- Beranda
- The Lounge
Mulai Juni, Kereta Jarak Jauh Harus Masuk Jakarta Sebelum Jam 6 Pagi
...
TS
kurapikahunter
Mulai Juni, Kereta Jarak Jauh Harus Masuk Jakarta Sebelum Jam 6 Pagi
Mulai Juni, Kereta Jarak Jauh
Harus Masuk Jakarta Sebelum Jam 6 Pagi
Harus Masuk Jakarta Sebelum Jam 6 Pagi
Quote:
Quote:
Dalam upaya memberikan pelayanan yang maksimal terhadap para pengguna kereta rel listrik (KRL) Commuter Line Jabodetabek, PT Kereta Api Indonesia (KAI) berencana akan mengubah grafik perjalanan kereta (Gapeka) untuk kereta jarak jauh yang masuk dan keluar Jakarta.
Menurut rencana, per Juni 2014, semua kereta jarak tidak boleh lagi beroperasi di atas jam 06.00 WIB. "Mulai Juni nanti seluruh kereta jarak jauh dari luar kota sudah harus masuk Jakarta sebelum jam 06.00 WIB. Sehingga tidak berbarengan dengan KRL," kata Kepala Humas PT KAI Sugeng Priyono kepada Kompas.com, Kamis (17/4/2014) sore.
Sugeng menjelaskan, pengubahan Gapeka tersebut bertujuan agar KRL dapat mencapai jarak kedatangan antarkereta di stasiun (headway) sesering mungkin, terutama untuk menanggulangi kepadatan penumpang di pagi hari.
Meskipun demikian, kata Sugeng, perubahan jadwal Gapeka untuk kereta jarak jauh hanya akan diterapkan pada jadwal pagi.
"Kita prioritaskan yang pagi karena orang berangkat kerja kan tidak boleh terlambat. Kalau untuk jam sore, ada perubahan cuma tidak banyak, karena kan kalau sore tinggal pulang rumah saja kan," tukasnya.
Sebelumnya, Direktur Utama PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) Tri Handoyo mengakui, banyak permasalahan yang terjadi dalam layanan KRL Commuter Line Jabodetabek. Permasalahan tersebut, kata dia, meliputi seringnya gangguan sinyal dan headway yang kurang cepat.
Kedua hal itu terjadi karena usia alat persinyalan yang sudah tua, dan masih bercamburnya jalur KRL dengan jalur kereta jarak jauh, baik kereta penumpang maupun kereta barang.
Khusus mengenai jalur, Tri berujar, tidak seharusnya pengoperasian kereta perkotaan seperti KRL bercampur dengan jalur yang digunakan kereta jarak jauh. Kereta perkotaan membutuhkan pengaturan yang berbeda dari kereta jarak jauh karena jarak tempuh kereta perkotaan lebih singkat, namun membutuhkan kereta yang harus melintas sesering mungkin.
"Di seluruh dunia, track kereta komuter itu untuk dirinya sendiri. Kenapa, karena waktunya yang sangat pendek. Jadi pengaturannya sangat rinci. Jadi tidak boleh terganggu dengan kereta lain. Jadi ada ketepatan. Tapi yang seperti itu sukit dicapai apabila track masih dipakai bersama (kereta jarak jauh)," kata Tri di Stasiun Sudirman, tadi siang.
Karena itu, ia menyambut baik rencana pembangunan double track Manggarai-Bekasi. Menurutnya, langlah tersebut sangat tepat karena selama ini seringkali layanan KRL rute Jakarta-Bekasi sering terganggu akibat bergantian menggunakan jalur dengan kereta-kereta jarak jauh yang hendak menuju Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.
"Double track itu konsepnya sudah lama dan itu akan dibangun pemerintah. Jadi kereta antar kota punya track sendiri, KRL punya track sendiri. Jadi, tidak saling ganggu," ujarnya.
Menurut rencana, per Juni 2014, semua kereta jarak tidak boleh lagi beroperasi di atas jam 06.00 WIB. "Mulai Juni nanti seluruh kereta jarak jauh dari luar kota sudah harus masuk Jakarta sebelum jam 06.00 WIB. Sehingga tidak berbarengan dengan KRL," kata Kepala Humas PT KAI Sugeng Priyono kepada Kompas.com, Kamis (17/4/2014) sore.
Sugeng menjelaskan, pengubahan Gapeka tersebut bertujuan agar KRL dapat mencapai jarak kedatangan antarkereta di stasiun (headway) sesering mungkin, terutama untuk menanggulangi kepadatan penumpang di pagi hari.
Meskipun demikian, kata Sugeng, perubahan jadwal Gapeka untuk kereta jarak jauh hanya akan diterapkan pada jadwal pagi.
"Kita prioritaskan yang pagi karena orang berangkat kerja kan tidak boleh terlambat. Kalau untuk jam sore, ada perubahan cuma tidak banyak, karena kan kalau sore tinggal pulang rumah saja kan," tukasnya.
Sebelumnya, Direktur Utama PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) Tri Handoyo mengakui, banyak permasalahan yang terjadi dalam layanan KRL Commuter Line Jabodetabek. Permasalahan tersebut, kata dia, meliputi seringnya gangguan sinyal dan headway yang kurang cepat.
Kedua hal itu terjadi karena usia alat persinyalan yang sudah tua, dan masih bercamburnya jalur KRL dengan jalur kereta jarak jauh, baik kereta penumpang maupun kereta barang.
Khusus mengenai jalur, Tri berujar, tidak seharusnya pengoperasian kereta perkotaan seperti KRL bercampur dengan jalur yang digunakan kereta jarak jauh. Kereta perkotaan membutuhkan pengaturan yang berbeda dari kereta jarak jauh karena jarak tempuh kereta perkotaan lebih singkat, namun membutuhkan kereta yang harus melintas sesering mungkin.
"Di seluruh dunia, track kereta komuter itu untuk dirinya sendiri. Kenapa, karena waktunya yang sangat pendek. Jadi pengaturannya sangat rinci. Jadi tidak boleh terganggu dengan kereta lain. Jadi ada ketepatan. Tapi yang seperti itu sukit dicapai apabila track masih dipakai bersama (kereta jarak jauh)," kata Tri di Stasiun Sudirman, tadi siang.
Karena itu, ia menyambut baik rencana pembangunan double track Manggarai-Bekasi. Menurutnya, langlah tersebut sangat tepat karena selama ini seringkali layanan KRL rute Jakarta-Bekasi sering terganggu akibat bergantian menggunakan jalur dengan kereta-kereta jarak jauh yang hendak menuju Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.
"Double track itu konsepnya sudah lama dan itu akan dibangun pemerintah. Jadi kereta antar kota punya track sendiri, KRL punya track sendiri. Jadi, tidak saling ganggu," ujarnya.
[CENTER]sumber[/CENTER]
Quote:
Kalau pendapat TS ialah solusi terbaik adalah menetapkan double-double track Manggarai - Cikampek dikarenakan Line Bekasi - Cikarang sedang mengerjakan tahap untuk memperpanjang rute Commuter Line
Quote:
Semoga ini jalan terbaik bagi PT.KAI dan PT.KCJ
Ini dia tanggapan kaskuser
terimakasih gan telah berkunjung ke thread ane
hahaha itu karena fasilitas yang belum memadai pada KRL
iya gan semoga kedepannya terwujud ya
kalau menurut TS belum efektif karena bagaimana yang membawa barang-barang dengan kapasitas yang banyak
benar banget gan
yaps benar banget semoga DDT nya cepat terelasisasikan gan
Spoiler for Open:
Quote:
Original Posted By Dar3Human►oooh gitu gan, nice share
ga tau menau nih soal kereta keretaan hehehe
ga tau menau nih soal kereta keretaan hehehe
terimakasih gan telah berkunjung ke thread ane
Quote:
Original Posted By xperianz.toro►wah ibu2 hamil masih kebagian tempat duduk dong ?, dan dinda gak marah2 lagi
hahaha itu karena fasilitas yang belum memadai pada KRL
Quote:
Original Posted By ilhamaltifari19►mantap gan.
kalo bisa bagun doble trek jakarta banyuwangi
kalo bisa bagun doble trek jakarta banyuwangi
iya gan semoga kedepannya terwujud ya
Quote:
Original Posted By hantu69►kalo menurut ane sih,
lebih baek kalo kereta jarak jauh hanya sampai titik terluar jabotabek aja ,
kalo mau masuk jakarta silahkan nyambung KRL atau moda transportasi laen,
kasihan pengguna KRL.
lebih baek kalo kereta jarak jauh hanya sampai titik terluar jabotabek aja ,
kalo mau masuk jakarta silahkan nyambung KRL atau moda transportasi laen,
kasihan pengguna KRL.
kalau menurut TS belum efektif karena bagaimana yang membawa barang-barang dengan kapasitas yang banyak
Quote:
Original Posted By hynixs►kalau mau lebih efektif lagi ya ditambah jalurnya
benar banget gan
Quote:
Original Posted By akanya►iyah gan, tadi pagi jalur bekasi-jatinegara lagi gangguan.. ya memang digunakan secara bersama dengan KA jarak jauh.. konsep double-double track udah dari ane kecil gan taun 90an.. sampe sekarang baru pembebasan lahan.. ya paling macet itu klo hari senin, secara KA jarak jauh juga harus masuk jakarta on time, kan banyak juga para penglaju PJKA.. klo dulu taun 2000an masih di utamain KA jarak jauh, ya dari segi " kelas " emang beda, pasti ditahan di stasiun cakung, ane kan naik dari kranji, pasti di tahan di jalur 1..klo pulang ditahan dijalur 4 pas sore buat utamain KA jarak jauh jurusan sebaliknya.. hmm.. idealnya sih memang harus dipercepat jalur double ganda, jadi punya jalur masing-masing antar komuter dan KA jarak jauh...
yaps benar banget semoga DDT nya cepat terelasisasikan gan
Contoh Kereta eksekutif yang memasuki area jakarta sebelum jam 6 Pagi
Spoiler for Open:
Quote:
Quote:
Original Posted By kacoret►wah bener liat di gapeka baru juga gk ada yang masuk stasiun di jakarta, entah itu gambir atau kota yang pas diantara jam 6-7 pagi
contoh dibawah ini ada ka jarak yg eksekutif argo
masuk sekitar jam 4 di gambir, kalo liat ke bawah, rata-rata masuk antara jam 3-5 pagi
moga makin sip deh pelayanannya buat ptkai
contoh dibawah ini ada ka jarak yg eksekutif argo
masuk sekitar jam 4 di gambir, kalo liat ke bawah, rata-rata masuk antara jam 3-5 pagi
moga makin sip deh pelayanannya buat ptkai
TS :wah itu yang diblok kuning merupakan contoh KA Argo yang masuk jakarta sebelum jam 6 pagi ya?
Diubah oleh kurapikahunter 17-04-2014 14:24
koplakbinon17 memberi reputasi
1
3.5K
Kutip
35
Balasan
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
923.2KThread•83.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru