gadenAvatar border
TS
gaden
(kebo menjilat ludahnya) ESDM Izinkan Freeport Ekspor Mineral Mentah, Kemendag Belum
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan M Lutfi mengaku belum tahu langkah PT Freeport Indonesia mengajukan Surat Persetujuan Ekspor (SPE) kepada Kementerian Perdagangan.

"Semua di Kemendag pakai elektronik, jadi saya enggak tahu (Freeport dapat izin ekspor belum)," ujarnya, Jumat (25/4/2014).

Yang jelas, sepengetahuan mantan Kepala BKPM itu, Freeport baru tercatat sebagai eksportir terdaftar (ET). Namun, Freeport belum melengkapi persyaratan sebagaimana diatur dalam Undang-undang Minerba dan turunan pelonggarannya. Dengan demikian, perusahaan tambang ini belum bisa melakukan ekspor mineral mentah.

"Ketika mereka sudah lengkap (persyaratan sesuai perundang-undangan), itu (SPE) bisa keluar secara elektronik. Tapi begini, komitmennya, kita kan mau bikin mereka (Freeport) bikin smelter. Yang penting smelternya jalan dulu," tegas Lutfi.

Sebelumnya, Dirjen Minerba Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), R Sukhyar menuturkan, Freeport, PT Newmont Nusa Tenggara, PT Sebuku Iron Lateritic Ores (SILO), PT Lumbung Mineral Sentosa, serta PT Damar Narmada Bakti sudah mengantongi rekomendasi ekspor mineral mentah dari Kementerian ESDM.

"Hari ini akan kita kirim (rekomendasi ke Kementerian Perdagangan)," ujarnya, di Jakarta, Kamis (24/4/2014).

sumber : http://bisniskeuangan.kompas.com/rea...Kemendag.Belum

keknya kebo lg kekurangan duit buat kandangnya :l
0
1.4K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.9KThread40.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.