugaskan BUMN membangun jalan tol itu. Tanpa menggunakan APBN sepeserpun. Setahun jalan tol sepanjang 12 Km itu langsung jadi. Dengan biaya hanya 2,4 triliun. Setengah dari tawaran pemerintah melalui tender.

Belum lagi Pelabuhan New Tanjung Priok. Yang merupakan proyek tersulit di Indonesia. Saking sulitnya, konon hanya Jembatan Selat Sunda yang bisa mengalahkan kesulitannya. Baik dari sisi birokrasi, teknis ataupun biayanya yang mencapai 40 triliun rupiah. Banyak yang menyangsikan proyek itu bisa jalan. Tapi BUMN bisa membuktikannya. Sekarang proyek itu sudah jadi 50%. Akhir tahun 2014 ini terminal satunya ditargetkan sudah bisa beroperasi.

Demikianlah bukti kemampuan Dahlan Iskan mencari dana di luar APBN. Dahlan Iskan sering mengatakan, BUMN adalah tangan kiri pemerintah. Tangan kanannya adalah APBN. Tangan kiri siap mengerjakan apa yang tidak bisa dikerjakan tangan kanan.

Dahlan Iskan mensinergikan semua BUMN. Mengeroyok proyek-proyek yang hampir mustahil dikerjakan dengan kemampuan APBN. Dahlan Iskan meminta bank-bank BUMN patungan mendanai proyek. Dahlan Iskan bersama direksi-direksi BUMN juga terbukti jeli mencari pihak ketiga sebagai investor.

Lebih-lebih Dahlan Iskan sudah mengatakan. JTLS masuk dalam program 100 hari kerja pertamanya jika terpilih menjadi presiden. Tapi tanpa menjadi presidenpun Dahlan Iskan meminta HK memulai proyek itu akhir tahun ini. Mengenai kelanjutannya wallahu’alam.

Oleh sebab itu kita berharap agar Dahlan Iskan atau Capres lain yang sevisi dengan dia terpilih menjadi presiden selanjutnya. Siapa saja Capres yang memiliki tekad kuat membangunan infrastruktur. Jangan sampai presiden berikutnya tidak memiliki visi seperti itu. Lebih parah lagi jika presiden berikutnya tidak memiliki visi-misi sama sekali. Tidak memiliki konsep. Hanya jalan begitu saja mengikuti arus.

Sudah saatnya putra bangsa menumbangkan rekor Daendels yang sudah bertahan selama 200 tahun. Sudah saatnya Malaysia melongo melihat jalan tol Indonesia tiba-tiba melampaui panjang jalan tol miliknya. Sudah saatnya Malaysia berguru lagi pada Indonesia. Di tahun 2014 ini semuanya ditentukan. ***

TS: Merinding bacanya... Gila...2500KMemoticon-Matabelo
Diubah oleh samudra.cinta 10-03-2014 07:51
0
15.8K
133
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.