Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

prabowo08Avatar border
TS
prabowo08
Belum Jadi Presiden Jokowi Sudah Bawa Perubahan Dalam Tradisi Politik Indonesia
Spoiler for PPP:


Jokowi berkali-kali menegaskan bahwa Indonesia menganut sistem presidensiil yang tidak mengenal istilah koalisi, pada deklarasi kerjasama PDIP-Nasdem mengusung Jokowi sebagai presiden, Jokowi menegaskan jika dia tidak akan meneruskan tradisi politik Indonesia berkoalisi untuk kemudian membagi-bagi jatah menteri bagi partai pendukung koalisinya.

Kita sendiri dapat melihat bahwa kabinet koalisi mengakibatkan presiden dan kabinet tersandera kepentingan-kepentingan banyak partai dan sering mengakibatkan konflik internal koalisi yang justru mengakibatkan kerja kabinet menjadi tidak efektif. Kabinet SBY contohnya, didukung 70% suara tapi tampak tidak efektif dan kadang ketika harus mengambil keputusan penting, partai yang berkoalisi tetap saja berbeda pendapat.

Jokowi mengambil inisiatif untuk mengatakan bahwa tradisi seperti itu adalah salah dan tidak akan dilanjutkan. Mengembalikan roh sistem presidensiil yang kuat dan menghentikan bagi-bagi kursi menteri bagi partai adalah langkah tidak populer, terbukti bahwa Fadli Zon dari Gerindra kemudian berkata bahwa Gerindra tidak akan mengikuti langkah Jokowi. Tapi kita dapat bersyukur bahwa Prabowo kemudian justru meniru langkah ini. Dalam deklarasi dukungan PPP, PPP menyebutkan bahwa mereka tidak meminta jatah menteri, tidak ada transaksi dan murni dilakukan demi membangun Indonesia yang lebih baik kedepannya.

Semoga langkah ini ditiru oleh semua partai kedepannya. Kita juga patut berikan apresiasi pada Jokowi yang sudah berani mengambil langkah tidak populer tapi benar daripada meneruskan langkah yang populer tapi salah.
anasabila
anasabila memberi reputasi
1
5K
21
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Pilih Capres & Caleg
Pilih Capres & CalegKASKUS Official
22.5KThread3.1KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.