Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

SempoegAvatar border
TS
Sempoeg
Beli rumah malah dapet duit? begini caranya!
Hallo agan - agan wati kaskuser semuanya!

Sesuai judul, ane mau coba share gimana caranya beli rumah gak pake DP malah dapet duit. Simak yak!

Rumah memang menjadi kebutuhan pokok, tapi untuk lokasi setrategis harga rumah kadang gak masuk akal. Boleh dibilang, secepat apapun kita menabung pasti lebih cepat harga kenaikan rumahnya dibanding tabungannnya. Dan kalaupun ada rumah harganya terjangkau, bisa dipastikan lokasinya jauh diujung dunia, istilah orang-orang lokasinya tempat jin buang anak. emoticon-Ngakak

Masalah lain adalah, mungkin kebanyakan orang mampu untuk membayar cicilan rumah yang mereka beli tapi sangat berat untuk membayar DPnya, dg peraturan terbaru untuk DP adalah 30% dari harga rumah. Jika harga rumah rata-rata Type 36 dikawasan berkembang (serpong, depok, cibubur, dll) adalah 400jtan, maka agan harus menggelontorkan uang sebanyak 150an jt untuk DPnya. Berat kan?

Oke, lalu solusi biar beli rumah gak pake DP malah dapet duit gimana?

1. Agan cari rumah seken yang dijual butuh.
Artinya rumah tersebut dijual dibawah harga pasaran karna orangnya butuh duit banget. Misal harga pasaran 500jt tapi doi jualnya hanya 350jt. Langkah selanjutnya adalah agan dateng ke bank untuk meminta bank menaksir harga rumah tersebut, agan bilang ke bank rumahnya dijual 500jt (agan janijan dl nih ama yg punya rumah, biar kalo bank nanya ke yang punya rumah bilangnya dijual 500jt). Biasanya bank mengecek data bukan hanya dari NJOP tapi juga dari harga pasaran yang berlaku. Dan bank pasti mengeluarkan maksimal 80% dari taksiran (tentunya menyesuaikan kemampuan cicil agan). Jadi rumah tersebut nilainya 500jt x 80% = 400jt. Nah agan dapet duit tuh 400jt dari bank, bayarin dah rumahnya 350jt, agan masih dapet lebihan 50jt. Mayan kan buat beli mobil. emoticon-Malu (S) .Untuk lama prosesnya sampe akad kredit (rata-rata bank) kurang lebih 2 minggu - 1 bulan.

2. Cari perumahan baru yang baru opening.
Untuk perumahan baru (cari yang developernya bagus), agan biasanya mesti keluar uang dulu buat booking fee, biasanya kisaran 2.5jt - 5jt. Nah agan ajak diskusi developernya, agan bilang di form pemesanan rumahnya harganya minta tolong dinaikin. Seperti contoh diatas, misal rumah baru tersebut harganya 400jt, agan bilang suruh naikin jadi 500-600jt. Loh kan bank bisa ngecek harga ke lokasi? Tenang aja, bank itu jarang ngecek lokasi untuk rumah baru, mereka nunggu surat dateng doank dikantor, dan biasanya mereka percaya aja ama developer, apalagi developernya udh dipercaya ama bank, makin lancar dah urusan. Seperti ilustrasi diatas jika developer bilang ke banknya 600jt, maka 80% dari 600jt itu 480jt, agan masih bisa dapet lebihan 80jt loh, yah paling dipotong booking fee tadi. mayan kan bisa buat nambah istri baru. Loh? emoticon-Ngakak

Udah jelas semua kan gan? Mari menjadi konsumen cerdas, jangan takut untuk mencoba dan berusaha, daripada kita terus-terusan ngontrak dan perumahan-perumahan baru itu cuma jadi lahan investasi orang-orang berkantong tebal, yang seharusnya bukan hak mereka, tapi hak kita semua yang masih ngontrak.

Jangan banyak ragu lagi gan, langsung capcus hunting-hunting rumah. Ini bukan sekedar teori tanpa praktek, cara tersebut udah ane praktekin dan alhamdulillah berhasil.

Kalo dianggap bermanfaat jangan lupa emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star
Dan bila berkenan bagi emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Selamat berjuang dan semoga berhasil!
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
1.7K
14
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Entrepreneur Corner
Entrepreneur CornerKASKUS Official
22KThread4.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.