News
Batal
KATEGORI
link has been copied
73
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/535afd3817cb176b318b4594/hancur-kita-lae-rp-2-miliar-lebih-hangus-begitu-saja
Kerugian P SITOMPUL hanya mampu tertunduk lesu, duduk berselonjor di antara genangan air sisa pemadam kebakaran. Tubuh basah kuyup, seakan tidak ia hiraukan. Sesekali tangan kanannya ia usapkan ke wajah letih, sembari meluruskan kedua kaki di tengah ribuan warga masyarakat yang terus menyesaki gerbang depan Blok 3 Pasar Senen, Jakarta Pusat. “Hancur lae, semua habis. Nggak ada lagi yang tersisa.
Lapor Hansip
26-04-2014 07:26

Hancur Kita Lae, Rp 2 Miliar Lebih Hangus Begitu Saja

Hancur Kita Lae, Rp 2 Miliar Lebih Hangus Begitu Saja

Kerugian

Quote:
P SITOMPUL hanya mampu tertunduk lesu, duduk berselonjor di antara genangan air sisa pemadam kebakaran. Tubuh basah kuyup, seakan tidak ia hiraukan.

Sesekali tangan kanannya ia usapkan ke wajah letih, sembari meluruskan kedua kaki di tengah ribuan warga masyarakat yang terus menyesaki gerbang depan Blok 3 Pasar Senen, Jakarta Pusat.

“Hancur lae, semua habis. Nggak ada lagi yang tersisa. Semuanya terbakar,” ujarnya tanpa mengalihkan pandangan dari bangunan berlantai tiga, pasar yang selama ini dikenal sebagai pasarnya orang Batak di DKI Jakarta ini.

Menurut Sitompul, dua kios miliknya, di mana masing-masing berukuran 2x2 meter yang selama ini ia sewa persis berada di lantai dua bagian tengah, tidak menyisakan satu bal pun kain yang selama ini menjadi jualannya.

“Sudah nggak tahu lagi aku berapa kerugiannya lae. Kemarin saja itu barang (kain) kita masuk 800 bal. Satu bal itu paling murah Rp 3 juta. Itu saja udah Rp 2,4 miliar lae. Itu belum termasuk barang-barang yang sudah ada terlebih dahulu,” katanya sedih.

Hal senada juga dikemukakan pedagang lainnya, A Sinaga. Namun nasibnya masih lebih baik. Karena kebetulan kiosnya berada di lantai dua, menghadap persis ke Jalan Gunung Sahari, berseberangan dengan Mall Atrium.

“Begitu dengar berita dari kawan jam 6 pagi, aku langsung kemari. Jadi waktu api belum sempat menyebar, kita bersama kawan-kawan sudah saling bahu membahu menyelamatkan barang-barang. Semua lagi kita jemur. Kasihan kawan-kawan yang lain. Api kebetulan berasal dari bagian tengah lantai dua. Dan itu ada empat titik. Sementara kita kan di depan itu,” katanya.

Menurut Sinaga, setidaknya ada sekitar 5.000 kios di seluruh blok tiga Pasar Senen. Dan hampir seluruhnya habis terbakar, Jumat (25/4). Dari total jumlah pedagang yang ada, hampir setengahnya berasal dari suku Batak. Sementara sebagian lainnya suku Padang dan etnis Tionghoa.

“Di sini kita Batak banyak kali lae. Lebih dari setengah. Kalau satu orang saja rugi sampai ratusan juta rupiah, ya lae bisa kalikan sendiri-lah berapa total kerugian yang ada. Belum lagi ada yang sampai rugi miliaran rupiah,” katanya.

Jumlah pedagang yang dikemukakan Sinaga, tidak sinkron dengan informasi yang diperoleh dari Direktur Utama PD Pasar Jaya, Djangga Lubis. Menurutnya, saat ini terdapat 3.096 tempat usaha di pasar yang dibangun sejak tahun 1974 tersebut. Meski begitu di antara keduanya terdapat kesesuaian informasi terkait peremajaan.


Konspirasi
Quote:
Menurut Lubis, Blok 3 Pasar Senen rencananya akan diremajakan setelah Lebaran. Sementara menurut Sinaga, selama ini memang mereka telah mendengar rencana tersebut. Dan bahkan rencananya peremajaan akan dilakukan setelah pemilu diselenggarakan.

“Rencana peremajaannya sudah dari 2004 lalu lae. Tapi akhir-akhir ini wacana tersebut menguat kembali. Tapi memindahkan 5.000 pedagang itu kan nggak mudah. Mau ditempatkan ke mana? Makanya kita menduga ini memang sengaja dibakar, karena nggak ada yang mau pindah,” katanya.

Dugaan Sinaga tentu bukan tanpa sebab. Indikasi diwarnai sejumlah keanehan yang muncul di malam sesaat sebelum kebakaran terjadi, Pukul 04.00 WIB, Jumat (25/4) subuh.

“Tiba-tiba tadi malam itu gembel-gembel diusir-usirin sama petugas dari dalam pasar. Nah setelah itu hampir tidak ada petugas yang kelihatan. Bang Lerry (salah seorang pedagang) melihat langsung lae. Tapi ia nggak curiga. Kebetulan kiosnya di bagian tengah. Anehnya setelah itu, nggak ada petugas yang terlihat. Tapi ada sekitar empat orang tidak dikenal berkeliaran,” katanya.

Lerry, menurut Sinaga, kemudian melanjutkan aktivitasnya menonton siaran langsung pertandingan semi final sepak bola piala Eropa, antara Benfica melawan Juventus. Ia baru merasakan keanehan saat terlihat ada asap di mana-mana. Kemudian berusaha mencari tahu dari mana asap tersebut berasal.

“Yang paling aneh, waktu bang Lerry ke bagian belakang, ia melihat ada satu titik api. Demikian juga waktu berjalan ke bagian kanan dan kiri, terdapat masing-masing titik api juga. Demikian juga waktu ia berjalan ke bagian depan menghadap ke Mall Atrium, ada lagi titik api. Makanya kuat dugaan memang sengaja dibakar,” katanya.

Kecurigaan menurut pria yang telah lima tahun berjualan di Blok 3 ini, karena selama ini dari tiga bagian di Pasar Senen, dua blok di antaranya kini dikelola pihak swasta. Masing-masing di samping kanan dan kiri. Sementara Blok 3 masih ditangani PD Pasar Jaya.

Selama ini juga pengelolaan di Blok 3 seperti sudah nggak jelas yang mengelolanya lae. Kita bayar biaya pengelolaan itu juga jumlahnya beda-beda. Nggak ada yang pasti dan diserahkan ke siapa itu juga beda-beda. Tapi waktu dulu itu untuk satu kios itu dihargai Rp 25 juta/tahun,” katanya.

Blok 3 Pasar Senen diketahui terbakar sejak Pukul 04.00 WIB. Menerima informasi sekitar Pukul 04.10 WIB, ratusan pemadam kebakaran dari seluruh wilayah Jakarta dikerahkan dengan melibatkan 52 unit mobil pemadam kebakaran. Baik yang berasal dari Jakarta Pusat 24 unit, Jakarta Timur 10 unit, Jakarta Barat 3 unit, Jakarta Utara 4 unit, Jakarta Selatan 3 unit dan 8 unit dari Bogor.

Demi memadamkan si jago merah, pemadam kebakaran juga mengerahkan 18 unit pompa, 6 quick respon, sebuah mobil ambulans dan memompa langsung air Kali Ciliwung dari samping Markas TNI Angkatan Laut, depan Tugu Tani, Kwitang.

Namun meski telah bekerja sangat maksimal, api hingga Jumat petang belum juga berhasil dipadamkan. Api yang sebelumnya pada Jumat petang terlihat menyisakan bara, tiba-tiba sekitar pukul 18.10 WIB, terlihat kembali membesar.

Akibatnya, petugas yang telah sangat kelelahan kembali harus bekerja ekstra keras, termasuk memaksimalkan penggunaan sebuah alat penyemprot berkekuatan tinggi yang dioperasikan lewat komputer.jpnn


Modus yg sering tapi susah pembuktiannya. - investigasi independent

sesudah diremajakan muncul lagi masalah baru. pedagang muka baru mendapat tempat-lebih baik dari pedagang muka lama. (Unfairness) - pemilihan lokasi lapak peremajaan diprioritaskan ke pedagang yg terkena dampak langsung dan seterusnya.
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 4
Hancur Kita Lae, Rp 2 Miliar Lebih Hangus Begitu Saja
26-04-2014 10:12
pepatah lama emoticon-Malu

alasan = konsleting emoticon-Big Grin
0 0
0
Hancur Kita Lae, Rp 2 Miliar Lebih Hangus Begitu Saja
26-04-2014 10:17
Wah pdhl sdh lumayan lama nih gak ada modus pembakaran pasar ....kasian pedagangnya...smoga d beri ketabahan
0 0
0
Hancur Kita Lae, Rp 2 Miliar Lebih Hangus Begitu Saja
26-04-2014 10:30
Mana ada jam 4 pagi korsleting listrik...kan jam segitu beban pemakaian minimal...

Rahasia umum ....

0 0
0
Hancur Kita Lae, Rp 2 Miliar Lebih Hangus Begitu Saja
26-04-2014 10:37
makanya klo mo dipindah jgn ngeyel, udah tau modus begini sering dilakuin n oknum brengseknya ga poernah ketemu masih nekad jualan disitu. n jelas pihak yg diuntungkan itu ya pd pasar, lalu didukung ama kepolisian n pemadam kebakaran.

audit aja org2 situ,

0 0
0
Hancur Kita Lae, Rp 2 Miliar Lebih Hangus Begitu Saja
26-04-2014 10:40
yang fee proyek buat bikin pasar baru lancar jaya dah emoticon-Big Grin

emoticon-Traveller
0 0
0
Hancur Kita Lae, Rp 2 Miliar Lebih Hangus Begitu Saja
26-04-2014 10:41
dah jaman reformasi .gaya orba kenape masih di pake ya
0 0
0
Hancur Kita Lae, Rp 2 Miliar Lebih Hangus Begitu Saja
26-04-2014 10:47
Harus nya mereka peka para pedagang disana

Udah tau ada wacana mau di relokasi meski waspada sebelumnya karena kemungkina kapan lengah yah di sabotase kayak gini


Turut prihatin lae
Diubah oleh SokoGuru
0 0
0
Hancur Kita Lae, Rp 2 Miliar Lebih Hangus Begitu Saja
26-04-2014 11:15
sabar ya mas lae...

ane mo bantu tapi lagi dang adong hepeng..
0 0
0
Hancur Kita Lae, Rp 2 Miliar Lebih Hangus Begitu Saja
26-04-2014 11:35
Quote:Original Posted By kacungkorporat
apa TW bermain lagi disini emoticon-Mad


TW maksud nya sapa gan ? mafia itu ??? emoticon-Belomatabelo
0 0
0
Hancur Kita Lae, Rp 2 Miliar Lebih Hangus Begitu Saja
26-04-2014 11:49
Innalillahi wa inna illaihi rajiun... Turut berduka gan... Semoga Allah memberikan ganti yang lebih baik.
0 0
0
Hancur Kita Lae, Rp 2 Miliar Lebih Hangus Begitu Saja
26-04-2014 11:55
Kasian
0 0
0
Hancur Kita Lae, Rp 2 Miliar Lebih Hangus Begitu Saja
26-04-2014 15:57
pengen nitip berita. kejadiannya 16 April lalu/... cuma selang beberapa hari dari kejadian ini

Quote:TASIKMALAYA, KOMPAS.com – 43 kios di Pasar Pancasila, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya, pada Rabu (16/4/2014)dini hari sekitar pukul 03.00 WIB, hangus terbakar.

Kebakaran diduga terjadi akibat hubungan arus pendek listrik dari salah satu kios yang ada di pasar kedua terbesar Kota Tasikmalaya tersebut.

Ketua Himpunan Pedagang Pasar Pancasila, Kota Tasikmalaya, Ahmad Syarifudin menyatakan, 43 kios yang terbakar itu posisinya berhimpitan di Blok B.

“Awal kebakaran diperkirakan sekitar pukul 03.00 subuh tadi. Api berasal dari kios Pak Asep, yang di dalamnya berisi dagangan makanan ringan. Kemudian api terus merembet ke kios lainnya yang berhimpitan. Api baru padam setelah dipadamkan petugas damkar pagi ini,” kata Asep di lokasi kejadian, Rabu pagi.

Sampai saat ini, kata Ahmad, dia masih mencari informasi adanya dugaan penyebab lain kebakaran. Apalagi, beberapa warga yang berada di lokasi ada yang menyebut kebakaran akibat kesengajaan pihak tertentu.

“Kayaknya ini ada unsur kesengajaan pak, soalnya kan pasar ini akan direnovasi dan para pedagang banyak yang menolak,” kata Deni.

Sementara itu, Kepala Polres Tasikmalaya Kota AKBP Noffan Widyayoko mengaku belum bisa memastikan penyebab kebakaran ini. "Kami sekarang fokus melakukan pengamanan dulu warga pasar yang sedang berdagang sejak subuh tadi di sini. Korban jiwa tidak ada dalam kejadian ini. Tapi kami akan terus melakukan penyelidikan lebih lanjut,” ungkap Noffan.

Sampai pagi ini, api mulai berhasil dipadamkan oleh sedikitnya empat mobil pemadam kebakaran. Ratusan petugas kepolisian masih berada di lokasi untuk melakukan pengamanan.

Akibat kejadian ini pun arus lalu lintas menuju pasar dan sebaliknya macet total. Apalagi di samping pasar tersebut terdapat terminal lokasi transitnya kendaraan umum antarwilayah Ciamis-Kota Tasikmalaya.

http://regional.kompas.com/read/2014...Ludes.Terbakar


pasar pancasila kek gimana sih?? emoticon-Bingung (S)
ga seberapa besar sih.. ga kayak pasar-pasar kota besar. coba liat fotonya

Hancur Kita Lae, Rp 2 Miliar Lebih Hangus Begitu Saja
atau di sini
Diubah oleh LoE_Seifer
0 0
0
Hancur Kita Lae, Rp 2 Miliar Lebih Hangus Begitu Saja
26-04-2014 16:09
Quote:Original Posted By LoE_Seifer
pengen nitip berita. kejadiannya 16 April lalu/... cuma selang beberapa hari dari kejadian ini



pasar pancasila kek gimana sih?? emoticon-Bingung (S)
ga seberapa besar sih.. ga kayak pasar-pasar kota besar. coba liat fotonya

Hancur Kita Lae, Rp 2 Miliar Lebih Hangus Begitu Saja
atau di sini


lumayan kalo luasnya cuma ngga bertingkat aja
itu pasar memang sudah lama sekali umurnya
mahal tuh pasti nya bakal menghasilkan banyak duit kalo dibangun pasar bertingkat emoticon-Big Grin

modusnya sama tuh ya
mau direnovasi sedangkan pedagang menolak emoticon-Big Grin
0 0
0
Hancur Kita Lae, Rp 2 Miliar Lebih Hangus Begitu Saja
26-04-2014 16:10
Pas ada berita kebakaran di pasar senen, dugaan gw juga gitu.
Ada yg mau beres2 emoticon-Ngacir
Diubah oleh majalah.lama
0 0
0
Hancur Kita Lae, Rp 2 Miliar Lebih Hangus Begitu Saja
26-04-2014 16:26
Tipikal pedagang bgt.. Brg 800ball gmana susunnyaemoticon-Big Grin

2lapak baru 4x2memoticon-Bingung




0 0
0
Hancur Kita Lae, Rp 2 Miliar Lebih Hangus Begitu Saja
26-04-2014 16:31
tetap semangat lae! emoticon-Cool
0 0
0
Hancur Kita Lae, Rp 2 Miliar Lebih Hangus Begitu Saja
26-04-2014 16:49
Turut dukacita lae n semua pedagang yg kena musibah

soal konspirasi atau kesengajaan... ane gak brani komen, tapi klo dr kesaksian sih emang janggal kejadian di malem itu
0 0
0
Hancur Kita Lae, Rp 2 Miliar Lebih Hangus Begitu Saja
26-04-2014 16:55
klo uang sudah bicara :tragis
0 0
0
Hancur Kita Lae, Rp 2 Miliar Lebih Hangus Begitu Saja
26-04-2014 17:00
jahat banget si
kerugian ampe 2.5 M boooo emoticon-thumbdown
0 0
0
Hancur Kita Lae, Rp 2 Miliar Lebih Hangus Begitu Saja
26-04-2014 17:02
mahal kali dagangannya...duit segitu harusnya diasuransikan ya
0 0
0
Halaman 2 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia