studiostar7Avatar border
TS
studiostar7
Tips Macro Photo Murmer pakai Extension Tube + Lensa Telephoto
Wah akhirnya bisa sharring lagi diKaskus Tercinta ini … semoga aja gak repost ya ganbro emoticon-Smilie
ane mau sharing langkah langkah untuk Macro Photography Manual pakai Extension Tube dengan Lensa Telephoto. Kliatanya udah banyak ya yang sharing ini, tapi semoga yang pakai lensa telephoto baru postingan saya emoticon-Ngakak

Oke, langsung aja, kita siapkan senjatanya dulu :

DSLR 600D => jangan pakai mode live vid dari LCD ya pasti akan tampah gelap emoticon-Cape d... (S) jadi tetep kita pakai vie vinder) emoticon-I Love Indonesia (S)
Extension Tube => Harga 100ribuan saya pakai yang untuk Canon emoticon-I Love Indonesia (S)
Flash Yongnuo 460II => harganya 550ribuan kalau baru, saya pakai YN460II yangs econd dan itupun optiknya agak retak dikit harganya 350ribuan emoticon-I Love Indonesia (S)
Mini Softbox Disc 20cm => Harganya 100ribuan , pakai ini biar posisi bidangnya yang terkena flash menjadi lebih luas emoticon-I Love Indonesia (S)
Lensa EFS 28-135mm F3.5-5.6 => Lensa legendaris, format telephoto, udah agak longgar zoomnya tapi hasilnya masih tajam …harga 2jutaan emoticon-I Love Indonesia (S)

Nah Posisi Siap Tempur sebelum dipasangi EXTENSION TUBE adalah seperti ini.

Nah kita harus setting Lensanya dulu supaya DOF/ F nya bisa dapat bukaan yang sesuai harapan kita, secara ini nanti akan menjadi manual dan F akan terbaca F00 saat extubenya terpasang.

karena saya pakai body canon, kita pakai tombol DOF view yang ada dibawah tombol pelepas lensa.

Caranya :
1. Setting F dulu dibody, kalau saya lebih suka bukaan kecil diatas F11, supaya bidang ketajamannya luas. Saya setting di F14
2. Dalam keaadan BODY KAMERA ON, Tekan Tombol DOF view supaya BLADE LENSA yang awalnya terbuka lebar akan menutup sesuai settingan saya yaitu F14. Akan terdengar bunyinya saat kita tekan tombolnya
3. Masih dalam keadaan Body Kamera ON, Tekan Tombol DOF VIEW , kemudian TAHAN , kemudian dengan masih menahan TOMBOL DOF VIEW, jari yang lain membuka lensanya.
4. Saat lensa terlepas posisi DOF nya akan terkunci di F14, terlihata digambar ada bulatan kecil ditengah lensa
(

Nah setelah disetting seperti ini, lensa siap untuk digabungakna dengan Extension Tube dengan settingan MANUAL dan sesuaikan ISO dan shutter speednya … kalau Fnya pasti akan kebaca F00 , tapi jangan kuatir saat lensa terpasang posisi dengan Extube posisi Fnya masih akan terkunci di F14


Untuk Extension Tube, biasanya terdiri dari 3 RING, yaitu ring 1-2-3 .. karena saya pakai lensa TELEPHOTO yang sudah lumayan jauh posisi ZOOM nya saya pakai 2 RING saja yaitu RING 1 dan RING 3 …


Dan settingan lensa di setting ke MF saja, secara memang akan Manual Fokus


Nah siap kita cari Objectnya emoticon-Smilie
Oops hampir lupa untuk Flash Power sesuaikan saja ya, jika kurang terang ya Tambahi Power Gain nya emoticon-Smilie jikasudah mentok dan masih saja kurang terang ya Kurangi Shutter Speednya emoticon-Smilie

Ini Object Kita Hari Ini, bunga rumput didepan rumah. Posisi Ambil Fotonya pukul 11.00 dan tingkat cahaya tidak terlalu terang karena object dibawah pohon rindang.


Nah beberapa kali jepret, kita sesuaikan FOKUS dan ZOOMINGnya hasilnya seperti ini :


Final Data Exifnya :


Nah, ternyata bisa kan ternyata untuk Macro Extension Tube tidak harus selalu pakai lensa fix 50mm pakai lensa tele photo ataupun kit juga bisa kok emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)

Silahkan dicoba dengan berbagai Variasi RING EXTUBE dan LENSA yang digunakan. Kalau menurut saya kuncinya hanya di Bukaan F dan Pencahayaan CMIIW emoticon-Cape d... (S)

Nah beberapa hasil yang lain seperti ini :
Bunga Rumput Yang lain :


Embun DiUjung Rumput :


Jumper Sider :


Kalau sharing ini dirasa berguna, bisa dilempari cendolnya ya gan emoticon-Smilie
Salam Jepret emoticon-I Love Indonesia (S)

emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L):
0
14.3K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Photography
PhotographyKASKUS Official
14.2KThread4.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.