Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

afnaAvatar border
TS
afna
Membuat Kopi Lebih Sehat
Info emoticon-Blue Repost

Membuat Kopi Lebih Sehat




Kopi adalah nomor satu sumber antioksidan. Menurut sebuah studi dari Universitas Scranton, penelitian menunjukkan beberapa cangkir sehari dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2, Alzheimer dan kanker prostat.

Cara pengolahan kopi juga berdampak pada cita rasa kopi itu sendiri. Berikut langkah-langkah untuk membuat kopi lebih sehat :

1. PEMANGGANGAN

Menurut Peter Martin, MD., Direktur Vanderbilt University Institute for Coffee, mengatakan bahwa efek antioksidan berhubungan dengan senyawa yang disebut asam klorogenat. Lebih lanjut ia mengatakan “Memanggang biji kopi akan merubah tingkat asam menjadi antioksidan, namun jika terlalu lama antioksidan akan menjadi rusak kembali.

2. PENYIMPANAN

Biji kopi perlu disimpan di dalam wadah yang kedap udara. Ketika akan dipakai, barulah biji kopi tersebut digiling. Menurut studi Food Chemistry, biji kopi yang sudah disangrai mengandung antioksidan, sehingga paparan udara dapat merusaknya. Itu sebabnya, penyimpanannya haruslah dengan penanganan khusus. Penelitian lain mengatakan bahwa seluruh biji kopi memiliki radikal bebas lebih sedikit dari pada kopi bubuk.

3. PENYEDUHAN



Para peneliti di Italia meneliti lima metode berbeda untuk menyeduh kopi, dan hasilnya adalah dengan cara menyeduh ala moka, espresso, dan neapolitan dapat membantu menambah kadar antioksidan pada kopi dibandingkan dengan cara menyaring.

4. MEMINUM

Meminum kopi yang baik–menurut Martin—adalah dengan tidak menambahkan gula pada seduhan kopi. “Apapun yang anda tambahkan ke dalam seduhan kopi akan mengakibatkan berkurangnya nutrisi dalam kopi itu sendiri”. Meskipun demikian anda tetap bisa menambahkan bubuk kayu manis secukupnya untuk menambah cita rasa kopi tanpa menurangi nilai nutrisi di dalamnya.

Penelitian lain dari Kroasia, penambahan susu dalam kopi akan mengakibatkan berkurangnya kandungan antioksidan dalam kopi.

Sumber

Spoiler for Lainnya:
Diubah oleh afna 20-04-2014 03:04
0
2.3K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.