- Beranda
- The Lounge
Sepeda, Sejarahnya dan Jenis-jenisnya
...
![taoda92](https://s.kaskus.id/user/avatar/2014/02/22/avatar6478854_1.gif)
![Avatar border](https://s.kaskus.id/images/avatarborder/1.gif)
TS
taoda92
Sepeda, Sejarahnya dan Jenis-jenisnya
Penjelasan mengenai apa itu sepeda
Sepeda adalah kendaraan beroda dua atau tiga, mempunyai setang, tempat duduk, dan sepasang pengayuh yang digerakkan kaki untuk menjalankannya.
Sejarah
Jenis-jenis Sepeda
Langsung saja berikut berbagai manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh untuk setiap pesepeda (pengguna sepeda), diantaranya adalah sebagai berikut ini :
1. Menjaga daya tahan tubuh dan juga sistem kekebalan tubuh
2. Otot-otot tubuh diaktifkan dan menjadi lebih kuat
3. Memperkuat sistem kerangka pada tubuh
4. Dapat mencegah timbulnya penyakit tulang belakang dan sakit pada punggung
5. Menstabilkan fungsi tubuh secara fisik dan mental juga bisa mengurangi stres mental
6. Mampu mencegah penyakit jantung dan kardiovaskuler
7. Dapat mencegah atau mengurangi tekanan darah tinggi
8. Meningkatnya stamina serta dapat meningkatkan perasaan yang bahagia
9. Menjaga lingkungan karena sepeda tidak menimbulkan polusi udara
10. Meningkatkan Metabolisme pada tubuh
11. Membuat hidup sehat dan lebih segar
Sepeda adalah kendaraan beroda dua atau tiga, mempunyai setang, tempat duduk, dan sepasang pengayuh yang digerakkan kaki untuk menjalankannya.
Sejarah
Quote:
Seperti ditulis Ensiklopedia Columbia, nenek moyang sepeda diperkirakan berasal dari Perancis. Menurut kabar sejarah, negeri itu sudah sejak awal abad ke-18 mengenal alat transportasi roda dua yang dinamai velocipede. Bertahun-tahun, velocipede menjadi satu-satunya istilah yang merujuk hasil rancang bangun kendaraan dua roda.
Yang pasti, konstruksinya belum mengenal besi. Modelnya pun masih sangat "primitif". Ada yang bilang tanpa pedal tongkat itu (tatocipede) bisa bergerak tapi bagaimana? Rick Boneshaker akan menjawabnya. Katanya "Oh,ini jawabannya. Dua orang harus memutar engkol di sisi kanan dan kiri sepeda "primitif" tersebut dengan pedoman kecepatan mendekati 109 km/jam. Setelah itu, tatocipede akan bergerak sesuai kecepatan engkol berputar dengan urutan sebagai berikut: kiri,kanan,berputar,atas,depan,bawah,belakang,barat laut. Tidak sulit kan?"
Adalah seorang Jerman bernama Baron Karls Drais von Sauerbronn yang pantas dicatat sebagai salah seorang penyempurna velocipede. Tahun 1818, von Sauerbronn membuat alat transportasi roda dua untuk menunjang efisiensi kerjanya. Sebagai kepala pengawas hutan Baden, ia memang butuh sarana transportasi bermobilitas tinggi. Tapi, model yang dikembangkan tampaknya masih mendua, antara sepeda dan kereta kuda. Sehingga masyarakat menjuluki ciptaan sang Baron sebagai dandy horse.
Baru pada 1839, Kirkpatrick MacMillan, pandai besi kelahiran Skotlandia, membuatkan pedal khusus untuk sepeda. Tentu bukan mesin seperti yang dimiliki sepeda motor, tapi lebih mirip pendorong yang diaktifkan engkol, lewat gerakan turun-naik kaki mengayuh pedal. MacMillan pun sudah "berani" menghubungkan engkol tadi dengan tongkat kemudi (setang sederhana).
Sedangkan ensiklopedia Britannica.com mencatat upaya penyempurnaan penemu Perancis, Ernest Michaux pada 1855, dengan membuat pemberat engkol, hingga laju sepeda lebih stabil. Makin sempurna setelah orang Perancis lainnya, Pierre Lallement (1865) memperkuat roda dengan menambahkan lingkaran besi di sekelilingnya (sekarang dikenal sebagai pelek atau velg). Lallement juga yang memperkenalkan sepeda dengan roda depan lebih besar daripada roda belakang.
Namun kemajuan paling signifikan terjadi saat teknologi pembuatan baja berlubang ditemukan, menyusul kian bagusnya teknik penyambungan besi, serta penemuan karet sebagai bahan baku ban. Namun, faktor safety dan kenyamanan tetap belum terpecahkan. Karena teknologi suspensi (per dan sebagainya) belum ditemukan, goyangan dan guncangan sering membuat penunggangnya sakit pinggang. Setengah bercanda, masyarakat menjuluki sepeda Lallement sebagai boneshaker (penggoyang tulang).
Sehingga tidak heran jika di era 1880-an, sepeda tiga roda yang dianggap lebih aman buat wanita dan laki-laki yang kakinya terlalu pendek untuk mengayuh sepeda konvensional menjadi begitu populer. Trend sepeda roda dua kembali mendunia setelah berdirinya pabrik sepeda pertama di Coventry, Inggris pada 1885. Pabrik yang didirikan James Starley ini makin menemukan momentum setelah tahun 1888 John Dunlop menemukan teknologi ban angin. Laju sepeda pun tak lagi berguncang.
Penemuan lainnya, seperti rem, perbandingan gigi yang bisa diganti-ganti, rantai, setang yang bisa digerakkan, dan masih banyak lagi makin menambah daya tarik sepeda. Sejak itu, berjuta-juta orang mulai menjadikan sepeda sebagai alat transportasi, dengan Amerika dan Eropa sebagai pionirnya. Meski lambat laun, perannya mulai disingkirkan mobil dan sepeda motor, sepeda tetap punya pemerhati. Bahkan penggemarnya dikenal sangat fanatik.
Yang pasti, konstruksinya belum mengenal besi. Modelnya pun masih sangat "primitif". Ada yang bilang tanpa pedal tongkat itu (tatocipede) bisa bergerak tapi bagaimana? Rick Boneshaker akan menjawabnya. Katanya "Oh,ini jawabannya. Dua orang harus memutar engkol di sisi kanan dan kiri sepeda "primitif" tersebut dengan pedoman kecepatan mendekati 109 km/jam. Setelah itu, tatocipede akan bergerak sesuai kecepatan engkol berputar dengan urutan sebagai berikut: kiri,kanan,berputar,atas,depan,bawah,belakang,barat laut. Tidak sulit kan?"
Adalah seorang Jerman bernama Baron Karls Drais von Sauerbronn yang pantas dicatat sebagai salah seorang penyempurna velocipede. Tahun 1818, von Sauerbronn membuat alat transportasi roda dua untuk menunjang efisiensi kerjanya. Sebagai kepala pengawas hutan Baden, ia memang butuh sarana transportasi bermobilitas tinggi. Tapi, model yang dikembangkan tampaknya masih mendua, antara sepeda dan kereta kuda. Sehingga masyarakat menjuluki ciptaan sang Baron sebagai dandy horse.
Spoiler for Rancangan sepeda Drais, 1817:
Baru pada 1839, Kirkpatrick MacMillan, pandai besi kelahiran Skotlandia, membuatkan pedal khusus untuk sepeda. Tentu bukan mesin seperti yang dimiliki sepeda motor, tapi lebih mirip pendorong yang diaktifkan engkol, lewat gerakan turun-naik kaki mengayuh pedal. MacMillan pun sudah "berani" menghubungkan engkol tadi dengan tongkat kemudi (setang sederhana).
Sedangkan ensiklopedia Britannica.com mencatat upaya penyempurnaan penemu Perancis, Ernest Michaux pada 1855, dengan membuat pemberat engkol, hingga laju sepeda lebih stabil. Makin sempurna setelah orang Perancis lainnya, Pierre Lallement (1865) memperkuat roda dengan menambahkan lingkaran besi di sekelilingnya (sekarang dikenal sebagai pelek atau velg). Lallement juga yang memperkenalkan sepeda dengan roda depan lebih besar daripada roda belakang.
Namun kemajuan paling signifikan terjadi saat teknologi pembuatan baja berlubang ditemukan, menyusul kian bagusnya teknik penyambungan besi, serta penemuan karet sebagai bahan baku ban. Namun, faktor safety dan kenyamanan tetap belum terpecahkan. Karena teknologi suspensi (per dan sebagainya) belum ditemukan, goyangan dan guncangan sering membuat penunggangnya sakit pinggang. Setengah bercanda, masyarakat menjuluki sepeda Lallement sebagai boneshaker (penggoyang tulang).
Sehingga tidak heran jika di era 1880-an, sepeda tiga roda yang dianggap lebih aman buat wanita dan laki-laki yang kakinya terlalu pendek untuk mengayuh sepeda konvensional menjadi begitu populer. Trend sepeda roda dua kembali mendunia setelah berdirinya pabrik sepeda pertama di Coventry, Inggris pada 1885. Pabrik yang didirikan James Starley ini makin menemukan momentum setelah tahun 1888 John Dunlop menemukan teknologi ban angin. Laju sepeda pun tak lagi berguncang.
Penemuan lainnya, seperti rem, perbandingan gigi yang bisa diganti-ganti, rantai, setang yang bisa digerakkan, dan masih banyak lagi makin menambah daya tarik sepeda. Sejak itu, berjuta-juta orang mulai menjadikan sepeda sebagai alat transportasi, dengan Amerika dan Eropa sebagai pionirnya. Meski lambat laun, perannya mulai disingkirkan mobil dan sepeda motor, sepeda tetap punya pemerhati. Bahkan penggemarnya dikenal sangat fanatik.
Jenis-jenis Sepeda
Quote:
Kini sepeda mempunyai beragam nama dan model. Pengelompokan biasanya berdasarkan fungsi dan ukurannya.
1. Sepeda Gunung- digunakan untuk lintasan off-road dengan rangka yang kuat, memiliki suspensi, dan kombinasi kecepatan sampai 27.
2. Sepeda Jalan Raya- digunakan untuk balap jalan raya, bobot keseluruhan yang ringan, ban halus untuk mengurangi gesekan dengan jalan, kombinasi kecepatan sampai 27.
3. Sepeda BMX- BMX merupakan kependekan dari bicycle moto-cross, banyak digunakan untuk atraksi
4. Sepeda Kota (Citybike)adalah sepeda yang biasa dipakai di perkotaan dengan kondisi jalan yang baik. Sepeda jenis sangat menekankan aspek funsional. Biasanya memiliki sebuah boncengan dan keranjang.
5. Sepeda Mini- termasuk dalam kelompok ini adalah sepeda anak-anak, baik beroda dua maupun beroda tiga
6. Sepeda angkut atau sepeda yang berdesain klasik (tua)termasuk dalam kelompok ini adalah sepeda kumbang, sepeda pos dan sepeda ontel yang memiliki besi kuat dan diameter roda yang besar mampu untuk keperluan berboncengan dan membawa barang.
7. Sepeda Lipat- merupakan jenis sepeda yang bisa dilipat dalam hitungan detik sehingga bisa dibawa ke mana-mana dengan mudah.
![Sepeda, Sejarahnya dan Jenis-jenisnya](https://dl.kaskus.id/i1158.photobucket.com/albums/p602/Taoda92/SEPEDA/SepedaLipat_zpsf9df1098.jpg)
8. Sepeda Balap- Sepeda yang model handlernya setengah lingkaran dan digunakan untuk balapan.
9. Sepeda Motor- bertenaga mesin dengan mengunakan bahan bakar berjenis bensin sebagai sumber daya utamanya. Dengan semakin berkembangnya teknlogi pada industri kendaraan roda dua.
1. Sepeda Gunung- digunakan untuk lintasan off-road dengan rangka yang kuat, memiliki suspensi, dan kombinasi kecepatan sampai 27.
Klasifikasi Sepeda Gunung
Quote:
I. Cross Country (XC)
![Sepeda, Sejarahnya dan Jenis-jenisnya](https://dl.kaskus.id/i1158.photobucket.com/albums/p602/Taoda92/SEPEDA/photo_b-twin-decathlon-rockrider-xc_1392_zps3c6ce1c2.jpg)
Dirancang untuk medan yang tidak terlalu ekstrem (ringan), sepeda jenis ini hanya mempunyai suspensi depan atau tanpa suspensi sama sekali. Karena hanya memiliki suspensi depan biasanya sepeda gunung jenis ini dikategorikan sebagai rigid frame. Didesain agar efisien dan optimal pada saat mengayuh ditanjakan, di jalan aspal hingga jalan tanah pedesaan. Sepeda jenis ini sangatlah disarankan bagi pemula yang ingin memulai bermain sepeda MTB.
![Sepeda, Sejarahnya dan Jenis-jenisnya](https://dl.kaskus.id/i1158.photobucket.com/albums/p602/Taoda92/SEPEDA/photo_b-twin-decathlon-rockrider-xc_1392_zps3c6ce1c2.jpg)
Dirancang untuk medan yang tidak terlalu ekstrem (ringan), sepeda jenis ini hanya mempunyai suspensi depan atau tanpa suspensi sama sekali. Karena hanya memiliki suspensi depan biasanya sepeda gunung jenis ini dikategorikan sebagai rigid frame. Didesain agar efisien dan optimal pada saat mengayuh ditanjakan, di jalan aspal hingga jalan tanah pedesaan. Sepeda jenis ini sangatlah disarankan bagi pemula yang ingin memulai bermain sepeda MTB.
Quote:
II. All Mountain
![Sepeda, Sejarahnya dan Jenis-jenisnya](https://dl.kaskus.id/i1158.photobucket.com/albums/p602/Taoda92/SEPEDA/2012-nukeproof-mega-am-pro-all-mountainenduro-bike_zps8384d569.jpg)
Biasa dipakai untuk jalur perpaduan antara Cross Country (XC) dan Down Hill ringan (light DH). Didesain untuk melintasi alam yang berat seperti naik dan turun bukit, masuk hutan, melintasi medan berbatu, dan menjelajah medan offroad jarak jauh. Memiliki 2 suspensi depan dan belakang (double suspension). Panjang suspensi belakang (rear suspension) sekitar 6 inchi dan panjang suspensi depan (fork) mulai dari 140mm s/d 160mm. Pemakai dapat melakukan pendakian gunung dengan baik (tidak berat), sekaligus juga dapat menuruni gunung dengan cepat (tidak berguncang-guncang), karena panjang suspensi yang optimal. Keunggulan sepeda jenis ini ada pada ketahanan dan kenyamanannya untuk dikendarai.
![Sepeda, Sejarahnya dan Jenis-jenisnya](https://dl.kaskus.id/i1158.photobucket.com/albums/p602/Taoda92/SEPEDA/2012-nukeproof-mega-am-pro-all-mountainenduro-bike_zps8384d569.jpg)
Biasa dipakai untuk jalur perpaduan antara Cross Country (XC) dan Down Hill ringan (light DH). Didesain untuk melintasi alam yang berat seperti naik dan turun bukit, masuk hutan, melintasi medan berbatu, dan menjelajah medan offroad jarak jauh. Memiliki 2 suspensi depan dan belakang (double suspension). Panjang suspensi belakang (rear suspension) sekitar 6 inchi dan panjang suspensi depan (fork) mulai dari 140mm s/d 160mm. Pemakai dapat melakukan pendakian gunung dengan baik (tidak berat), sekaligus juga dapat menuruni gunung dengan cepat (tidak berguncang-guncang), karena panjang suspensi yang optimal. Keunggulan sepeda jenis ini ada pada ketahanan dan kenyamanannya untuk dikendarai.
Quote:
III. Free Ride (FR)
![Sepeda, Sejarahnya dan Jenis-jenisnya](https://dl.kaskus.id/i1158.photobucket.com/albums/p602/Taoda92/SEPEDA/session-88-silver_zps1a368a86.jpg)
Dirancang untuk mampu bertahan melakukan lompatan tinggi (drop off) dan kondisi ekstrim sejenisnya. Rangkanya kuat namun tidak secepat dan selincah sepeda jenis All Mountain, karena bobotnya yang lebih berat, maka kurang cocok untuk digunakan dalam perjalanan jarak jauh dan sangat tidak cocok untuk tanjakan.
![Sepeda, Sejarahnya dan Jenis-jenisnya](https://dl.kaskus.id/i1158.photobucket.com/albums/p602/Taoda92/SEPEDA/session-88-silver_zps1a368a86.jpg)
Dirancang untuk mampu bertahan melakukan lompatan tinggi (drop off) dan kondisi ekstrim sejenisnya. Rangkanya kuat namun tidak secepat dan selincah sepeda jenis All Mountain, karena bobotnya yang lebih berat, maka kurang cocok untuk digunakan dalam perjalanan jarak jauh dan sangat tidak cocok untuk tanjakan.
Quote:
IV. Down Hill (DH)
![Sepeda, Sejarahnya dan Jenis-jenisnya](https://dl.kaskus.id/i1158.photobucket.com/albums/p602/Taoda92/SEPEDA/scott-gambler-dh-10-09_zpsadbfc95f.jpg)
Untuk medan yang sangat ekstrem, sepeda gunung jenis ini mempunyai suspensi ganda (double suspension) untuk meredam benturan yang kerap terjadi ketika menuruni lereng dan dapat menikung dengan stabil pada kecepatan tinggi. Dirancang agar dapat melaju cepat, aman dan nyaman dalam menuruni bukit dan gunung. Sepeda jenis ini tidak mengutamakan kenyaman dalam mengayuh, karena sepeda jenis ini hanya dipakai hanya untuk menuruni lereng bukit atau gunung. Sepeda ini juga dipakai untuk perlombaan, sehingga yang menjadi titik utama dalam perancangannya adalah bagaimana agar kuat namun dapat melaju dengan cepat. Untuk menuju ke lokasi, para down hiller tidak mengayuh sepeda mereka, namun sepeda mereka diangkut dengan mobil. Sangat tidak efisien jika sepeda ini digunakan di dalam kota maupun di jalur cross country.
![Sepeda, Sejarahnya dan Jenis-jenisnya](https://dl.kaskus.id/i1158.photobucket.com/albums/p602/Taoda92/SEPEDA/scott-gambler-dh-10-09_zpsadbfc95f.jpg)
Untuk medan yang sangat ekstrem, sepeda gunung jenis ini mempunyai suspensi ganda (double suspension) untuk meredam benturan yang kerap terjadi ketika menuruni lereng dan dapat menikung dengan stabil pada kecepatan tinggi. Dirancang agar dapat melaju cepat, aman dan nyaman dalam menuruni bukit dan gunung. Sepeda jenis ini tidak mengutamakan kenyaman dalam mengayuh, karena sepeda jenis ini hanya dipakai hanya untuk menuruni lereng bukit atau gunung. Sepeda ini juga dipakai untuk perlombaan, sehingga yang menjadi titik utama dalam perancangannya adalah bagaimana agar kuat namun dapat melaju dengan cepat. Untuk menuju ke lokasi, para down hiller tidak mengayuh sepeda mereka, namun sepeda mereka diangkut dengan mobil. Sangat tidak efisien jika sepeda ini digunakan di dalam kota maupun di jalur cross country.
Quote:
V. Dirt Jump (DJ)
![Sepeda, Sejarahnya dan Jenis-jenisnya](https://dl.kaskus.id/i1158.photobucket.com/albums/p602/Taoda92/SEPEDA/SepedaDirtJumpPolygonCozmicDX24_zpsb188a090.png)
Sepeda jenis ini awalnya dirancang untuk anak muda perkotaan, selain sebagai alat transportasi, untuk kebut-kebutan di jalan raya kota, juga digunakan untuk melakukan atraksi lompatan tinggi dan atraksi-atraksi ekstrim lainnya. Fungsi dari sepeda jenis ini sangat mirip dengan BMX, namun dengan bentuk yang diperbesar. Nama lain dari sepeda jenis ini adalah trial atau urban MTB.
![Sepeda, Sejarahnya dan Jenis-jenisnya](https://dl.kaskus.id/i1158.photobucket.com/albums/p602/Taoda92/SEPEDA/SepedaDirtJumpPolygonCozmicDX24_zpsb188a090.png)
Sepeda jenis ini awalnya dirancang untuk anak muda perkotaan, selain sebagai alat transportasi, untuk kebut-kebutan di jalan raya kota, juga digunakan untuk melakukan atraksi lompatan tinggi dan atraksi-atraksi ekstrim lainnya. Fungsi dari sepeda jenis ini sangat mirip dengan BMX, namun dengan bentuk yang diperbesar. Nama lain dari sepeda jenis ini adalah trial atau urban MTB.
2. Sepeda Jalan Raya- digunakan untuk balap jalan raya, bobot keseluruhan yang ringan, ban halus untuk mengurangi gesekan dengan jalan, kombinasi kecepatan sampai 27.
Klasifikasi Sepeda Jalan Raya
Quote:
I. Tipe Touring
![Sepeda, Sejarahnya dan Jenis-jenisnya](https://dl.kaskus.id/i1158.photobucket.com/albums/p602/Taoda92/SEPEDA/21TipeTouring_zps1d7627b1.jpg)
Tipe Touring, merupakan tipe yang digunakan untuk menjelajah, sepeda tipe ini kuat, nyaman, dan mampu mengangkut beban yang berat.
![Sepeda, Sejarahnya dan Jenis-jenisnya](https://dl.kaskus.id/i1158.photobucket.com/albums/p602/Taoda92/SEPEDA/21TipeTouring_zps1d7627b1.jpg)
Tipe Touring, merupakan tipe yang digunakan untuk menjelajah, sepeda tipe ini kuat, nyaman, dan mampu mengangkut beban yang berat.
Quote:
II. Hybrid bicycle
![Sepeda, Sejarahnya dan Jenis-jenisnya](https://dl.kaskus.id/i1158.photobucket.com/albums/p602/Taoda92/SEPEDA/22Hybridbicycle_zps100752b5.jpg)
Hybrid bicycle, merupakan tipe yang didesain untuk rekreasi atau hal-hal lainnya. walaupun di desain untuk berjalan di aspal, sepeda tipe ini juga bisa digunakan pada jalan non-aspal.
![Sepeda, Sejarahnya dan Jenis-jenisnya](https://dl.kaskus.id/i1158.photobucket.com/albums/p602/Taoda92/SEPEDA/22Hybridbicycle_zps100752b5.jpg)
Hybrid bicycle, merupakan tipe yang didesain untuk rekreasi atau hal-hal lainnya. walaupun di desain untuk berjalan di aspal, sepeda tipe ini juga bisa digunakan pada jalan non-aspal.
Quote:
III. Utility bicycle
![Sepeda, Sejarahnya dan Jenis-jenisnya](https://dl.kaskus.id/i1158.photobucket.com/albums/p602/Taoda92/SEPEDA/23Utilitybicycle_zpsedf7d091.jpg)
Utility bicycle, didesain dengan memiliki banyak fungsi seperti berbelanja, comuter, atau keliling kota.
![Sepeda, Sejarahnya dan Jenis-jenisnya](https://dl.kaskus.id/i1158.photobucket.com/albums/p602/Taoda92/SEPEDA/23Utilitybicycle_zpsedf7d091.jpg)
Utility bicycle, didesain dengan memiliki banyak fungsi seperti berbelanja, comuter, atau keliling kota.
Quote:
IV. Vintage
![Sepeda, Sejarahnya dan Jenis-jenisnya](https://dl.kaskus.id/i1158.photobucket.com/albums/p602/Taoda92/SEPEDA/24vintage_zps0dc84e9f.jpg)
Vintage, merupakan tipe sepeda jalan raya yang juga dikenal sebagai sepeda jalan raya classic,dengan frame yang biasanya masih memakai besi. Sepeda tipe ini dikoleksi oleh kalangan hobiis tertentu.
![Sepeda, Sejarahnya dan Jenis-jenisnya](https://dl.kaskus.id/i1158.photobucket.com/albums/p602/Taoda92/SEPEDA/24vintage_zps0dc84e9f.jpg)
Vintage, merupakan tipe sepeda jalan raya yang juga dikenal sebagai sepeda jalan raya classic,dengan frame yang biasanya masih memakai besi. Sepeda tipe ini dikoleksi oleh kalangan hobiis tertentu.
3. Sepeda BMX- BMX merupakan kependekan dari bicycle moto-cross, banyak digunakan untuk atraksi
Quote:
4. Sepeda Kota (Citybike)adalah sepeda yang biasa dipakai di perkotaan dengan kondisi jalan yang baik. Sepeda jenis sangat menekankan aspek funsional. Biasanya memiliki sebuah boncengan dan keranjang.
Quote:
5. Sepeda Mini- termasuk dalam kelompok ini adalah sepeda anak-anak, baik beroda dua maupun beroda tiga
Quote:
6. Sepeda angkut atau sepeda yang berdesain klasik (tua)termasuk dalam kelompok ini adalah sepeda kumbang, sepeda pos dan sepeda ontel yang memiliki besi kuat dan diameter roda yang besar mampu untuk keperluan berboncengan dan membawa barang.
Quote:
7. Sepeda Lipat- merupakan jenis sepeda yang bisa dilipat dalam hitungan detik sehingga bisa dibawa ke mana-mana dengan mudah.
Quote:
Jenis Sepeda
Sepeda lipat dikelompokkan berdasarkan ukuran diameter bannya.
1. Ukuran standar 16 dan 20 inci
2. Ukuran besar 24 inci
Serba-serbi Sepeda Lipat
1. Sepeda lipat hanya untuk jalan rata yang beraspal. Karena itu jangan sekali-kali memakai sepeda lipat di medan-medan berat (offroad) atau untuk freestyle.
2. Sepeda lipat umumnya tidak memiliki shock depan, sehingga sangat disarankan untuk sebisa mungkin menghindari jalan berlubang atau tidak rata seperti polisi tidur.
3. Tidak disarankan mencuci sepeda lipat dengan semprotan air yang keras/deras. Hal ini untuk menghindari masuknya air ke sela-sela komponen yang dapat menyebabkan karat. Cukup siram perlahan dan bersihkan dengan lap.
4. Sebelum membeli, perhatikan baik-baik ukuran roda dan dimensi sepeda setelah dilipat. Kalau sepeda lipat akan sering dibawa bepergian, cari yang dimensi lipatannya kecil.
5. Harga sangat berpengaruh pada kerapian detil, kemudahan melipat, tingkat presisi, dan kelengkapan tambahan.
6. Bila dipakai dengan baik dan dijaga kebersihannya, sepeda lipat bisa awet dalam waktu sangat lama.
Sepeda lipat dikelompokkan berdasarkan ukuran diameter bannya.
1. Ukuran standar 16 dan 20 inci
2. Ukuran besar 24 inci
Serba-serbi Sepeda Lipat
1. Sepeda lipat hanya untuk jalan rata yang beraspal. Karena itu jangan sekali-kali memakai sepeda lipat di medan-medan berat (offroad) atau untuk freestyle.
2. Sepeda lipat umumnya tidak memiliki shock depan, sehingga sangat disarankan untuk sebisa mungkin menghindari jalan berlubang atau tidak rata seperti polisi tidur.
3. Tidak disarankan mencuci sepeda lipat dengan semprotan air yang keras/deras. Hal ini untuk menghindari masuknya air ke sela-sela komponen yang dapat menyebabkan karat. Cukup siram perlahan dan bersihkan dengan lap.
4. Sebelum membeli, perhatikan baik-baik ukuran roda dan dimensi sepeda setelah dilipat. Kalau sepeda lipat akan sering dibawa bepergian, cari yang dimensi lipatannya kecil.
5. Harga sangat berpengaruh pada kerapian detil, kemudahan melipat, tingkat presisi, dan kelengkapan tambahan.
6. Bila dipakai dengan baik dan dijaga kebersihannya, sepeda lipat bisa awet dalam waktu sangat lama.
![Sepeda, Sejarahnya dan Jenis-jenisnya](https://dl.kaskus.id/i1158.photobucket.com/albums/p602/Taoda92/SEPEDA/SepedaLipat_zpsf9df1098.jpg)
8. Sepeda Balap- Sepeda yang model handlernya setengah lingkaran dan digunakan untuk balapan.
Quote:
9. Sepeda Motor- bertenaga mesin dengan mengunakan bahan bakar berjenis bensin sebagai sumber daya utamanya. Dengan semakin berkembangnya teknlogi pada industri kendaraan roda dua.
Quote:
Untuk sepeda motor kayaknya tanpa gambar pun agan-agan udah pada pernah liat. Baik jenis dan macam ragamnya, bahkan ada yang memilikinya... So pasti... ![I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)](https://s.kaskus.id/images/smilies/iloveindonesias.gif)
![I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)](https://s.kaskus.id/images/smilies/iloveindonesias.gif)
*** U P D A T E ***
Quote:
Manfaat Bersepeda
Langsung saja berikut berbagai manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh untuk setiap pesepeda (pengguna sepeda), diantaranya adalah sebagai berikut ini :
1. Menjaga daya tahan tubuh dan juga sistem kekebalan tubuh
2. Otot-otot tubuh diaktifkan dan menjadi lebih kuat
3. Memperkuat sistem kerangka pada tubuh
4. Dapat mencegah timbulnya penyakit tulang belakang dan sakit pada punggung
5. Menstabilkan fungsi tubuh secara fisik dan mental juga bisa mengurangi stres mental
6. Mampu mencegah penyakit jantung dan kardiovaskuler
7. Dapat mencegah atau mengurangi tekanan darah tinggi
8. Meningkatnya stamina serta dapat meningkatkan perasaan yang bahagia
9. Menjaga lingkungan karena sepeda tidak menimbulkan polusi udara
10. Meningkatkan Metabolisme pada tubuh
11. Membuat hidup sehat dan lebih segar
Terima Kasih Buat Pembaca Sekalian
Quote:
Sangat mengharapkan
![Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star](https://s.kaskus.id/images/smilies/smilies_fb5ohtvqnpxx.gif)
![Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star](https://s.kaskus.id/images/smilies/smilies_fb5ohtvqnpxx.gif)
dan
![Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)](https://s.kaskus.id/images/smilies/smilies_fb5ox6pblpkt.gif)
![Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star](https://s.kaskus.id/images/smilies/smilies_fb5ohtvqnpxx.gif)
![Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star](https://s.kaskus.id/images/smilies/smilies_fb5ohtvqnpxx.gif)
![Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star](https://s.kaskus.id/images/smilies/smilies_fb5ohtvqnpxx.gif)
dan
![Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)](https://s.kaskus.id/images/smilies/smilies_fb5ox6pblpkt.gif)
![Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)](https://s.kaskus.id/images/smilies/smilies_fb5ox6pblpkt.gif)
![Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)](https://s.kaskus.id/images/smilies/smilies_fb5ox6pblpkt.gif)
SUMBER :
Om Wiki tentang Sepeda
danMbah Google
Om Wiki tentang Sepeda
danMbah Google
Diubah oleh taoda92 21-04-2014 17:22
0
12.6K
Kutip
23
Balasan
![Guest](https://s.kaskus.id/user/avatar/default.png)
![Avatar border](https://s.kaskus.id/images/avatarborder/1.gif)
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
![The Lounge](https://s.kaskus.id/r200x200/ficon/image-21.png)
The Lounge![KASKUS Official KASKUS Official](https://s.kaskus.id/kaskus-next/next-assets/images/icon-official-badge.svg)
923.4KThread•84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
![Guest](https://s.kaskus.id/user/avatar/default.png)
![Avatar border](https://s.kaskus.id/images/avatarborder/1.gif)
Komentar yang asik ya