• Beranda
  • ...
  • Spiritual
  • Kumpulan Syair sederhana tentang Kodrat CINTA, ILMU & KEHIDUPAN [Update]

pustakaharjunaAvatar border
TS
pustakaharjuna
Kumpulan Syair sederhana tentang Kodrat CINTA, ILMU & KEHIDUPAN [Update]


Ulu salam kulonuwun Assalaamu alaykum. Rahayuuu emoticon-Smilie

Teriring salam tulus serta doa untuk Mimin, Momod, para Sesepuh Supra, para senior serta rekan Kaskuser yang saya cintai. Dengan penuh rasa hormat, dengan segala kerendahan hati - ijinkan saya ikut menyemarakan forum Supra yang penuh damai, guyub serta rukun ini dengan thread berupa kumpulan SYAIR sederhana tentang kodrat Ilmu, Wanita dan Kehidupan.

Jangan gusar jika syair tersebut seolah menggurui, syair itu BUKAN menggurui anda, tetapi menggurui sayasendiri, karena isinya adalah ajaran, pengingatan dari diri sejati atau sirr atau pancer atau ruh kudus atau atma atau Nur Muhammad saya sendiri kepada saya, dan saya menuliskan apa adanya. Tidak ada maksud apapun selain berusaha memberikan manfaat sebisa mungkin dari apa yang mampu kita berikan. Insya Allah saya UPDATE setiap hari nya. Sekali lagi terimakasih, maturnuwun. Rahayuu



Kumpulan syair pengajaran dan nasihat diri sejati saya kepada saya pribadi tentang Cinta, Wanita, Ilmu dan Kehidupan :

01. Bagaimana dirimu bisa mengharap Kasih Sayang dari Nya sedangkan dalam dirimu sendiri tidak hidup kasih sayang itu. Hidupkan kasih sayang dalam diri mu, niscaya AKU bersama dengan orang yang telah hidup kasih sayang dalam diri nya.

Terkadang manusia mengeluhkan tentang perlakuan manusia yang tidak ada rasa kasih dan sayang pada dirinya, berkeluh kesah dan menganggap Tuhan tidak memberikan kasih sayang NYA kepada nya, namun seringkali manusia lalai bahwa dalam dirinya sendiri tidak hidup sifat kasih sayang itu. Padahal kodrat alam bersifat sinergi, bagaimana mungkin kasih sayang dari luar diri bisa menyatu jika tidak ada hal itu di dalam diri.
Kodrat alam seperti kodrat wanita, yang adalah merupakan perwujudan sifat NYA, wanita tidak mungkin mendahului tapi harus di dului, dahulukan memberi (kasih), maka kau akan diberi, dahulukan menyayangi (sayang) maka kau akan mendapat balasan yang tidak pernah berhitung dari nya. Saatnya menghidupkan sifat Kasih Sayang dalam diri, sebarkan kepada sesama, dimulai dari diri sendiri, keluarga dan umat.

02. Tidak perlu teriak meminta diturunkannya rahmat dari Ku, hidupkan saja sifat rohman (pengasih) dalam dirimu, hidupkan sifat rohim (penyayang) dalam dirimu. Bersandingnya rohman-rohim adalah rahmat, tanpa diminta pun Aku selalu bersama mereka yang telah hidup sifat Ku dalam diri nya.

Jadilah manusia rahmatul alam, manusia yang selalu menebarkan rahmat (rohman-rohim) kepada diri, kepada manusia serta alam. Itulah manusia yang dirindukan dan didoakan oleh bumi kemana dia melangkah, di ayomi dan didoakan oleh langit kemana pun dia pergi. Sekujur raga dan langit diri nya dari ujung rambut sampai ujung kaki digunakan untuk menyebarkan manfaat pada sesama. Jadilah rahmatul alam, jika belum mampu melakukannya, maka jaga diri dari menjadi manusia laknatul alam, manusia yang selalu memberikan bekas kerusakan, pada diri, pada manusia pada alam.

03. Aku telah menitipkan jagad raya sebagai amanah untuk mu hai manusia, Aku telah menitipkan jagad diri mu sebagai amanah untuk mu. Amanah untuk menjaga, membina, dan menjadikan nya sebagai manfaat dirimu, menguatkan langkah mu sebagai pemimpin rahmatul alam. Kelak akan Aku tanyakan tanggung jawab mu terhadap amanah yang telah Aku titipkan pada mu “mana bekas manfaat yang kau berikan dengan titipan amanah Ku itu” ?

Banyak yang tidak menyadari bahwa alam jagad raya serta jagad diri kita, adalah titipan amanat dari Sang Maha Pencipta. Dititpkan untuk berbakti kepada 1 makhluk yang bernama manusia, mereka memasrahkan dirinya, untuk dimanfaatkan, digunakan, dinikmati, dibina guna menjadi manfaat untuk umat. Betapa banyak yang ketitipan amanat berupa jagad dirinya, tapi malah dirusak dan merusak, boro-boro memberikan manfaat, dan betapa banyak yang dikatakan pemimpin ketitipan amanat berupa alam serta rakyat yang meng amanat kan nya, tapi malah merusak amanah itu, merusak rakyat dan merusak alam. Nauzu billah, semoga dijauhkan diri kita dari sifat “khianat” itu. Ya Allah berikan kami kekuatan untuk selalu mampu menjaga amanah mu yaitu menjadi manusia yang manfaat kepada umat kepada alam. Wa maa arsalnaaka illaa rohmatan lil ‘alaamiin

04. Bagaimana kau mengharap restu (hablum minallah) dari Aku yang tidak nyata bagimu, sedangkan pada amanah nyata yang Aku titipkan pada mu saja kau abaikan. Dapatkan restu dari alam (hablum minal alam), dapatkan restu dari manusia (hablum minannas) bawalah kedua nya kehadapan Ku, nisaya restu dari Aku (hablum minallah) akan Ku berikan.

Betapa banyak manusia yang lalai, sibuk memuja memuji Allah, sedangkan raga diri nya, batin dirinya bukannya mendapatkan restu dan doa dari alam dan manusia karena perbuatannya yang selalu memberi manfaat, tapi malah menjadi tempat sumpah serapah kutukan dari manusia serta alam karena kelakuannya. Semoga kita diselamatkan dari perasaan diri yang tertipu - seolah telah menjadi manusia baik. Mari kita sama-sama perjuangkan mendapatkan restu manusia (hablum minannas) dan restu dari alam (hablum minal alam) untuk memenangkan restu dari Nya (hablum minallah).

05. Hai manusia bodoh !!, bukannya Aku tidak menjawab Doa mu, Aku selalu menjawab semua yang mengakui keagungan Ku. Tapi bagaimana jawaban doa Ku bisa sampai diterima dengan nyata mu sedangkan jembatan itu kau tiadakan. Bangun jembatan jawaban doa mu untuk mu yaitu restu dari manusia (hablum minan nas) serta restu dari alam (hablum minal alam), karena kedua nya adalah saluran jawaban Doa mu sendiri.

Seringkali manusia mengeluhkan doa nya yang dianggapnya tidak terjawab, padahal doa nya selalu dijawab. Jika eorang hamba berdoa kepada Nya memohon pertolonga, maka pertolongan itu dikirim oleh Nya melalui jembatan “alam atau manusia” di sekelilingnya. Tidak ada nya restu dari manusia (hablum minannas), tidak ada nya restu dari alam (hablum minal alam), bahkan yang ada hanya sumpah serapah kutukan laknat dari manusia dan alam, bagaimana mungkin jawaban doa itu bisa sampai diterima kepada nya?

06. Terkadang manusia hanya fokus mengeluhkan rizki bumi (materi) nya yang sedang surut, padahal DIA lebih tahu bahwa rizki langit mu berupa rizki kesehatan, ketentraman, perlindungan, ilmu, kemananan, kebahagiaan adalah lebih dibutuhkan mu disaat itu. Tetaplah meminta pada NYA, karena hanya DIA yang tidak pernah mengecewakan pada sang peminta yang mengakui keagungan NYA.

Pasang surut adalah kodrat alam yang tidak bisa dihindari, serta harus dipatuhi baik rela atau terpaksa. Disaat rizki bumi mu surut tidak perlu mengeluh, Tuhan lebih tahu mana yang kau butuhkan saat itu. Mintalah selalu yang terbaik pada NYA, dan jangan mengatur Tuhan tentang cara nya memberikan kepada mu, kapan nya, bagaimana nya.

07. Manusia kuat bukanlah manusia yang keras bagai cadas, kokohnya batu cadas dapat dihancurkan. Jadilah air, yang pasrah, sabar namun tidak dpt dihancurkan, dan pada saat yg diperlukan mampu meluluh lantak negeri dalam hitungan menit. Itulah sabar, itulah air.

08. Jawaban doa seperti jawaban cinta, terkadang seorang wanita enggan menitipkan cinta nya kepada mu dikhawatirkan kamu tidak mampu menerima tanggung jawab amanah itu. Maka begitulah jawaban cinta & jawaban doa, keduanya adalah amanah yang harus kau terima dengan tanggung jawabmu yang utuh sebagai pemimpin.

09. Jika seorang wanita tidak menghendaki mu, maka ia akan membiarkan mu, tidak akan menguji mu. Tapi jika ia menghendaki mu, maka ia akan memperhatikan mu, memperhitungkan mu serta menguji mu dengan berbagai ujian. Maka begitulah Tuhan memperlakukan hamba Nya. Hanya yang dikehendaki yang DIA uji.

Terkadang manusia mengeluh karena begitu banyak ujian yang menerpa dirinya. Padahal ia tidak menyadari bahwa dirinya yang terpilah, terpilih, dan dikehendaki oleh NYA sebagai nominasi pemenang cinta NYA.

10. On your feet warrior !! ... tetap tegar, tetap kukuh hadapi gempuran ujian kehidupan yang menghadangmu. Ingat, dulu dirimu pernah mengikuti sayembara akbar dengan 100.000.000 lebih peserta hanya untuk memenangkan 1 piala saja yaitu piala sel telur yang menyebabkan ada dirimu. Dan kau mampu mengalahkan semua pesaing itu. Tunjukkan kembali tegarmu, kokoh mu sebagaimana dulu dirimu.

11. Jika seorang wanita menitipkan cinta nya padamu, bukanlah karena harta dan kekuasaanmu melainkan karena dirimu lah yang ia kehendaki. Begitupun jika Tuhan sang Maha Cinta menitipkan cinta NYA padamu, bukan karena usaha mu, melainkan karena dirimu lah yang DIA kehendaki.

12. Hati wanita - sang penguasa cinta - berbolak balik mengikuti bolak baliknya "ketidaksetiaan" hati pria. Jika hati wanita tidak berbolak balik nisaya banyak pria yang tidak mendapatkan pintu kemaafan lagi dari wanita nya. Maka begitupun Tuhan - Sang Maha Penguasa Cinta, selalu dan selalu memberikan pengampunan kepada hamba NYA yang bolak balik membuat kekeliruan dan kesalahan. Sejauh hal itu TIDAK melibatkan aniaya terhadap hak diri manusia atau menduakan cinta NYA.

13. Wanita - sang penguasa cinta - tidak ada yang lebih membesarkan hatinya selain puja dan puji pengakuan mu rasa syukurmu atas cinta nya.. Begitupun Tuhan - Sang Maha Penguasa Cinta - Syukuri akui berikan puja dan puji pada "sang cinta sejati mu" yang merupakan percikan dzat KU yang menjadikan adamu.

Yang dimaksud cinta sejati adalah sirruloh, diri sejati, sukma sejati atau pancer, atau atma atau ruh kudus, yang menyebabkan manusia menjadi pemimpin seluruh alam baik jagad raya, jagad diri, yang tesurat dan yang tersirat.

14. Dalam keadaan terpaksa, wanita - sang penguasa cinta - lebih rela menyerahkan raga nya daripada cinta nya, karena cinta adalah sesuatu yang hidup dan menghidupkan, sedangkan raga (bumi) sifatnya hancur dan menghancurkan. Begitupun Tuhan Sang Maha Cinta, harta kekayaan dunia tidak ada harga disisi NYA walaupun senilai selembar sayap nyamuk sekalipun. Mereka yang pilih kenikmatan semu & sesaat memilih raga, mereka yang menginginkan kenikmatan hakiki mengupayakan cinta nya, cinta Nya dan cinta NYA.

Cinta nya = cinta dari seorang wanita dunia, Cinta Nya = sejati nya cinta dari diri sejati/pasangan sejati/ibarat wanita di alam ketuhanan mu (sirrullah), Cinta NYA = Cinta Tuhan Sang Maha Penguasa Alam tersurat dan tersirat. Sifat sirrulah (nur Muhammad) serupa dengan sifat wanita dunia. Wanita baik yang tesurat maupun tersirat, adalah awal adanya dirimu.Setiap manusia harus mengenal "awal dirinya" karena dia akan kembali ke tempat dia berasal. Berawal dari alam kerahiman, harus mampu kembali ke alam kerahiman. Hanya mereka yang telah hidup sifat rahim nya akan mampu bersama kembali dengan Sang Maha Rohim.

15. Barangsiapa kenal AWAL, maka ia akan kenal AKHIR karena yg awal adalah yang akhir.

Awal-Akhir itu berada pada titik yang sama, awalnya dari alam kerahiman maka berakhir di alam kerahiman, awalnya dari seorang ibu, ibu dan ibu maka diakhirpun akan kembali pada Ibu. Awalnya bersama, maka di akhir pun harus bersama. Awalnya utuh, di akhirpun harus utuh.Jangan sekali-kali lupakan sejarah.

16. Jangan sekali-kali menghindari godaan wanita. Sudah kodrat wanita memang menggoda, tapi hadapilah godaan wanita itu dengan tanggung jawab mu yang utuh sebagai pemimpin. Itulah laki-laki sejati - sejatinya laki laki

17. Seberapa besarpun kesalahan mu, wanita - sang penguasa cinta -akan tetap membukakan pintu kemaafan kecuali kesalahan "Menduakan Cinta". Begitupun Sang Maha Penguasa Cinta, selalu membukakan pintu pengampunan nya kepada mu kecuali "Menduakan Cinta". Al mar-u man ahabba, setiap orang bersama yang dicintai nya. Maka berkumpulah ahli bumi, pecinta dunia bersama yang mereka cintai yaitu terkubur dalam bumi tidak mampu pulang melangit. Nauzu billah.

18. Aku tidak takut dengan orang yang apabila ku pukul, lalu dengan beringas dia membalas pukulanku. Aku takut pada orang yang saat ku pukul, dia tidak membalas - namun diam2 menangis & mengadu kepada NYA. Tidak ada hijab penghalang antara doa orang yang teraniaya dengan Sang Maha Keadilan.

Saat seseorang dianiaya, lalu dia mengunci mulutnya rapat2 tidak mengadukan kepada siapapun, melainkan hanya kepada NYA maka pembelaan dari NYA akan diturunkan seketika, seolah Tuhan berkata "Lihat, hamba KU mengakui bahwa AKU memang satu-satunya yang dapat dipercaya sebagai sandaran pembelaan diri nya - bukan yang lain, dan AKU akan buktikan kehebatan pembelaan KU untuk nya".

19. Tempatkan dunia di tangan mu - Tempatkan wanita di hati mu. Biarlah yang hancur menempati yang hancur yang kekal menempati yang kekal. Karena cinta dan ketulusan akan tetap hidup di sisi NYA.

Dunia (materi) sifatnya rusak dan merusak, kodratnya HANCUR. Jangan tempatkan di hatimu, maka ia akan merusak dan menghancurkan mu. Carilah dunia sebanyak-banyaknya tanpa dicintai. Sehingga kau tidak angkuh saat datangnya, dan tidak lemah putus asa saat perginya.

20. Tidak ada yang berhak dipuja dan dipuji kecuali sang Cinta - ciptaan terindah Tuhan sang Maha Cinta. Cinta adalah sesuatu yang hidup dan menghidupkan. Maka puja pujilah cinta nya, cinta Nya dan cinta NYA.


Wanita adalah penguasa cinta, Ibu, baik ibu lahir, Ibu Pertiwi maupun Ibu batin (sirr, diri sejati) adalah kesejatian cinta - ciptaan terindah Sang Maha Cinta. Selamanya cinta akan tetap dipuja, dipuji, dikisahkan, disyairkan.

21. Wanita - sang penguasa cinta - tidak menerima puja dan dipuji kecuali oleh orang yang telah ada di hati nya, Begitupun Tuhan Sang Maha Cinta - hanya menerima puja dan puji dari hamba NYA yang terpilih dan dikehendaki. emoticon-Smilie Waspadalah, puja puji pada wanita, bisa berbalas dengan makian dan cacian. Begitupun pada sang Maha.

22. Hati wanita - sang penguasa cinta - mempunyai bilik-bilik kelas dari bilik terjauh hingga yang terdekat dengan mustika cinta nya. Dan wanita memperlakukan setiap orang sesuai dengan kedudukannya di bilik hati nya. Begitupun Tuhan Sang Maha Penguasa Cinta - memperlakukan hamba NYA sesuai dengan kedudukan hamba itu di sisi NYA. Anaa fii zhonni 'abdii - AKU memperlakukan hamba KU sesuai kedudukannya di sisi KU.

23. Pria makhluk raga bermesin logika - Wanita makhluk rasa bermesin cinta emoticon-Smilie

24. Jika kau tengah bertengkar dengan istrimu, jangan kamu mengalah dari nya, tapi juga jangan kalahkan dia dari mu. Tapi kalahkan syetan yang telah memecah belah kedua mu. Karena Cinta adalah permainan antara dua yang sepasang, dimana keduanya harus memenangkan nya bersama.


25. Wahai, kapan dirimu bisa lepas dari pelukan seorang wanita. Selama 9 bulan dan masa kecil mu kau habiskan merengek, bermanja dalam pelukan wanita - ibumu. Disaat remaja bermanja dengan wanita - kekasihmu. Disaat dewasa kamu keluhkan lelah perjuangan mu di pelukan wanita - istrimu. Disaat kepulanganmu kembali pada pelukan wanita - Ibu Pertiwi.

Kodrat wanita adalah pusaka yang mendampingi langkah perjuangan pemimpinnya. Wanita adalah awal - wanita adalah akhir. Maka muliakanlah wanita.

26. Jika seorang wanita - sang penguasa cinta -telah rela membuka hati dan menitipkan amanah cintanya padamu, maka apapun kekurangan mu akan disempurnakan dgn cinta nya. Begitupun jika Tuhan - Sang Maha Penguasa Cinta - telah menitipkan cinta NYA untuk mu. Maka apapun kekuranganmu akan disempurnakan oleh cinta NYA.

Berusahalah untuk mendapatkan mustika cinta seorang wanita, bukan raga nya. Berusahalah untuk mendapatkan ridho dan cinta NYA, bukan surga NYA. Niscaya kau akan mendapatkan keduanya emoticon-Smilie

27. Seringkali Tuhan memberikan petunjuk, namun manusia itu sendiri yang belum mampu membacanya disebabkan keruhnya hati oleh debu materi, debu cinta dunia.

28. Jika seorang wanita telah menjadikan dirimu sebagai cinta nya, maka dia tidak ingin kamu berharap apapun dari selain dirinya. Maka begitupun jika Tuhan telah menyatukan cinta NYA padamu, dia akan memutuskan harapan mu dari semua manusia. Hanya AKU bukan yang lain.

Terkadang manusia merasa heran, padahal dirinya selalu berbuat manfaat, tidak pernah aniaya, tetapi selalu saja jalan hidupnya ditpu dan ditipu, dianiaya dan dianiaya, dihina dan dihina. Jangan buru-buru sangka buruk kepada NYA, itulah salah satu cara Tuhan agar dirimu putus harapan dari siapapun kecuali hanya DIA, Bersyukurlah, kau lah yang dikehendaki dengan cinta NYA.

29. Ilmu ibarat wanita mu. Jangan sekali-kali membuka rahasia yang tersirat dari nya. For your eyes only, begitu kata Ilmu begitu kata wanita.


30. Jika seorang wanita menyerahkan cinta nya, ia hanya memberikan isyarat dengan membuka hatinya, dan tetap dirimu yang melangkah mengambil nya. Begitupun jika Tuhan menyerahkan jawaban permohonan doa mu, kau tetap harus melangkah mengambilnya dengan usaha nyata mu.

31. Wanita - sang penguasa cinta -tidak pernah berhitung pada apa yang kamu berikan,melainkan ketulusan mu. Begitupun Sang Maha Penguasa Cinta, tidak ada yang dilihat dari puja puji mu kepada NYA, selain ketulusanmu.


32. Berpisah adalah kodrat, bertemu adalah sunah. Berpisah tidak harus bertemu, dan yang bertemu tidak harus selalu bersama. Awalnya bersama-Akhir pun bersama. Itulah wafat, itulah sempurna.

Kodrat manusia diturunkan terpisah dengan "diri sejati" nya, bagaikan terpisahnya Adam_hawa. Bertemu dengan yang terpisah dari dirinya bukanlah suatu keharusan (sunah). Dan yang sudah bertemu pun tidak menjamin akan tetap bersama sampai kepulangan nya. Tidak satupun manusia yang berhak merasa telah selamat, kecuali manusia yang tertipu dengan perasaan dirinya.

33. Salah satu musyrik yang samar adalah bahwa dirimu merasa mampu mencampuri apa yang menjadi HAK dan WEWENANG Allah -Sang Maha Keputusan.

Seringkali orang berusaha mempersulit saingan bisnisnya, atau tidak senang saat mendengar seseorang mendapat rizki dari NYA, atau tidak memudahkan urusan orang lain disebabkan khawatir bahwa orang tersebut akan naik rizki nya disebabkan dirinya. "AKU lah Arrozaaq yang Menguasai & Menetapkan rizki semua makhluk termasuk dirimu. Apa yang telah AKU tetapkan pada makhluk KU tidak dapat kau campuri dengan tangan lemah mu". Waspadalah, jangan sekali-kali merasa mampu mencampuri apa yang telah menjadi Hak dan Wewenang mutlak NYA.

34. Tidak AKU terima di sisi KU manusia yang masih mempunyai sangkutan dengan selain AKU.


Salah satu musyrik samar lainnya, janji yang belum ditepati, hutang yang belum dibayar, hinaan yang belum mendapatkan kemaafan, aniaya yang belum di selesaikan. Selesaikan sangkutan itu, barulah menghadap NYA dengan haniifan musliman. Jalan kepulangan penuh dengan "pengait" yaitu sangkutan yang kau buat sendiri terhadap selain diri NYA.

35. Saat seseorang merasa mampu memberikan manfaat kepada yang lain, maka orang itu sudah jatuh dalam kemusyrikan. Di "tangan" KU lah kunci kemanfaatan, di tangan KU lah kunci kemenangan. Mintalah izin dan ridho KU nicaya AKU selalu bersama dengan orang yang selalu berbuat kebaikan.

36. Yang tersurat nyata disebut Alam - yang tersirat sembunyi disebut Ilmu. Ilmu serupa dengan wanita, raga nya yang tersurat bisa dilihat siapa saja, tapi yang tersirat hanya untuk pemilik hati nya. Berhati2lah dengan wanita, berhati2lah dengan Ilmu. Dapatkan yang tersirat - bukan yang tersurat.
[B]


Sudah penuh, lanjut halaman Bawah emoticon-Smilie


"Semoga dimudahkan, mereka yang selalu memudahkan - semoga dimuliakan, mereka yang mau memuliakan - semoga didoakan, mereka yang mau mendoakan. Semoga ditambah karunia NYA mereka yang pandai bersyukur kepada NYA. Rahayu"
Diubah oleh pustakaharjuna 28-06-2014 23:07
0
55.1K
95
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Spiritual
SpiritualKASKUS Official
6.3KThread2.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.