Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

GusjackAvatar border
TS
Gusjack
Indikator Keberhasilan Google Adwords | Internet Marketing Masuk
Berhasilkan promosi AdWords saya? Apakah indikator keberhasilan dari beriklan di AdWords? Haruskah saya kembali berinvestasi dengan AdWords? Pertanyaan-pertanyaan tersebut tentu bisa saja muncul di benak para pemasang iklan di Google AdWords. Di sini idKeyword akan membahas cara sederhana untuk mengetahui apakah promosi iklan anda di AdWords berhasil.
APAKAH GOAL PROMOSI TERPENUHI?

Pertama yang harus dilakukan adalah melihat kembali goal atau tujuan anda dalam berpromosi AdWords. Biasanya tujuan promosi di AdWords antara lain adalah:

  • Meningkatkan Sales secara online dari website.
  • Meningkatkan jumlah kunjungan langsung secara offline, misalnya toko.
  • Meningkatkan jumlah panggilan masuk ke tim sales.
  • Mengumpulkan database leads yang berkunjung ke website.
  • Menambah jumlah member yang bergabung ke dalam website.
  • Meningkatkan awareness terhadap brand produk dan perusahaan.


Tentu masih banyak lagi selain yang telah disebutkan sebelumnya. Mana yang menjadi goal anda? Jika memiliki target mendapatkan 100 orang baru yang melakukan register ke website, cobalah untuk melihat data terkait yang ada selama penayangan iklan di Google AdWords. Jika hasilnya ternyata didapat lebih dari 100 member baru berarti goal terpenuhi dan dapat dikatakan promosi AdWords anda berhasil.
APAKAH RETURN ON INVESTMENT YANG ANDA DAPAT BERNILAI POSITIF?

Return on Investment atau ROI adalah indikator penting dalam mengukur kesuksesan iklan anda. Rumus sederhana ROI adalah sebagai berikut:

ROI = (Net Profit / Biaya yang dikeluarkan)

Contoh perhitungan:
Misalkan anda mengalokasikan dana iklan sebesar Rp 3.600.000. Diakhir masa penayangan ternyata anda mendapatkan 2.000 klik dan dari jumlah klik tersebut 10% melakukan sales. Jika ternyata di setiap sales-nya anda mendapatkan profit sebesar Rp 50.000. Maka ROI anda dapat dihitung sebagai berikut:

Jumlah Klik: 2.000 klik
Jumlah Sales: 10% x 2.000 = 200 sales
Total Profit: 200 x Rp 50.000 = Rp 10.000.000

ROI = (Rp 10.000.000 / Rp 3.600.000) = 2,7

Karena ROI bernilai positif berarti iklan anda di Google AdWords berhasil. Dengan bahasa yang lebih sederhana, dengan mengeluarkan biaya Rp 3.600.00o untuk harga Adwords, anda mendapatkan keuntungan senilai Rp 10.000.000.

Dengan mengetahui apakah goal terpenuhi dan juga apakah ROI anda bernila positif maka pertanyaan “Berhasilkan Promosi AdWords Saya?” bisa anda jawab. Jika berhasil, tentu melanjutkan kembali beriklan di AdWords bisa langsung anda lanjutkan.

Spoiler for Artikel & Bisnis:
Diubah oleh Gusjack 08-10-2013 12:21
0
1.8K
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Ilmu Marketing & Research
Ilmu Marketing & ResearchKASKUS Official
6.2KThread2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.