Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

AkuCintaNaneaAvatar border
TS
AkuCintaNanea
Kang Jalal Akan Menjawab Tuduhan Jokowi Syiah, Setelah Beredar Twit Isterinya
Kang Jalal Akan Menjawab Tuduhan Jokowi Syiah, Setelah Beredar Twit Isterinya
Kang Jalal Akan Menjawab Tuduhan Jokowi Syiah, Setelah Beredar Twit Isterinya
Capres Jokowi

Kang Jalal Akan Menjawab Tuduhan Jokowi Syiah
Jum'at, 25 April 2014 , 11:53:00 WIB
Laporan: Yayan Sopyani Al Hadi

Kang Jalal Akan Menjawab Tuduhan Jokowi Syiah, Setelah Beredar Twit Isterinya
KANG JALAL

RMOL. Ada banyak isu yang menerpa semua calon presiden. Isu itu pun begitu mudah menyebar di tengah masyarakat, dan menjadi bahan perbincangan yang hangat.

Kali ini, isu itu menerpa Jokowi. Jokowi, menjelang Pilpres ini, disebutkan sebagai penganut Syiah, setelah pada Pilkada DKI lalu sempat juga dikabarkan seorang Nasrani.

Dalam lingkungan akademik dunia Islam secara umum, Syiah bukanlah persoalan. Syiah adalah satu madzhab besar dalam Islam, di antara madzhab lainya. Dalam bidang fikih misalnya, Syiah bertumpu pada padangan Imam Jafar Ash-Shadiq, yang merupakan guru Imam Abu Hanifah dan Imam Malik, yang merupakan dua imam madzhab di kalangan Sunni.

Di beberapa kampus ternama, seperti di Universitas Al Azhar Mesir, pandangan ulama-ulama Syiah masuk dalam kajian akademik. Bahkan Syiah masuk dalam lembaga Majma al Taqrib Baina Madzhab al Islamiyyah, atau lembaga yang mendekatkan berbagai madzhab dalam Islam.

Namun di Indonesia, persoalan Syiah memang menjadi masalah penting dan kontroversial. Meski beberapa tokoh muslim ternama memastikan Syiah adalah madzhab resmi dalam Islam, namun ada beberapa kelompok Islam di Indonesia yang memasukkan Syiah dalam kategori ajaran sesat.

Karena itulah, di Indonesia, isu Syiah jelas menyudutkan Jokowi dan menebar kebencian pada Jokowi. Terkait dengan hal ini, Ketua Dewan Syuro Ikatan Jamaah Ahlul Bait (Ijabi), KH Jalaluddin Rakhmat, pun akan menggelar jumpa pers, dan memastikan bahwa Jokowi bukanlah Syiah. Jumpa pers ini akan digelar siang ini.

Boleh dikatakan, KH Jalaluddin Rakhmat adalah tokoh Syiah berpengaruh di Indonesia. Kang Jalal, begitu ia disapa, adalah cendekiawan muslim Indonesia yang sering diundang dalam forum-forum internasional, terutama terkait dengan dialog pendekatan antar madzhab dan persatuan Islam.

Kang Jalal, yang menguasai ragam ilmu seperi filsafat, psikologi dan sosiologi, kini dipastikan menjadi anggota DPR dari PDI Perjuangan hasil Pemilu 2014.

Menurut Koordinator Oase, yang juga lembaga Syiah di Indonesia, Emilia Renita AZ, dalam keterangan beberapa saat lalu (Jumat, 25/4), penggunaan isu SARA dalam Pilpres adalah tidak etis dan kekanak-kanakan. Dan apalagi juga, Jokowi bukan Syiah, dan tidak memiliki hubungan apa pun dengan Syiah
http://www.rmol.co/read/2014/04/25/1...-Jokowi-Syiah-

Senin, 06/05/2013 09:56 WIB
PDIP Pasang Kang Jalal Jadi Caleg No 1 di Dapil Jabar II
Elvan Dany Sutrisno - detikNews

Jakarta - PDI Perjuangan menggaet cendekiawan muslim Jalaludin Rakhmat (Kang Jalal). Kang Jalal langsung ditunjuk menjadi caleg nomor urut 1 di dapil Jabar II yang meliputi Kabupaten Bandung dan Bandung Barat. "Tidak ada pertimbangan khusus, PDI Perjuangan kan terbuka memberikan kesempatan kepada kader baru untuk bersama sama kader senior partai," kata Sekjen PDIP Tjahjo Kumolo, kepada detikcom, Senin (6/5/2013).

Kang Jalal diharapkan menjadi pendulang suara PDIP. Terutama dengan ketokohannya yang kental."Dalam satu dapil kita satukan kader senior dan kader baru yang mampu meraih dukunga

Tjahjo menegaskan tak ada paksaan terhadap Kang Jalal. Namun Kang Jalal menyatakan bersedia menjadi caleg dari PDIP dengan sendirinya. "Kang Jalal tokoh pasundan, Jabar, mau bergabung di PDI Perjuangan sekalian PDI Perjuangan Jabar menawarkan jadi caleg dan Kang Jalal bersedia, tidak ada paksaan," tandasnya.
http://news.detik.com/read/2013/05/0...bar-ii?9922032

Quote:


-----------------------------

Meragukan keimanan seseorang .... betapa sulitnya dia


emoticon-Matabelo
Diubah oleh AkuCintaNanea 27-04-2014 06:39
0
12.7K
85
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.3KThread42KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.