- Beranda
- Dunia Kerja & Profesi
yang bikin lamaran ente ditolak
...
TS
pahlawanselapa
yang bikin lamaran ente ditolak
Quote:
ane sebagai HRD salah satu perusahaan IT pengen bagi cerita nih ke agan2, sapa tau ada manfaatnya,
selama ini ane rada kecewa ke orang-orang yg ngelamar ke perusahaan tempat ane kerja , terutama yang ngelamar viaemail .
selain rasa kecewa ane, ane juga sering tuh baca2 tentang susahnya nyari kerja, atau susahnya diterima kerja. yah menurut ane kesalahan dalam menyampaikan surat lamaran kerja, cv, dsb via email juga pengaruh
beberapa kali ane buka lowongan perkejaan ane temui kesalahan2 yg bikin ente gak bakal ane terima , ane fokuskan ke lamaran via email.
biasanya ane kalo masang lowongan ane meminta cv,transkip, dan gaji yd diharapkan
cekidot gan
selama ini ane rada kecewa ke orang-orang yg ngelamar ke perusahaan tempat ane kerja , terutama yang ngelamar viaemail .
selain rasa kecewa ane, ane juga sering tuh baca2 tentang susahnya nyari kerja, atau susahnya diterima kerja. yah menurut ane kesalahan dalam menyampaikan surat lamaran kerja, cv, dsb via email juga pengaruh
beberapa kali ane buka lowongan perkejaan ane temui kesalahan2 yg bikin ente gak bakal ane terima , ane fokuskan ke lamaran via email.
biasanya ane kalo masang lowongan ane meminta cv,transkip, dan gaji yd diharapkan
cekidot gan
Quote:
1. Subject saat mengirim Lamaran pekerjaan
nih ane paling sering dapet subject "lowongan pekerjaan" / "mau ngelamar kerja"
yang ane tangkap dari kata "lowongan pekerjaan" adalah
artinya ente memberi tau lowongan perkejaan kepada ane
saran ane ente sebutkan Lamaran pekerjaan + (posisi jika perlu), contoh Lamaran Pekerjaan - ADMIN
Quote:
2. surat lamaran tanpa tanggal/tanggal kadaluwarsa
pernah ane buka lowongan bulan maret 2014, eh yg ngelamar malah nulis tanggalnya "jakarta, 13 desember 2013":
ane tau ente mengcompress semua berkas ke 1 file zip/rar .
dan karena ngelamar di banyak tempat jadi ente nggak exrtrak dan ngedit lagi itu surat lamaran sebelum ente kirim lagi ke perusahaan lain.
kalo HRD nya orang seperti ane sudah pasti hal-hal kecil seperti ini bakal bikin ane males buat merekrut ente.
lah wong ente aja kagak serius buat bikin surat lamaran.
saran ane mending surat lamarannya diketik aja di body emailnya
contoh yg ane demen:
Spoiler for CONTOH:
Quote:
3.nama attachment seenak jidat
rada males kalo baca attachemntnya seperti ini :
Saran ane sih kasi nama sesuai yang ente kirim,
kalo ngirim attachemnt ijasah, ya ente tulis IJASAH,
kalo attachment CV ya ente ketik aja CV jangan 01.jpg. dsb..
tapi yang ane harapkan ente jadikan 1 file zip/rar dan tulis "CV_nama ente"
contoh CV_BUDIOMO.zip
Spoiler for contoh :
Quote:
4. ukuran yg terlalu besar, 2mb keatas
karena ini email perusahaan ane takutnya ente malah dapet inbox pesan "mailer-daemon" karena email ane gak bisa nerima ukuran besar
saran ane :
1.kalo ente bikin formatnya PDF ane saranin ente compress dulu , donload aja di http://www.freepdfcompressor.com
Spoiler for pdfcompress:
2. kalo ente masukin berkas JPG ane saranin ente compress juga, saran ane pake FSPhotoresizer http://www.faststone.org/FSResizerDownload.htm
Spoiler for photoresizer:
3. kalo ente formatnya DOC, ane saranin ubah ke DOCX karena ukurannya lebih kecil dari DOC,
4. dan kalo ente masukin Transkip, foto, KTP , ijasah ke 1 file DOCX ane saranin sebelum di INSERT, ente compress dlu
Quote:
5. suka menyingkat,
kadang ane males bgt gan kalo baca yg beginian, kesannya ngga niat amat mau ngelamar, soalnya yang ane tanyakan tiap interview itu "sebesar apa harapan anda bergabung dengan perusahaan kami??"
nah kalo nulis email aja singkat , gak jelas gini kesan pertamanya ane nangkep nih orang gak serius ngelamar
"dgn ini sy melamar ke prushan bpk, smua sy lmpirkan di attachment"
"gator sy hrp > 4"
"gapok 2,8jt"
sarjana kok gitu tata bahasanya
ente kira mau smsan
tulislah dengan baik dan benar walaupun lewat email gak ada salahnya ente bersikap formal
Quote:
6. Jelaskan KEAHLIAN & PENGALAMAN KERJA enteini optional gan. Tiap hrd punya penilaian masihg2.. Ini menurut pandangan ane. Dan ini hal yang bikin ane ngga manggil buat interview, pelamar hanya mencantumkan kehalian TANPA PENJELASAN atau yang sudah berpengalaman TIDAK MENJELASKAN Job desk dia di perusahaan sebelumnya
saran ane ente jelaskan tapi jangan terlalu panjang, cukup intinya saja:
#contoh buat Keahlian :
misal :
Jaringan : saya bisa merancang dan memasang Large scale LAN, bisa radio dsb..
MIcrosoft excel : saya menguasai beberapa formula & fungsi dasar, / saya bisa menggunakan excel dengan semua formula nya
Photoshop : meski tak begitu mahir, tapi saya bisa melakukan editing photo.
HTML,CSS : saya mengerti dan memahami konsep HTML& css sepenuhnya
C# : saya bisa MVVM , saya bisa membuat aplikasi dengan cepat
#contoh buat Pengalaman:
misal ente dulu pengalaman jadi TEKNISI, ente jelaskan dulu di perusahaan A yang saya kerjakan adalah mereparasi PC, selain itu pernah ikut proyek cyber campus, etc
kemudian di perusahaan B saya sebagai admin yang saya kerjakan adalah membuat laporan harian, mingguan, etc
saran ane ente jelaskan tapi jangan terlalu panjang, cukup intinya saja:
#contoh buat Keahlian :
misal :
Jaringan : saya bisa merancang dan memasang Large scale LAN, bisa radio dsb..
MIcrosoft excel : saya menguasai beberapa formula & fungsi dasar, / saya bisa menggunakan excel dengan semua formula nya
Photoshop : meski tak begitu mahir, tapi saya bisa melakukan editing photo.
HTML,CSS : saya mengerti dan memahami konsep HTML& css sepenuhnya
C# : saya bisa MVVM , saya bisa membuat aplikasi dengan cepat
#contoh buat Pengalaman:
misal ente dulu pengalaman jadi TEKNISI, ente jelaskan dulu di perusahaan A yang saya kerjakan adalah mereparasi PC, selain itu pernah ikut proyek cyber campus, etc
kemudian di perusahaan B saya sebagai admin yang saya kerjakan adalah membuat laporan harian, mingguan, etc
Quote:
7. ada yang mau nambahin?
sebenernya masih ada beberapa hal yg bikin ane nolak surat lamaran,seperti Penggunaan nama 4L4y nama beken, nama binatang, hal2 berbau porno
contoh:
budi_coolbgt@nyahok.com
sapigombal@nyahok.com
tarjo_cute@nyahok.com
tapi masih ane maklumin, tapi 6 point diatas itu yang paling sering jadi kesalahan fatal buat ane
sedikit cerita, ane pernah dapet pelamar dengan emailk***t*l_bernanah@nyahok.com langsung ane delete emailnya tanpa basa basi
ane mau tidur dulu gan
Quote:
Original Posted By kristi28288►
Ane jg gan..lebih sneng jg dijadiin 1 file rar ato dlm 1 file pdf tapi max 2MB..Biar gampang liatnya..
Ane jg gan..lebih sneng jg dijadiin 1 file rar ato dlm 1 file pdf tapi max 2MB..Biar gampang liatnya..
Quote:
Original Posted By calegstres►1 lagi gan, salam kirim alamat email.
yang ini fatal gan boro2 dibaca, nyampe aja kagak
yang ini fatal gan boro2 dibaca, nyampe aja kagak
Quote:
Original Posted By AgoenkWestville►dimana2 klo nglamar pekerjaan ya harus formal. klo nglamar ga formal ntar dikerjaan bisa ditebak bakalan ga bisa menempatkan diri dengan keadaan sekitar dan mengangap remeh sesuatu hal.
Quote:
Original Posted By clasicman►tergantung gan kalo perusahaan udah dapet yang dia mau biasanya yang laennya ga di peduliin
Quote:
Original Posted By RyanFerd►yang paling fail ya itu disingkat singkat, kadang suka ga sadar karena udah jadi kebiasaan entah di sms bbm dll
lu kira ngelamar kerja ke kantor engkong lu
lu kira ngelamar kerja ke kantor engkong lu
Quote:
Original Posted By LarsM►Sedikit tambahan, tapi pasti dikiranya ngelawak, tapi ada benernya juga,
1. Pakai bahasa sopan dan jangan terlalu gaul
Misal :
Yang Salah
Dear Ibu/Bapak HRD di perusahaan
Apakabar, bagaimana kesehata bapak/ibu di sana, semoga baik2 saja, saya disinipun baik2 saja, dan saya mengirim email karena bapak/ibu sedang mencari karyawan, mungkin sayalah yang di cari. Boleh kan bu. Dan seterusnya...
Yang Benar
Yth, bapak/Ibu HRM di tempat
Dengan hormat, melalu surat/email ini saya ingin melamar pekerjaan yang bapak/ibu buka di iklan koran/media pada tanggal 12 Maret 2014, saya bernama dan seterusnya
Intinya kalau mengirim surat lamaran harus pada intinya jangan bertele-tele, Singkat (bukan bener2 singkat banget ya ), padat dan jelas.
Itu aja dari ane, dan satu agi gunakan bahsa baik dan benar jangan gunakan kata2 aneh kaya Gue, Yo man, apakabar, atau sejenisnya.
1. Pakai bahasa sopan dan jangan terlalu gaul
Misal :
Yang Salah
Dear Ibu/Bapak HRD di perusahaan
Apakabar, bagaimana kesehata bapak/ibu di sana, semoga baik2 saja, saya disinipun baik2 saja, dan saya mengirim email karena bapak/ibu sedang mencari karyawan, mungkin sayalah yang di cari. Boleh kan bu. Dan seterusnya...
Yang Benar
Yth, bapak/Ibu HRM di tempat
Dengan hormat, melalu surat/email ini saya ingin melamar pekerjaan yang bapak/ibu buka di iklan koran/media pada tanggal 12 Maret 2014, saya bernama dan seterusnya
Intinya kalau mengirim surat lamaran harus pada intinya jangan bertele-tele, Singkat (bukan bener2 singkat banget ya ), padat dan jelas.
Itu aja dari ane, dan satu agi gunakan bahsa baik dan benar jangan gunakan kata2 aneh kaya Gue, Yo man, apakabar, atau sejenisnya.
Quote:
Original Posted By phiii►Saya tambahin gan
Kalau saya nerima pegawai saya langsung lihat fotonya
bio datanya
Baru riwayat pendidikan
Kalau foto ga menarik lainya tidak saya buka
Kalau wawancara saya lihat cara ngomongnya
Kalau kayak anak alay lsg saya close
Kalau saya nerima pegawai saya langsung lihat fotonya
bio datanya
Baru riwayat pendidikan
Kalau foto ga menarik lainya tidak saya buka
Kalau wawancara saya lihat cara ngomongnya
Kalau kayak anak alay lsg saya close
Quote:
Original Posted By purnomosetiawan►PAS PHOTO...
Saya sering menemukan orang orang memasukkan lamaran pekerjaan dengan lampiran pas photo alakadarnya, mulai foto selfie pakai hp, photo dengan hp dengan latar tembok, pasphoto yang diedit latarnya tapi muka tetep berantakan, sampai hasil scan foto jadul.
Bagi saya pas photo itu penting, menunjukkan keseriusan seorang pencari kerja. Sepintar apapun jika tidak serius akan menjadi masalah.
Apa sih susahnya bikin pas photo yang bagus ? Tinggal datang ke studio foto dan harganya juga tidak mahal.
Kalau ketemu kayak gini, langsung masuk tong sampah gak perlu dilihat berkas berkas yang lain. Lagian kerja HRD itu menyortir ratusan sampai ribuan aplikasi tiap hari, gak mungkin dibaca satu satu. Pas Photo adalah salah satu sortiran awal.
Saya sering menemukan orang orang memasukkan lamaran pekerjaan dengan lampiran pas photo alakadarnya, mulai foto selfie pakai hp, photo dengan hp dengan latar tembok, pasphoto yang diedit latarnya tapi muka tetep berantakan, sampai hasil scan foto jadul.
Bagi saya pas photo itu penting, menunjukkan keseriusan seorang pencari kerja. Sepintar apapun jika tidak serius akan menjadi masalah.
Apa sih susahnya bikin pas photo yang bagus ? Tinggal datang ke studio foto dan harganya juga tidak mahal.
Kalau ketemu kayak gini, langsung masuk tong sampah gak perlu dilihat berkas berkas yang lain. Lagian kerja HRD itu menyortir ratusan sampai ribuan aplikasi tiap hari, gak mungkin dibaca satu satu. Pas Photo adalah salah satu sortiran awal.
Quote:
sekian gan trid singkat ane, semoga bermanfaat
SUMBER = EMAIL ane gan
Diubah oleh pahlawanselapa 21-07-2014 05:20
0
299.9K
Kutip
2.3K
Balasan
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Dunia Kerja & Profesi
37.1KThread•9.7KAnggota
Urutkan
Terlama
Komentar yang asik ya