Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mat_indonAvatar border
TS
mat_indon
[ITB NEWS] Capres Boleh Masuk Kampus, tapi Dikawal
sumber

Capres Boleh Masuk Kampus, tapi Dikawal

[ITB NEWS] Capres Boleh Masuk Kampus, tapi Dikawal
Sejumlah Mahasiswa membentangkan spanduk 'Turut Berduka Cita Atas Politisasi ITB' saat melakukan aksi di Kampus Institut Teknologi Bandung, Jawa Barat (17/4). TEMPO/Anwar Siswadi

TEMPO.CO, Bandung - Keluarga Mahasiswa Institut Teknologi Bandung berkomitmen mengawal setiap tamu calon presiden yang datang ke kampus sebelum resmi ditetapkan Komisi Pemilihan Umum.

Ketua Kabinet Keluarga Mahasiswa ITB Mohammad Jeffry Giranza mengatakan pengawalan tamu yang jadi capres itu konsepnya seperti saat kedatangan Gubernur DKI Jakarta sekaligus calon presiden, Joko Widodo, ke kampus ITB pada Kamis pekan lalu untuk memberi kuliah umum tapi tanpa aksi penghadangan.

KM ITB akan menggelar aksi orasi dan pembentangan spanduk agar kampus netral dan tidak dipolitisasi. Aksi itu untuk menyambut dan mengingatkan tamu itu agar tidak berkampanye di dalam kampus.

Setelah itu, KM ITB akan masuk ke kampus dan memantau acara. Jika dianggap melenceng dari tujuan dan topik pembicaraan ke arah kampanye, mereka akan meminta panitia menghentikan acara.

Jeffry mengatakan rencana aksi seperti itu yang diterapkan saat kedatangan Jokowi. Namun di lapangan meleset hingga terjadi penghadangan mobil rombongan Jokowi. Dari pantauan Tempo saat kejadian, mahasiswa juga meneriaki Jokowi agar pulang.

Rektor ITB Akhmaloka mengatakan rektorat membebaskan siapa pun, termasuk calon presiden, menjadi pembicara dalam acara mahasiswa, kuliah, atau meresmikan sesuatu di kampus ITB. Asalkan, kata dia, kedatangannya sesuai dengan jabatannya di pemerintah, atau terkait dengan ilmu dan pengetahuan.

"Kalau ada capres yang mau datang, kita kembali sebagai institusi pendidikan. Mau bicara sains dan teknologi, mari. Yang mungkin bisa datang itu orang-orang yang punya kedudukan dan kapasitas di bidangnya," tuturnya.

ANWAR SISWADI


Wis sak karepmu Jeff...
0
6.6K
108
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.