adiepoeteraAvatar border
TS
adiepoetera
tanaman untuk menangulangi polusi?ya yang satu ini gan..
Musim hujan baru saja selesai belum lama ini,masyarakat sudah mulai merasa lega. Pada saat musim hujan datang, sebagian warga yang setiap tahunnya di datangi banjir pasti akan diselimuti rasa cemas dan khawatir akan datangnya banjir secara tiba-tiba.

Banjir yang datang secara tiba-tiba ini sering kali disebabkan oleh luapan air sungai yang begitu cepat dan masiv sehingga menyebabkan tanggul sungai tidak mampu menahan aliran air yang begitu kuat sehingga menyebabkan tanggul sungai jebol. Untuk mengatasi hal ini, bang idin sang pendekar lingkungan dari kali pasanggrahan memiliki solusi, yaitu dengan menanam pohon bambu di sepanjang aliran sungai. Tanaman bambu ini bisa menjadi alternatif penghilang kekhawatiran itu, karena tanaman bambu ini bisa dijadikan tanaman penangkal Banjir. Bambu bermanfaat untuk mencegah tanah longsor dan bambu juga memiliki manfaat sebagai penangkal erosi. Sungguh tanaman yang hebat. Mengapa bisa demikian ?

Ternyata, tanaman bambu ini memiliki akar rimpang yang sangat kuat. Struktur akar ini menjadikan bambu dapat mengikat tanah dan air dengan baik bila dibandingkan dengan pepohonan yang hanya mampu menyerap air hujan 35 % hingga 40%. Sedangkan tanaman bambu dapat menyerap air hujan hingga 90 %. Hal inilah yang menyebabkan, tanaman bambu ini bisa dijadikan sebagai tanaman penangkal banjir dan bencana alam lainya.

Tanaman bambu ini merupakan tanaman yang baik untuk dijadikan sebagai tanaman reboisasi. Kemampuan bambu dalam menyerap air menjadi salah satu faktor pendukung tanaman bambu ini baik untuk dijadikan tanaman reboisasi. Penelitian di akademi beijing dan xu xiaoging membuktikan, ketika mereka melakukan penanaman dan perencanaan hutan dengan melakukan studi banding hutan pinus dan bambu pada DAS (Daerah Aliran Sungai). Ternyata daerah yang ditanami bambu memiliki air bawah tanah yang lebih besar dibandingkan dengan daerah yang ditanami pohon pinus. Oleh karena itu, tanaman bambu sangat cocok dijadikan sebagai pilihan utama untuk reboisasi.
Pertumbuhan yang sangat cepat juga merupakan faktor pendukung tanaman bambu sebagai tanaman untuk reboisasi. Tanaman yang tumbuh tegak lurus ini juga mudah untuk di tanam karena tidak memiliki perawatan khusus dalam pertumbuhannya. Bahkan dalam usia 3 sampai 5 tahun bambu dapat di panen setiap tahunnya. Namun jangan khawatir, karena pemanenan bambu ini tidak akan merusak rumpunnya.

Tanaman bambu dapat dikatakan sebagai tanaman pecinta lingkungan karena memiliki banyak manfaat bagi lingkungan. Selain meredam air, bambu ternyata juga memiliki kemampuan peredam suara yang baik. Selain itu, tanaman ini dapat menghasilkan banyak oksigen sehingga dapat ditanam di pusat pemukiman dan pembatas jalan raya untuk mengurangi pencemaran suara.

So guys..yuk mari kita jadikan lingkungan kita lebih hijau dengan menanam tanaman yang memiliki begitu banyak manfaat ini.

Salam hijau.

Dari berbagai sumber.
0
2.4K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Green Lifestyle
Green LifestyleKASKUS Official
3KThread3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.