Semakin banyak toko online di dunia maya semakin mudah untuk kita mendapatkan barang yang kita cari. Bagi anda yang mempunyai waktu yang tidak terlalu banyak untuk pergi berbelanja, toko online adalah salah satu solusinya. Namun tidak semua toko online berlaku jujur dan tidak semua pula toko online berlaku curang.
Beberapa tips yang mungkin dapat membantu sebelum bertransaksi di toko online :
Spoiler for 1. Alamat Website Toko Online:
Perhatikan alamat website yang anda tuju. Alamat website yang berdomain gratis menggunakan akhiran seperti blogspot.com, wordpress.com, multiply.com dan lain sebagainya. Walaupun tidak semua, asumsi umum yang terjadi adalah usaha tersebut tidak memiliki rencana jangka panjang yang matang. Ada beberapa usaha yang memiliki alamat website dengan menggunakan akhiran blogspot.com, namun juga memiliki alamat facebook yang selalu update. Hal ini dapat menjadi pertimbangan tersendiri. Ada juga alamat …blogspot.com merupakan toko online yang terpercaya dan selalu melakukan update terhadap produknya dikarenakan cukup rumitnya bagi pengusaha pemula untuk memiliki direct domain .com
Alamat yang berdomain .co.id dapat menjadi pertimbangan berbelanja online, karena dalam kepemilikan domain .co.id pengajuan domain tersebut harus memiliki bentuk badan usaha dan memliki alamat yang jelas.
Dikatakan menipu karena ada seseorang yang dikirimkan sms dari nomor +6281998411401 yang isinya :
INFO RESMI : No. Anda dapat kejutan dr XL AXIATA edisi tahun 2014 dgn PIN (277fg49) u/info lebih lanjutcek PIN Anda di:http://gebyar-xl2014.blogspot.com
Spoiler for 2. Lihat Kepemilikan:
Untuk melihat kepemilikan atau jasa pembuat website anda dapat mengunjungi alamat berikut http://whois.domaintools.com/. Masukkan alamat website yang ingin anda tuju pada kolom “LOOKUP”. Anda akan melihat Update Date dan Creation Date.
Meski tidak mutlak negatif, beberapa website tidak menampilkan data detail seperti alamat Registrant email dan alamat lainnya dikarenakan masalah privacy protection untuk melindungi dari para Spammer.
Spoiler for 3. Alamat Jelas:
Beberapa toko online tidak menampilkan alamat jelas, namun tidak lantas bisa dikategorikan sebagai toko online yang tidak terpercaya. Alamat jelas dapat membantu calon pembeli untuk menjadikan pertimbangan bertransaksi. Umumnya, alamat jelas merupakan alamat dimana toko online tersebut beroperasi dan juga sebagai sarana bertransaksi secara offline.
Spoiler for 4. Penggunaan Media Chat Online:
Suatu usaha yang dapat dikatakan ingin maju haruslah memiliki nomor kontak yang mudah dihubungi. Penggunan aplikasi chat messenger seperti : Whatsapp, Yahoo Messenger, BBM, Kakao Talk, dan lainnya sudah sangat mudah didapat secara gratis. Umumnya, toko online sekarang sudah dilengkapi dengan berbagai atribut chat online agar memudahkan pembelinya untuk berkomunikasi.
Spoiler for 5. Harga Produk:
Kebanyakan konsumen pertama kali tertarik adalah harganya yang murah. Pemilik toko online-pun sebaliknya, akan terus mematai-matai toko dengan produk sejenis untuk memasang harga yang lebih murah. Pembeli hendaknya jeli memilih toko online yang percaya diri dengan harganya sendiri, meskipun tidak lebih murah dari produk sejenis yang dijual toko online lain. Jika pemilik toko online sudah percaya diri, maka diharapkan produk yang dijual sesuai dengan harganya.
Spoiler for 6. Berdoa:
Banyak sekali yang lupa akan poin ini. Membiasakan doa sebelum melakukan kegiatan adalah suatu hal yang diwajibkan dan juga dapat menghindarkan dari suatu yang tidak kita inginkan dan tidak kita ketahui. Biasakanlah berdoa sebelum melakukan kegiatan (secara umum) dan berdoalah sebelum melakukan transaksi jual beli online (khususnya)
Quote:
Tips di atas tidaklah secara mutlak namun perlu beberapa pertimbangan lain untuk dapat memutuskan terpercaya atau tidak. Ada anggapan website berbayar lebih bisa dipercaya daripada website gratisan karena kepemilikannya bisa dicek. Itu tidak sepenuhnya benar. Kepemilikan website bisa saja tidak sesuai. Yang perlu dicermati adalah kegiatan di website atau blog tersebut. Website atau blog belanja online yang lama tidak di-update ada beberapa kemungkinan, antara lain karena memang sudah ditinggalkan pemiliknya atau pemiliknya sibuk dengan toko offline-nya.
Ada pula yang beranggapan, yang aman adalah toko online yang juga memiliki toko offline. Ini juga tidak sepenuhnya benar. Karena ide adanya toko online adalah untuk mengurangi kegiatan jual beli offline. Bukti transfer, bukti pengiriman barang dan testimoni juga merupakan alat promosi toko online yang meyakinkan. Namun tetap ada kemungkinan keluhan konsumen. Toko online yang baik tidak akan takut mencantumkan keluhan konsumen, karena di dunia ini tidak ada yang sempurna. Tidak mungkin tidak ada kesalahan. Yang terpenting adalah toko online bertanggung jawab dengan semestinya.