Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
2094
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52f0a896faca1750240001f7/uang-palsu-di-atm-kok-bisa
Terima kasih momod udah dijadiin HT berkenan boleh di bagi :cendolbig :toast Kejadian ini dialami langsung oleh temen ane gan Kalo begini siapa yg bertanggung jawab ? menurut agan2 disini baga
Lapor Hansip
04-02-2014 15:45

UANG PALSU di ATM kok bisa ?

Past Hot Thread
Terima kasih momod udah dijadiin HT

UANG PALSU di ATM kok bisa ?


Quote:berkenan boleh di bagi emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Toast


Kejadian ini dialami langsung oleh temen ane gan

UANG PALSU di ATM kok bisa ?

Kalo begini siapa yg bertanggung jawab ?

menurut agan2 disini bagaimana ? emoticon-Matabelo

Sumber:

Quote:Original Posted By naishin
dulu pernah nanganin kasus kaya gini (ane mantan pegawai bank)
pernah ada nasabah komplain dapet uang palsu dari atm.
tapi dia ngambil di atm mana ngadunya ke unit kerja mana.dan dia ga bawa struk atm.jadi ga bisa kita proses karena kurangnya bukti hukum.

jadi gini,untuk atm itu ada beberapa yang pake vendor(pihak ketiga) kaya semacam T*G atau K**ar dkk.nah vendor ini cuma dapet uang dari cabang bank yang bersangkutan atau dari sentra kas.jadi ga diperiksa satu persatu.
FYI terkadang uang palsu itu bisa didapat di dalam gepokan uang yang banyak. tapi persentasenya ga besar (dalam 100jt uang kadang terdapat 1 lembar uang palsu).nah terkadang ini ni yang luput.

jadi saran saya dari kasus ini:

1.jika tarik tunai di ATM selalu cetak struk (jangan pernah dibuang sampai yakin uang tsb tidak ada masalah).
2.jika ingin komplain di bank, jangan di unit kerja yang kecil.
untuk kasus uang palsu,usahakan komplain di Kantor Cabang.
3.untuk berjaga2 bila ada komplain,mintalah nomor komplain anda pada CS dan apabila tidak diproses juga,bisa dimasukkan ke media (ini cara paling ampuh.bank pasti takut sama pemberitaan negatif).

sekian aja dari saya.mudah2an ga terulang lagi kejadian ini (pusing juga nanganin kasus kaya gini).hehehe

for TS, tolong ditaro di pejwan


Quote:Original Posted By coro_salto
Kebetulan ogut kerja di Vendor ATM gan. Memang semua mesin ATM tidak dilengkapi dengan sensor pendeteksi/scaner upal (uang palsu). Jadi mesin ATM itu hanya dilengkapi dengan pendeteksi dimensi uang (lebar, panjang dan ketebalan uang) sehingga upal yang mempunyai dimensi sesuai dengan uang asli otomatis ATM tersebut bisa mengeluarkan uang kecuali jika kondisi uang tersebut tidak sesuai dengan dimensi uang asli maka akan otomatis di reject. Konfigurasi ATM dengan CDM berbeda gan, kalau CDM dilengkapi dengan scaner yang berfungsi untuk mendeteksi uang tersebut asli/palsu.

Kemungkinan modus seperti yang agan alami ini dikarenakan pihak yang menyortir uang sengaja maupun tidak sengaja memasukkan upal tersebut ke kaset ATM.

Taruh page one gan.. emoticon-I Love Indonesia (S)


Quote:Original Posted By d3stroy3r
kebetulan kerja d bank, tp bukan d teller sih

prosedur sortirnya sebenrnya cukup banyak gan:
1.saat anda setor di teller : bila ada uang palsu dikembalikan ke nasabah
2.saat setor ke brankas / kas area : bila ada uang palsu , dikembalikan ke teller dan teller yang menanggung
3.bila 1 cabang kelebihan kas, maka akan diberikan ke cabang yg lebih tinggi di areanya / ke BI, itu pun di sortir lagi
4.walaupun pake vendor gan, yg ngisi seharsnya tetap petugas bank, dan disegel... jd vendor cuman delivery aja
5.mesin atm bisa menditeksi uang palsu , jd uang kita ada 4-5 blind spot yg tidak terlihat mata, tp bisa dibaca mesin, kl palsu, dia tidak bisa keluar mesin atm


karena apa?
mungkin saja terjadi, maaf : keluar dr atm, tukar saja duit asli dengan duit palsu..trus komplain ke costumer service bank tsb..itu bisa terjadi kan

makanya jd dr pihak bank sih harusnya saringanya udah banyak, jd posisi tetap lemah di pelanggan

semua proses sortir memakai metode 4 oyes approval, dalam artian ada terlibat lebih dr 1 orang untuk melakukan pemalsuan, ibarat kalo mau nuker duit d dalem atm dengan uang palsu, mereka harus melibatkan 2-3 orang , bahkan mungkin sampai atasnya, makanya kemungkinanya kecil juga

sekian, maaf kl ada salah2


Quote:Original Posted By rdian.jkt
Taro di page one;

Ane juga mantan karyawan di vendor ATM;

Di kantor ane untuk jasa pengisian uang di ATM disebutnya Replenishment, Jadi uang diambil dari bank terkait (customer) atau langsung ke gudangnya uang milik negara.

Setiap penerimaan uang dari bank terkait ataupun dari gudangnya uang milik negara, semua uang tersebut masuk ke bagian sortir,, yg kerja orang juga dimana tugasnya memeriksa lembar demi lembar apakah uang ntu palsu atau bukan. Dan apabila ditemukan uang palsu, uang tersebut tidak bisa di komplain ke bank pemberi dan jadi kerugian kantor ane dulu.

Problem di penyortiran karena masih manual jadi ada kemungkinan masih lolos uang palsu yang masuk ke dalam kaset (kotak buat nyimpen duit yang akan dimasukan ke ATM).

Terlepas dari prosedur kerja, ternyata oh ternyata uang dari gudang duit milik negara pun dulu sering kita dapetin ada uang palsu terselip dan kadang jumlahnya lumayan lho...




<== :: Jasa Menambahkan Follower Twitter Real Aktif 100% Indonesia :: ==>

Diubah oleh ekoalkautsar
profile-picture
tien212700 memberi reputasi
1
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 55 dari 106
UANG PALSU di ATM kok bisa ?
20-04-2014 19:02

Logika harusnya bisa di ganti

Ane mantan cs bank swasta pernah denger laporan kayak gini, bank tempat ane dulu bisa memproses laporan yang kayak gini, setelah laporan ke call centernya nanti dapet nomor laporan yang di tanya ma cs biasanya nomor seri uang, nomor mesin ATM, tanggal penarikan, pecahan berapa, saat penarikan uang tersebut berapa jumlah penarikannya, ntr cs mastikan dari data sesuai apa tidak ada penarikan di mesin tsb dan tanggal tersebut, nanti cs minta uang palsu tersebut di anter ke cabang terdekat dengan menyebutkan no lapor,di proses 7 hari kerja, nanti bagian terkait kordinasi dengan koordinator vendor atm untuk pengecekan data keseluruhan penarikan yang terjadi di mesin ATM tersebut, untuk mencocokan selisih jumlah uang sisa dengan total penarikan nasabah di ATM tersebut, kalau jumlahnya pas kemungkinan besar uang palsu tersebut benar dari mesin atm tersebut, kalau tidak pas jumlah selisihnya ya kemungkinan bukan berasal dari mesin tersebut (proses ini cuma menurut ane, sesuai atau tidaknya itu di luar sepengetahuan ane), nah ntr 7 hari kerja kedepan duit ente di masukan otomatis lagi ke rek ente, berhasil atau tidaknya uang ente balik jgn ngarep uang palsunya di balikin buat nyoba di bank lain, karena bukti uang palsu tsb di serahkan ke BI untuk di musnahkan.
0 0
0
UANG PALSU di ATM kok bisa ?
20-04-2014 19:03
memang dlm kasus2 ATM, nasabah 100% tergantung pada bank ... misalnya uang palsu ... pada saat komplain, apa buktinya duit itu emang keluar dari ATM yg dimaksud? bisa aja kan, terjadi sebaliknya ada yg nakal, pura2 ngambil duit dari ATM dan "katanya" uangnya palsu ... begitu juga kalau narik tunai, tapi duitnya enggak keluar .. kita komplain. klo bank nya memang pelayanannya bagus, komplain kita diterima ... tapi, klo dia bilang, menurut sistem, duitnya keliuar kok? kita bisa apa?

ngadu ke p*l*s* .. kan dia profesional, bekerja demi uang ... wani piro?
0 0
0
UANG PALSU di ATM kok bisa ?
20-04-2014 19:04
intinya klo g mau ketipu g usah nabung di bank..emoticon-Sorry
0 0
0
UANG PALSU di ATM kok bisa ?
20-04-2014 19:04
sebagai makhluk awam ane takut ada kejadian kaya ginihemoticon-Takut (S)
0 0
0
UANG PALSU di ATM kok bisa ?
20-04-2014 19:05
Ane pernahnya pas ngambil yang nominal Rp 100.000,00 ada uang Rp 10.000,00 yang nyempil gan emoticon-Hammer2
0 0
0
UANG PALSU di ATM kok bisa ?
20-04-2014 19:05
Eh Buset,ATM Aja Ada Uang Palsu Nya,hha
0 0
0
UANG PALSU di ATM kok bisa ?
20-04-2014 19:05
walaaah bisa gitu ya :3 bahaya kalo uang palsu banyak nih
0 0
0
UANG PALSU di ATM kok bisa ?
20-04-2014 19:05
yang pasti yang salah yang bikin uang palsu.. trus yang dapat uang palsu kok ga langsung di gunting atau di bakar.. tapi malah di terusin lagi ke korban yang lain..

ane pernah dapat uang palsu gan.. tapi ane juga pernah ngalamin. lihat orang setor di bank, dan salah satu uangnya di gepokan itu palsu.. tapi kok yang marah yang nyetor..

menurut ane wajar kalau langsung di gunting gan di depan nasabah.. coba bayangin kalau ga ketahuan.. pas ane narik, uangnya ke ane.. rugi siapa.. hehehe
0 0
0
UANG PALSU di ATM kok bisa ?
20-04-2014 19:08
nice info gan. biar bisa lebih hati hati neh kalau ambil uan emoticon-Mad (S)
0 0
0
UANG PALSU di ATM kok bisa ?
20-04-2014 19:09
Quote:Original Posted By deujavastore
pihak bank kgak tau menau gan soal begituan mah, urusan uang di atm kan dengan pihak lain yang suka ngisi2 duit tuh di atm, yang kerja disitu tuh bagian sortir duitnya kgak teliti emoticon-Matabelo


Tp kemungkinan kerjaan pegawai yg ngurus alias disengaja bisa aja kan gan???
0 0
0
UANG PALSU di ATM kok bisa ?
20-04-2014 19:09
Gw pernah kena sekali 50ribuan 1lembar palsu.
Komplain ke bank terkaitnya, ga digubris. Akhirnya buat bayar tol deh emoticon-Ngakak
0 0
0
UANG PALSU di ATM kok bisa ?
20-04-2014 19:09
hrs ati2 nih..
0 0
0
UANG PALSU di ATM kok bisa ?
20-04-2014 19:10
jadi abis ni gue harus cek dg baik dan benarr. gue ga nyangka selama ini. kirain si pasti aman dan asli kl dari atm
0 0
0
UANG PALSU di ATM kok bisa ?
20-04-2014 19:10
baru tau ane, ternyata di ATM juga ada uang palsunya, emoticon-Bingung
0 0
0
UANG PALSU di ATM kok bisa ?
20-04-2014 19:11
thanks infonya gan.. emoticon-Cool
0 0
0
UANG PALSU di ATM kok bisa ?
20-04-2014 19:11
Quote:Original Posted By sSeTea
Gw pernah kena sekali 50ribuan 1lembar palsu.
Komplain ke bank terkaitnya, ga digubris. Akhirnya buat bayar tol deh emoticon-Ngakak
hahah pinter jg akal ente gan?!? emoticon-Ngakak

0 0
0
UANG PALSU di ATM kok bisa ?
20-04-2014 19:12
ane udah 15 tahun jadi nasabah bank.
gaji juga masuk via transfer bank.
bersyukur belom pernah dapet uang palsu.
0 0
0
UANG PALSU di ATM kok bisa ?
20-04-2014 19:13
wow, ngeri juga ya.
mau ngotot juga pasti malu.
padahal tadi baru aja ambil uang banyak di atm.
moga aja gak ada yang palsu.
cek dolo ah..
0 0
0
UANG PALSU di ATM kok bisa ?
20-04-2014 19:14
ada to? untung ane jarang ambil atm gan, seringnya transfer aja
0 0
0
UANG PALSU di ATM kok bisa ?
20-04-2014 19:15
wah kok bisa ya
0 0
0
Halaman 55 dari 106
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia