- Beranda
- The Lounge
[Real Story] Suka Duka Perjalanan Di Lintas Kaltim
...
TS
stefanussabdono
[Real Story] Suka Duka Perjalanan Di Lintas Kaltim
Malam gan, ane mau sedikit share cerita gan, mungkin sedikit gaje tapi bisa dijadikan pengalaman buat agan-agan sekalian yang belum tahu bagaimana jalan lintas kaltim.
Ane kuliah di Unmul Samarinda gan, asal ane dari kutai timur kira-kira jaraknya 250-300 km lah ke samarinda. ane sering banget gan pulang pergi kalau hari libur menggunakan sepeda motor, alasannya ane malas gan naik bus gan bukan berarti ane ga suka tapi pokoknya ada aja hal yg nyebelin di bus yang akan ane ceritain di trit sederhana ane ini gan.
Berikut beberapa pengalaman ane selama ane pulang pergi dari Kutai timur ke samarinda gan
UPDATE GAN
UPDATE IN PROGRESS GAN
Ingat jangan lupa di
Ane kuliah di Unmul Samarinda gan, asal ane dari kutai timur kira-kira jaraknya 250-300 km lah ke samarinda. ane sering banget gan pulang pergi kalau hari libur menggunakan sepeda motor, alasannya ane malas gan naik bus gan bukan berarti ane ga suka tapi pokoknya ada aja hal yg nyebelin di bus yang akan ane ceritain di trit sederhana ane ini gan.
Berikut beberapa pengalaman ane selama ane pulang pergi dari Kutai timur ke samarinda gan
Spoiler for Di bus:
Awal kuliah ane sempat takut gan mau pulang pergi ke kampung maupun sebaliknya saat liburan menggunakan motor, alasannya ane sering gan liat berita di koran masalah kecelakaan lalu lintas di jalan lintas Kaltim, selain itu ane juga sering dengar cerita-cerita kecelakaan dari teman-teman dan semua berita yg ane dengar dari teman maupun media massa rata-rata pengendara motor nya tewas di tempat gan . itulah sebabnya ane milih menggunakan bus.
Oke langsung aja gan ya. awal kuliah kan ane ambil jalur beasiswa gan jadi proses seleksi telat sedangkan teman-teman ane yang lain udah pada kuliah jadi terpaksa ane naik bus sendirian, awalnya ane pikir naik bus bakalan nyaman gan bisa bobo sepuasnya, bisa liat pemandangan alam sepanjang jalan, tapi gaan setelah ane sampai di terminal bayangan ane tentang semua hal tadi ilang gan setelah ane liat bis yang ane akan tumpangin kondisinya kurang meyakinkan.
Bagi agan-agan yang belum tau, bus angkutan antar kota di kaltim masih kuno gan dan terbilang hanya dilakukan peremajaan saja tanpa melakukan pergantian bis baru, ane sih maklum aja gan karena peminat bis antar kota sedikit jadi mungkin dana nya belum memadai.
singkat cerita ane udah dalam bis gan, eiiits ane mau cerita dikit mengenai kondisi bis yang ane tumpangin. nama armada nya Dam*i tampang bis nya sangar gan kaya bis tahun 90 an, bodi nya masih kuno dan belum ber AC meskipun ada sekarang ada yg ber AC tetapi bis nya tetap bis kuno. mungkin kalau agan belum dapat gambaran bis di kota ane mirip sama kopaja yang ada di Jakarta gan.
[img][/img]
Di atas itu contoh bis nya gan
[img][/img]
Dan diatas itu adalah terminal nya gan, bisa dibayangin kan sepinya kaya apa, kasian sopir bis nya
Cerita ane lanjutkan, di awal perjalanan ane sempatkan berdoa kepada Tuhan semoga tidak terjadi apa-apa nanti, dan pikiran negatif ane buang sambil ane dengar lagu di HP dan ane mencoba rileks gan. setelah sekitar setengah jam penumpang sebelah ane bangunin ane dan bilang kalau bis nya bermasalah. nah lho...! Ternyata bis nya mogok gan gara-gara abis hajar tanjakan gan. disini semua penumpang turun dan supir beserta kenet berusaha memperbaiki dan mencari solusi. ane liat muka sopirnya sih tenang-tenang aja gan mungkin karena doi udah berpengalaman, lalu si doi bilang sama para penumpang kalau us nya ga bisa jalan lagi dan kita harus nunggu samapi datang bus bantuan sekitar 2 jam lagi. Whaaat..!! ane udah mulai kesel disitu gan, banyak penumpang yang ngegumam sendiri tapi kagak ada yg protes gan.
Akhirnya setelah setengah jam bis bantuan akhirnya datang gan, semetara bis yang ane tumpangin pertama masih diperbaiki dan kayanya masalahnya serius gan. untungnya bis kedua ini terlihat lebih baik gan dari bis sebelum nya. skip skip skip... ane udah naik bis dan mulai melanjutkan perjalanan. Disini pikiran an berkecamuk gan, ane masih takut kalau terjadi apa-apa nantinya, jadi selama perjalanan ane ga tidur sama sekali gan, selalu waspada gan kaya security jaga di pos .
Selama di perjalanan ane sempat merinding gan, ternyata sopirnya bawa tuh bis kaya di need for speed alias ngebut, ane ga tau si doi lagi kejar setiran atau apa yg jelas ane merinding setengah mati. beberapa kali ada ibu-ibu yang coba ingatkan tuh supir tapi si supir kagak nggubris gan cuma kasih kode anggukan kepala aja. bagi agan yg belum tau jalan lintas kalimantan itu kanan kiri hutan, jurang dan full jalan berlobang, naik turun dan berliku gan, jadi agan bayangin aja naik bis serasa naik roller coaster gan.
Yang bikin ane ngeri pas lagi tanjakan tuh bis kaya ga kuat gan, jadi si sopir jalanin bis menanjak secara zig zag, itu moment yg paling mendebarkan menurut ane karena tuh bis bisa aja ga kuat terus teguling ke bawah atau dar atas ada kendaraan yg lewat.
Skip skip skip, ane udah sampai di samarinda dengan selamat meskipun dag dig dung minta ampun, tapi mungkin ane terlalu parno atau apa karena ane liat penumpang lain tenang0-tenang aja. intinya pengalaman pertama ane ga bakal ane lupain
Oke langsung aja gan ya. awal kuliah kan ane ambil jalur beasiswa gan jadi proses seleksi telat sedangkan teman-teman ane yang lain udah pada kuliah jadi terpaksa ane naik bus sendirian, awalnya ane pikir naik bus bakalan nyaman gan bisa bobo sepuasnya, bisa liat pemandangan alam sepanjang jalan, tapi gaan setelah ane sampai di terminal bayangan ane tentang semua hal tadi ilang gan setelah ane liat bis yang ane akan tumpangin kondisinya kurang meyakinkan.
Bagi agan-agan yang belum tau, bus angkutan antar kota di kaltim masih kuno gan dan terbilang hanya dilakukan peremajaan saja tanpa melakukan pergantian bis baru, ane sih maklum aja gan karena peminat bis antar kota sedikit jadi mungkin dana nya belum memadai.
singkat cerita ane udah dalam bis gan, eiiits ane mau cerita dikit mengenai kondisi bis yang ane tumpangin. nama armada nya Dam*i tampang bis nya sangar gan kaya bis tahun 90 an, bodi nya masih kuno dan belum ber AC meskipun ada sekarang ada yg ber AC tetapi bis nya tetap bis kuno. mungkin kalau agan belum dapat gambaran bis di kota ane mirip sama kopaja yang ada di Jakarta gan.
[img][/img]
Di atas itu contoh bis nya gan
[img][/img]
Dan diatas itu adalah terminal nya gan, bisa dibayangin kan sepinya kaya apa, kasian sopir bis nya
Cerita ane lanjutkan, di awal perjalanan ane sempatkan berdoa kepada Tuhan semoga tidak terjadi apa-apa nanti, dan pikiran negatif ane buang sambil ane dengar lagu di HP dan ane mencoba rileks gan. setelah sekitar setengah jam penumpang sebelah ane bangunin ane dan bilang kalau bis nya bermasalah. nah lho...! Ternyata bis nya mogok gan gara-gara abis hajar tanjakan gan. disini semua penumpang turun dan supir beserta kenet berusaha memperbaiki dan mencari solusi. ane liat muka sopirnya sih tenang-tenang aja gan mungkin karena doi udah berpengalaman, lalu si doi bilang sama para penumpang kalau us nya ga bisa jalan lagi dan kita harus nunggu samapi datang bus bantuan sekitar 2 jam lagi. Whaaat..!! ane udah mulai kesel disitu gan, banyak penumpang yang ngegumam sendiri tapi kagak ada yg protes gan.
Akhirnya setelah setengah jam bis bantuan akhirnya datang gan, semetara bis yang ane tumpangin pertama masih diperbaiki dan kayanya masalahnya serius gan. untungnya bis kedua ini terlihat lebih baik gan dari bis sebelum nya. skip skip skip... ane udah naik bis dan mulai melanjutkan perjalanan. Disini pikiran an berkecamuk gan, ane masih takut kalau terjadi apa-apa nantinya, jadi selama perjalanan ane ga tidur sama sekali gan, selalu waspada gan kaya security jaga di pos .
Selama di perjalanan ane sempat merinding gan, ternyata sopirnya bawa tuh bis kaya di need for speed alias ngebut, ane ga tau si doi lagi kejar setiran atau apa yg jelas ane merinding setengah mati. beberapa kali ada ibu-ibu yang coba ingatkan tuh supir tapi si supir kagak nggubris gan cuma kasih kode anggukan kepala aja. bagi agan yg belum tau jalan lintas kalimantan itu kanan kiri hutan, jurang dan full jalan berlobang, naik turun dan berliku gan, jadi agan bayangin aja naik bis serasa naik roller coaster gan.
Yang bikin ane ngeri pas lagi tanjakan tuh bis kaya ga kuat gan, jadi si sopir jalanin bis menanjak secara zig zag, itu moment yg paling mendebarkan menurut ane karena tuh bis bisa aja ga kuat terus teguling ke bawah atau dar atas ada kendaraan yg lewat.
Skip skip skip, ane udah sampai di samarinda dengan selamat meskipun dag dig dung minta ampun, tapi mungkin ane terlalu parno atau apa karena ane liat penumpang lain tenang0-tenang aja. intinya pengalaman pertama ane ga bakal ane lupain
UPDATE GAN
Spoiler for Cerita bus 2:
Selamat pagi agan-agan semua ane ga nyangka ternyata banyak juga kaskuser yang satu daerah sama ane, hehehe sesuai janji ane, ane bakalan update cerita gan.
Ane udah di samarinda dan ane sangat berterima kasih kepada teman ane yang udah kasih tumpangan tempat tinggal selama ane tes di samarinda.
Oke langsung ke cerita ke dua, Kemarin kan ane udah ceritain waktu ane berangkat naik bus ke Samarinda, nah sekarang ane mau cerita kejadian apa aja yang ane alami waktu balik, jadi sebelum balik ane putusin buat ambil jadwal keberangkatan bus yang pertama, katanya sih keberangkatan pertama bisa dapat bus AC gan, ane berangkat ke terminal lempake jam 6 pagi gan, ternyata tebakan ane benar gan ane dapat bus DAM*I yang ber AC gan meskipun bus lama tapi tampilannya terlihat lebih terawat gan. Langsung aja ane beli tiket tuh bus gan, karena ane penumpang pertama jadi ane sempat ngobrol sama sopirnya gan, kira-kira gini percakapannya :
A : Ane
S : Sopir
A : Kalau hari-hari biasa rame pak penumpang?
S : Ya tergantung mas, tapi sekarang sepi mas, banyak yg milih naik kendaraan pribadi, selain itu banyk yg juga yang naik travel
A : Oh gitu ya pak, tapi tiap hari selalu berangkat bolak-balik pak?
S : iya mas emang udah jadwalnya gitu (Ane ga bisa bayangin betapa capenya jadi sopir yg harus bolak-balik perjalanan)
A : Armada bis nya emang cuma segini pak? (Sambil nunjuk ke arah beberapa bis yg lagi di parkir)
S : Dulu banyak mas, tapi udah pada ga bisa dipake.
A : Ga bisa dipake kenapa pak?
S : Ya namanya bis tua mas kami ga mau ambil resiko jadi bis yang masih layak aja yang kami pakai, bis yang lainnya juga banyak yg kecelakaan.
A : Oh gitu ya pak (Disitu ane ga berani tanya lagi gan, ga enak sama sopirnya yang jawab pertanyaan ane kayanya agak lesu)
Setelah ngobrol singkat sama sopir ane ambil kesimpulan kalau bus yang dioperasikan sekarang adalah bis hasil seleksi dari bis-bis yang dulu sempat berjaya di jamannya. setelah ngobrol ane sempatkan beli cemilan dan minuman yang kana ane bawa slama perjalanan. asal agan tau di terminal lempake samarinda sekarang sepi banget gan, dulu ane pernah ke terminal ini waktu masih kecil, suasana nya rame banget sana-sini penjual asongan, penumpang lalu lalang. tapi sekarang sungguh miris gan, tiket ga lagi di jual di loket melainkan sopir yang membawa dan jika ada yang ingin beli ya langsung beli di sopirnya gan.
Oh iya gan, gambar terminalnya nanti ane update soalnya belum sempat foto-foto, hehehe
Ane liat di tiketnya bis yang ane tumpangin jadwal keberangkatannya jam 7 gan, sambil nunggu ane ngemil gan di sebelah bis, soalnya ane belum sarapan , skip skip skip udah jam 7 lewat tapi penumpang masih sepi gan cuma ada ane dan 2 orang bapak2 paruh baya , ane mulai bingung kapan berangkatnya kalau sopir nunggu samapai full? tapi untungnya ga sampai jam 8 bis udah terisi setengah dan kami pun berangkat, ga lupa ane berdoa dan pasang headset di telinga.
Selama diperjalanan sopir yang ini kayanya udah berpengalaman jadi doi tau mana jalan lupang dan tikungan tajam, jadi selama perjalanan ane nyaman bgt gan soalnya sopirnya ga terlalu ngebut, pokoknya si doi utamakan kenyamanan penumpang kalau ane liat.
Selama perjalanan naik-turun gunung, tikungan tajam dan ane pun mulai terlelap, tapi tiba2 bus berhenti gan, ane bingung kok berhenti di jalan lurus, ternyata si sopir naikin penumpang lain gan. oh iya gan ane mau kasih tau kalau bis juga menerima penumpang di sepanjang perjalanan apabila masih ada empat duduk, skip skip skip bis ane udah beberapa kali naikin penumpang dan sekarang penuh gan, ane bersyukur soalnya kasian sopir sama kenek nya kalau sepi penumpang.
Tapi di tengah jalan bus berhenti dan ternyata ada bus lain yang mogok kaya kejadian pertama ane, tapi tuh bis jurusan lain gan ke bontang, dan sialnya seluruh penumpang dialihkan ke bis ane gan dan asala agan tau bis ac udah ga terasa lagi AC nya saking sesaknya dalam bis, ane sih masih nyaman aja soalnya semua pada numpuk di belakang cuma ada beberapa yang nyesak di depan selama perjalanan pikiran buruk ane muncul lagi gan, ane takut tuh bis overload dan ga mampu naik di tanjakan.
Skip skip skip tuh bis serasa penuh banget gan, rame obrolan sana sini udah kaya pasar, disitu ane udah ga bisa tidur lagi gan, ya udah lah ane nikmatin aja perjalanan ane.
Tiba saatnya bis ane samapi di yg disebut gunung menangis ane ga tau kenapa tuh jalan dinamakan gunung menangis mungkin agan yang tau sejarahnya bisa komen dibawah, asal agan tahu gunung menangis merupakan jalan paling curam paling rusak dan licin dan paling berbahaya gan, kanan kiri jurang dan udah banyak kecelakaan disana gan. awal tanjakan bis udah terasa berat gan, sopir udah mulai jalan zig zag agar bis mampu menanjak dan kecepatan menanjaknya pun sangat lambat kira-kira secepat agan jogging, dan suara bis nya udah meraung-raung gan, ane udah berdoa terus, pikiran ga karuan gan, waktu bis udah hampir sampai di atas tiba-tiba bis berhenti total tapi mesinnya tetap menyala gan, dengan sigap kenet bus langsung keluar dan mengganjal ban bus agar tidak turun kebawah, selama sekitar 1 menit bis berhenti badan ane seakan lemes gan, rasanya ane pengen loncat dari tuh bis, sopirnya pun keringatan sambil kebingungan gan. Akhirnya setelah bis di istirahatkan 1 menit akhirnya bis bisa nanjak juga sampai abis gan, perasaan ane seketika lega dan kita kembali melanjutkan perjalanan.
Setelah beberapa menit akhirnya bis yang ane tumpangin masuk di kawasan hutan karet, disana kondisi jalannya curam gan, kanan kiri hutan, tikungannya pun tajam gan dan saat memasuki tikungan jika ada kendaraan didepan kita ga bakalan sadar karena banyak ditutupi pohon karet di sepanjang jalan, nah, suatu ketika bis ane masuk di salah satu tikungan tajam, sopir dengan sigap memberikan tanda klakson bagi kendaraan didepannya menandakan kami akan memasuki tikungan, setelah masuk tikungan betapa kagetnya kami saat itu ada truk pertamina roda 6 sama2 belok dan masuk di jalur kanan yaitu jalur dimana bis ane melaju.
Tabrakan hampir terjadi tapi untung sopi sudah berpengalaman dan langsung banting stir ke kiri sampai bus masuk di pinggir jalan yg banyak semaknya. disitu jantung ane serasa berhenti berdetak soalnya ane duduk paling depan dan pemandangan itu sungguh merupakan pemandangan mengerikan gan.
Di sepanjang perjalanan pikiran ane kagak karuan gan, belum lagi setiap ngelewati pos polisi di sepanjang jalan di depan pos selalu di hiasi mobil-mobil rongsikan bekas kecelakaan dan jumlahnya makin hari makin bertambah, ane ga tau alasan mobil yg udah hancur dipajang di depan pos polisi yg jelas pemandangan itu menambah rasa was-was ane gan.
Akhirnya setelah 6 jam perjalanan ane sampai di Kutai timur dengan selamat, perasaan lega pun muncul saat ane menginjakkkan kaki di tanah terminal, semua beban dan rasa takut hilang gan.
Ane udah di samarinda dan ane sangat berterima kasih kepada teman ane yang udah kasih tumpangan tempat tinggal selama ane tes di samarinda.
Oke langsung ke cerita ke dua, Kemarin kan ane udah ceritain waktu ane berangkat naik bus ke Samarinda, nah sekarang ane mau cerita kejadian apa aja yang ane alami waktu balik, jadi sebelum balik ane putusin buat ambil jadwal keberangkatan bus yang pertama, katanya sih keberangkatan pertama bisa dapat bus AC gan, ane berangkat ke terminal lempake jam 6 pagi gan, ternyata tebakan ane benar gan ane dapat bus DAM*I yang ber AC gan meskipun bus lama tapi tampilannya terlihat lebih terawat gan. Langsung aja ane beli tiket tuh bus gan, karena ane penumpang pertama jadi ane sempat ngobrol sama sopirnya gan, kira-kira gini percakapannya :
A : Ane
S : Sopir
A : Kalau hari-hari biasa rame pak penumpang?
S : Ya tergantung mas, tapi sekarang sepi mas, banyak yg milih naik kendaraan pribadi, selain itu banyk yg juga yang naik travel
A : Oh gitu ya pak, tapi tiap hari selalu berangkat bolak-balik pak?
S : iya mas emang udah jadwalnya gitu (Ane ga bisa bayangin betapa capenya jadi sopir yg harus bolak-balik perjalanan)
A : Armada bis nya emang cuma segini pak? (Sambil nunjuk ke arah beberapa bis yg lagi di parkir)
S : Dulu banyak mas, tapi udah pada ga bisa dipake.
A : Ga bisa dipake kenapa pak?
S : Ya namanya bis tua mas kami ga mau ambil resiko jadi bis yang masih layak aja yang kami pakai, bis yang lainnya juga banyak yg kecelakaan.
A : Oh gitu ya pak (Disitu ane ga berani tanya lagi gan, ga enak sama sopirnya yang jawab pertanyaan ane kayanya agak lesu)
Setelah ngobrol singkat sama sopir ane ambil kesimpulan kalau bus yang dioperasikan sekarang adalah bis hasil seleksi dari bis-bis yang dulu sempat berjaya di jamannya. setelah ngobrol ane sempatkan beli cemilan dan minuman yang kana ane bawa slama perjalanan. asal agan tau di terminal lempake samarinda sekarang sepi banget gan, dulu ane pernah ke terminal ini waktu masih kecil, suasana nya rame banget sana-sini penjual asongan, penumpang lalu lalang. tapi sekarang sungguh miris gan, tiket ga lagi di jual di loket melainkan sopir yang membawa dan jika ada yang ingin beli ya langsung beli di sopirnya gan.
Oh iya gan, gambar terminalnya nanti ane update soalnya belum sempat foto-foto, hehehe
Ane liat di tiketnya bis yang ane tumpangin jadwal keberangkatannya jam 7 gan, sambil nunggu ane ngemil gan di sebelah bis, soalnya ane belum sarapan , skip skip skip udah jam 7 lewat tapi penumpang masih sepi gan cuma ada ane dan 2 orang bapak2 paruh baya , ane mulai bingung kapan berangkatnya kalau sopir nunggu samapai full? tapi untungnya ga sampai jam 8 bis udah terisi setengah dan kami pun berangkat, ga lupa ane berdoa dan pasang headset di telinga.
Selama diperjalanan sopir yang ini kayanya udah berpengalaman jadi doi tau mana jalan lupang dan tikungan tajam, jadi selama perjalanan ane nyaman bgt gan soalnya sopirnya ga terlalu ngebut, pokoknya si doi utamakan kenyamanan penumpang kalau ane liat.
Selama perjalanan naik-turun gunung, tikungan tajam dan ane pun mulai terlelap, tapi tiba2 bus berhenti gan, ane bingung kok berhenti di jalan lurus, ternyata si sopir naikin penumpang lain gan. oh iya gan ane mau kasih tau kalau bis juga menerima penumpang di sepanjang perjalanan apabila masih ada empat duduk, skip skip skip bis ane udah beberapa kali naikin penumpang dan sekarang penuh gan, ane bersyukur soalnya kasian sopir sama kenek nya kalau sepi penumpang.
Tapi di tengah jalan bus berhenti dan ternyata ada bus lain yang mogok kaya kejadian pertama ane, tapi tuh bis jurusan lain gan ke bontang, dan sialnya seluruh penumpang dialihkan ke bis ane gan dan asala agan tau bis ac udah ga terasa lagi AC nya saking sesaknya dalam bis, ane sih masih nyaman aja soalnya semua pada numpuk di belakang cuma ada beberapa yang nyesak di depan selama perjalanan pikiran buruk ane muncul lagi gan, ane takut tuh bis overload dan ga mampu naik di tanjakan.
Skip skip skip tuh bis serasa penuh banget gan, rame obrolan sana sini udah kaya pasar, disitu ane udah ga bisa tidur lagi gan, ya udah lah ane nikmatin aja perjalanan ane.
Tiba saatnya bis ane samapi di yg disebut gunung menangis ane ga tau kenapa tuh jalan dinamakan gunung menangis mungkin agan yang tau sejarahnya bisa komen dibawah, asal agan tahu gunung menangis merupakan jalan paling curam paling rusak dan licin dan paling berbahaya gan, kanan kiri jurang dan udah banyak kecelakaan disana gan. awal tanjakan bis udah terasa berat gan, sopir udah mulai jalan zig zag agar bis mampu menanjak dan kecepatan menanjaknya pun sangat lambat kira-kira secepat agan jogging, dan suara bis nya udah meraung-raung gan, ane udah berdoa terus, pikiran ga karuan gan, waktu bis udah hampir sampai di atas tiba-tiba bis berhenti total tapi mesinnya tetap menyala gan, dengan sigap kenet bus langsung keluar dan mengganjal ban bus agar tidak turun kebawah, selama sekitar 1 menit bis berhenti badan ane seakan lemes gan, rasanya ane pengen loncat dari tuh bis, sopirnya pun keringatan sambil kebingungan gan. Akhirnya setelah bis di istirahatkan 1 menit akhirnya bis bisa nanjak juga sampai abis gan, perasaan ane seketika lega dan kita kembali melanjutkan perjalanan.
Setelah beberapa menit akhirnya bis yang ane tumpangin masuk di kawasan hutan karet, disana kondisi jalannya curam gan, kanan kiri hutan, tikungannya pun tajam gan dan saat memasuki tikungan jika ada kendaraan didepan kita ga bakalan sadar karena banyak ditutupi pohon karet di sepanjang jalan, nah, suatu ketika bis ane masuk di salah satu tikungan tajam, sopir dengan sigap memberikan tanda klakson bagi kendaraan didepannya menandakan kami akan memasuki tikungan, setelah masuk tikungan betapa kagetnya kami saat itu ada truk pertamina roda 6 sama2 belok dan masuk di jalur kanan yaitu jalur dimana bis ane melaju.
Tabrakan hampir terjadi tapi untung sopi sudah berpengalaman dan langsung banting stir ke kiri sampai bus masuk di pinggir jalan yg banyak semaknya. disitu jantung ane serasa berhenti berdetak soalnya ane duduk paling depan dan pemandangan itu sungguh merupakan pemandangan mengerikan gan.
Di sepanjang perjalanan pikiran ane kagak karuan gan, belum lagi setiap ngelewati pos polisi di sepanjang jalan di depan pos selalu di hiasi mobil-mobil rongsikan bekas kecelakaan dan jumlahnya makin hari makin bertambah, ane ga tau alasan mobil yg udah hancur dipajang di depan pos polisi yg jelas pemandangan itu menambah rasa was-was ane gan.
Akhirnya setelah 6 jam perjalanan ane sampai di Kutai timur dengan selamat, perasaan lega pun muncul saat ane menginjakkkan kaki di tanah terminal, semua beban dan rasa takut hilang gan.
UPDATE IN PROGRESS GAN
Ingat jangan lupa di
Spoiler for rate 5:
Diubah oleh stefanussabdono 26-04-2014 06:27
0
4.8K
Kutip
18
Balasan
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
923KThread•83.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru