Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

vdeanzAvatar border
TS
vdeanz
Lagi, Game Buatan Indonesia Dibajak

No Repost emoticon-Wink
Spoiler for norepsol:

Jakarta - Pembajakan game buatan lokal kembali terjadi. Jumlahnya pun tidak satu, ada tiga game yang menjadi korban. Jumlah ini pun diyakini masih banyak lagi.

Salah satu game yang dibajak adalah buatan Touchten berjudul Infinite Sky. Anton Seoharyo, CEO Touchten mengatakan, pembajakan game sering terjadi di Amazon App Store belakangan ini.
Spoiler for g1:

"Saya yakin banyak sekali developer yang jadi korban, karena begitu mudahnya orang bisa mendownload APK gratis dari GooglePlay dan tinggal ditambahkan billing Amazon dan jadilah mesin uang untuk maling-maling ini," kesal Anton.

Selain Touchten, game lain buatan developer Indonesia -- setidaknya yang baru ketahuan -- yang juga kena bajak adalah game Run Princess Run buatan Qajoo Studio serta game Infectonator dari Toge Production (published by Armor Games).
Spoiler for g2:


Ada dua pelaku berbeda yang membajak tiga game buatan developer Indonesia ini. Game Infinite Sky dan Run Princess Run dibajak oleh developer yang sama, yakni Banana Games. Sedangkan game Infectonator dibajak oleh perusahaan bernama Tuna Fish di Amazon.
Spoiler for g3:


Touchten sendiri telah melaporkan aksi pembajakan ini ke pihak Amazon. Namun proses manual ini tidak banyak orang tahu, dan sulit untuk mendapatkan linknya, Anton saja perlu ngubek-ngubek Google dulu untuk mencarinya.
"Menariknya lagi, begitu gampangnya maling-maling intelektual ini mengunduh dan menambahkan Amazon billing system, dan voila! mereka bisa mencari uang begitu saja,"lanjutnya. "Saya yakin ribuan kasus seperti ini dialami oleh developer," Anton menandaskan.
Sebelumnya, Ramen Chain adalah game asli karya anak bangsa yang menantang para pemainnya untuk mengelola restoran ramen. Menurut Anton, Ramen Chain telah diunduh sekitar 120 ribu kali di Googleplay dan 600 ribu kali di iTunes Store.
Namun kini, game lokal berjudul Ramen Chain juga didompleng oleh game serupa dengan nama beda, yakni Daren Ramen Shop yang merupakan jiplakan dari developer lain di pasar aplikasi Android, Google Play. emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
Diubah oleh vdeanz 29-04-2014 07:32
0
6K
72
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.