• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Jayapura, Jumlah pengidap penyakit HIV/AIDS di Papua sangat tinggi dan cara penularan

irfandrochaAvatar border
TS
irfandrocha
Jayapura, Jumlah pengidap penyakit HIV/AIDS di Papua sangat tinggi dan cara penularan
Jayapura, Jumlah pengidap penyakit HIV/AIDS di Papua sangat tinggi dan cara penularannya 98 persen melalui hubungan seksual, padahal secara nasional 50,1 persen terjadi akibat penyalahgunaan narkoba suntik.Demikian pula, secara nasional proporsi HIV/AIDS pada perempuan hanya sekitar 18 persen, tetapi di Papua justru berada pada angka yang cukup besar yaitu 48,5 persen.
Hal itu dikemukakan Menko Kesra, Aburizal Bakrie di Jayapura, Selasa (9/5) pada temu regional dalam rangka Akselerasi Program Penanggulangan HIV/AIDS di Tanah Papua.Acara tersebut berlangsung sejak 7 hingga12 Mei dan diikuti 29 kabupaten/kota se-Papua.Demikian juga penularan dari orangtua melalui ibu kepada bayinya kata Menko Kesra, di Papua menunjukan adanya peningkatan yang signifikan. Hal itu semua menunjukkan bahwa HIV/AIDS di daerah ini telah masuk ke dalam keluarga dan masyarakat umum. "Apabila dibiarkan, dampaknya tidak hanya akan dirasakan oleh keluarga atau masyarakat setempat, tetapi akan mempengaruhi seluruh upaya pembangunan dalam hal sumber daya manusia, social ekonomi, dan politik bahkan kestabilan dan keamanan bangsa," ujar Aburizal Bakrie yang juga Ketua Komisi Penanggulangan AIDS Nasional itu.
Dikatakan, semua pihak perlu memusatkan perhatian kepada aksi dengan kegiatan-kegiatan yang telah berhasil di negara lain. Misalnya, HIV/AIDS dapat dicegah dengan cara memberikan informasi yang benar dengan pendidikan keterampilan hidup bagi remaja dan generasi muda.TertinggiData terakhir Dinas Kesehatan Provinsi Papua per 31 maret 2006 meyebutkan angka HIV/AIDS Papua 2.179 kasus. Sebanyak 1.226 kasus HIV dan 973 AIDS, dan 289 sudah meninggal. Kasus HIV/AIDS terbanyak justru pada kelompok usia produktif (15-39 tahun), yakni sekitar 75,2 persen. Jumlah kasus HIV/AIDS tertinggi pada kelompok umur 20-29 tahun, yaitu sebanyak 916 kasus, kelompok umur 30-39 tahun 544 kasus dan kelompok umur 40-49 tahun 203 kasus.Epedemi HIV/AIDS di Papua menyebar dalam populasi umum (generaziled epidemic). Lebih dari 90 persen penyebarannya melalui hubungan seks.


ini trit ketiga ane waktu masih newbie emoticon-Matabelo
Diubah oleh irfandrocha 19-01-2013 13:35
0
2.4K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.