Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

leodiscjokiAvatar border
TS
leodiscjoki
MTV dari masa ke masa
Spoiler for NO RE POST :



بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرحْمَنِ اارحِيم

“Oke anak nongkrong MTV balik lagi di MTV Ampuh, Ajang musik pribumi 20”. Masih inget kutipan tadi? pada tahun 90-an hingga awal tahun 2000-an remaja Indonesia mempunyai program musik favorit mereka yaitu MTV (Music Television). Tidak hanya favorit namun juga berkualitas dan dikemas dengan baik sehingga terlihat eksklusif. Dulu gue inget tiap pulang sekolah pasti langsung pulang cepet dengan harapan masih bisa nonton MTV, beberapa acara MTV yang gue suka antara lain MTV Ampuh, MTV Land, MTV Most Wanted, MTV Global Room, MTV Pimp My Ride, MTV TRL (cikal bakal program musik Inbox, Dahsyat dkk), MTV Bujang, MTV Cribs bahkan MTV Salam Dangdut pun gue tongkrongin juga hahaha. Jaman-jamannya SD dan SMP gue udah kenal dan hafal lagu-lagunya Blink 182,Green Day, Linkin Park yaa dari MTV ini. Dan yang membuat kangen gue adalah tingkah polah VJ nya, bukan maksud membandingkan tapi VJ yang sekarang kualitasnya jauh banget dari senior mereka yang di tahun 90-an. Entah kenapa sekarang MTV tidak ada yang menyiarkan lagi, yang gue denger ada beberapa faktor yang membuat MTV hilang mulai dari rendahnya rating hingga tidak adanya stasiun tv Indo yang mau menyiarkannya.




MTV Indonesia pertama kali tayang pada tahun 1993, waktu itu masih numpang sama Anteve. Dan saat itu kita sudah terhibur dengan acara dan VJ (Video Jokey) yang kala itu masih diisi Sarah Sechan, Jamie Aditya, Alex Abbad, Shanty, Nirina Zubir dan Arie Untung yang lihai dalam membawakan acara MTV dan sesekali dibumbui dengan tingkah polah mereka yang lucu tanpa dipaksakan yang kalo bisa digaris bawahi sangat-sangat berkualitas. Berbeda dengan saat ini dimana presenter musik hanya dipilih berdasarkan tampang dan keahlian untuk melawak (itu yang saya lihat) bahkan mirisnya terkadang presenter acara musik zaman sekarang mungkin tidak tahu esensi musik itu sendiri, sehingga jika mereka melakukan wawancara pada musisi terlihat ketidakmampuan mereka menguasai pengetahuan dasar tentang musik sekalipun.



Bicara tentang MTV tidak bisa dipisahkan dari seorang VJ (Video Jockey). Hal ini dikarenakan seorang VJ adalah elemen penting yang bisa menghidupkan atau malah mematikan unsur kreatif dalam sebuah acara yang dibuat oleh MTV. Sebagus apapun konsep yang dibuat oleh kru MTV namun jika tidak dibawakan dengan baik oleh seorang VJ maka unsur kreatif dari acara tersebut akan berkurang. Pada era MTV saat kemunculan pertama (tahun 1993) kita dimanjakan dengan kehadiran VJ Sarah Sechan, VJ Jamie Aditya, VJ Shanty dan VJ Alex Abbad atau yang dari luar negeri seperti VJ Utt (Thailand), VJ Nadya Hutagalung (singapura), VJ Denise (Singapura) dan VJ Mike kaseem. Vj yang saya sebut tadi merupakan deretan VJ terbaik yang dimiliki oleh Asia Tenggara dan kita bangga karena beberapa adalah wakil dari Indonesia. gaya Sarah Sechan yang ngocol namun kocak adalah cirri khasnya yang membuat dia berbeda dengan VJ lain dan gue masih inget video klip parody Sarah Sechan yang niruin gayanya Britney Spears dengan lagu “Baby one more time” sumpahh itu kocak parahh.. hahaha. Sementara Vj Jamie Aditya terkenal karena gayanya yang ndeso dan garing tapi itulah yang membuatnya mudah diingat oleh anak nongkrong MTV lalu Alex Abbad yang ganteng dan cool adalah favorit remaja wanita pada masa itu dan Shanty dengan gayanya yang cuek dan wajahnya yang Indonesia banget siapa yang ngga kenal coba.



Spoiler for SARAH SECHAN:


Spoiler for JAMIE ADITYA:


Spoiler for NIRINA ZUBIR:


Spoiler for SHANTI:


Spoiler for ALEX ABBAD:


Spoiler for TAYA , UTT ,DENISE:


Pada saat kemunculan pertama MTV memang didukung dengan kualitas dan kuantitas musik Indonesia yang baik. Band atau Solois yang beraliran pop mainstream sangat banyak dan berlomba-lomba memberikan karya yang terbaik bagi masyarakat. Slank, Dewa 19, SO7, Padi, Jamrud, Oppie Andaresta, nugie dll adalah sebagian musisi yang mencapai kesuksesan pada era 90-an selain memang musikalitas mereka yang bagus faktor yang membuat mereka sukses adalah keberadaan MTV itu sendiri. Belum lagi munculnya genre-genre musik terbaru, kita tentu tau musik Rap, Ska dan musik parodi berkembang sangat pesat di era ini dan itu semua diakomodir oleh MTV.


Setelah menumpang di Anteve dari tahun 1993, sekitar tahun 2002 muncul stasiun Tv baru yaitu Global TV. Karena Global TV saat itu belum mempunyai program acara tersendiri maka MTV Indonesia ditawari untuk mengisi dan tidak tanggung-tanggung selama hampir 24 jam Global TV diisi oleh siaran MTV. Dari situ munculah acara seperti MTV Ampuh, MTV Getar cinta termasuk ajang pencarian VJ Hunt. Slogan Anak nongkrong sempat berganti dengan jargon “MTV gue banget”.


Spoiler for FAVORIT GW "MTV BUJANG":


Spoiler for MTV GLOBAL ROOM :


Quote:


Quote:
emoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kiss


Spoiler for PERBEDAAN SAMA ACARA MUSIK ZAMAN SEKARANG :


[URL="http://oldschool90an.blogspot.com/2013/01/anak-nongkrong-mtv.html "]SUMUR BOR [/URL]


Diubah oleh leodiscjoki 08-05-2014 02:55
0
10.4K
82
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.