Original Posted By oirocke►Halo sebelumnya saya ada masalah dengan kuota internet malam, lalu saya sampaikan pada SmartFren_CS tapi karena saya bernada marah mungkin beliau mengabaikan keluhan tersebut. Jadi kali ini saya akan mencoba mengangkat ke internal thread terlebih dahulu dengan bahasa yang mudah-mudahan sopan.
Sebelumnya, saya adalah pelanggan smartfren sejak era haier d1200p, lalu c700, dan beberapa seri modem hingga sekarang menggunakan modem smartfren huawei e176-2. Jadi sudah terbayang bukan seberapa loyalnya saya. Namun akhirnya ke-legowo-an saya berhenti pada masalah ini.
Kejadiannya adalah pada tanggal 7 April 2014, sekitar jam 01.15 saya menghidupkan koneksi internet modem saya untuk melakukan download sebuah film dan setelah film selesai ter-download sekitar jam 4 pagi (saya lupa persisnya) saya langsung memutus koneksi internet tersebut.
Namun terkejutnya saya melihat sisa kuota yang digunakan ternyata dari kuota utama.
Spoiler for screenshot idm:
screenshot ini saya ambil pada 9 april 2014 pukul 00.30
Spoiler for screenshot kuota:
Total file yang saya download adalah sekitar 500MB, tapi mengapa sisa kuota internet malam saya masih 11.8GB?
Untuk menikmati kuota internet malam saya minimal sudah mematikan koneksi internet 15 menit sebelum waktu dimulainya kuota internet malam seperti yang telah ditetapkan yaitu pukul 01.00. Tapi kenapa salah pemotongan kuota masih bisa terjadi, padahal secara waktu saya telah tepat berada di waktu internet malam?
Anehnya jika melihat di my.smartfren.com log untuk tanggal tersebut tidak tercatat. Saya buka dari android karena usage history tidak ditemukan jika menggunakan laptop.
Spoiler for screenshot log:
Yang lebih aneh lagi ternyata kuota utama bisa juga tersedot pada waktu internet malam aktif. Coba perhatikan kotak merah didalam kotak biru.
Spoiler for screenshot aneh:
Kesimpulan yang bisa saya ambil adalah sistem yang diterapkan smartfren tidak sesuai dengan apa yang di ungkapkan sehingga menimbulkan kerugian dipihak konsumen. Atau pendapat saya yang lain mengatakan smartfren dengan sengaja melakukan kecurangan untuk mengambil keuntungan dari konsumen dengan mengabaikan hak konsumen.
Saya berharap ada penjelasan dari SmartFren_CS. Jika tidak ada respon dalam 2x24 jam mungkin akan saya post di surat pembaca.
Terima kasih
Saya sudah mendapatkan PM dari yang bersangkutan namun sesuai dugaan saya sebelum menulis post diatas bahwa smartfren akan berkilah bahwa saya menghidupkan internet sejak jam 21 dihari sebelumnya. Padahal saya dengan sangat sadar telah mematikan koneksi internet sebelumnya dan menyambungkan kembali sekitar pukul 01.15.
Jika dibandingkan dengan provider lain yang juga menggunakan sistem internet serupa yaitu indosat. Saya tidak pernah mengalami hal seperti ini. Saya menyetakan kekecewaan saya kepada smartfren, namun saya tidak menuntut apapun. Semoga memberi pelajaran bagi kita semua.
Terima Kasih
0
16.7K
Kutip
34
Balasan
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!