Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dudakerensexAvatar border
TS
dudakerensex
"Money Politics", Caleg PDI-P Laporkan Sesama Caleg PDI-P [LANGKA]
Maaf kalo repost yeea

Spoiler for sst:


Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Magelang menerima laporan dugaan politik uang pada Pemilu Legislatif 9 April 2014 lalu. Pelapor adalah Suharyanta, calon anggota legislatif (caleg) PDI Perjuangan nomor urut 1 untuk DPRD Kota Magelang, Dapil Magelang Tengah.

Ketua Panwaslu Kota Magelang Zuchron Arrofi menjelaskan, pelapor datang ke kantor Panwaslu pada Jumat (11/4/2014). Pelapor yang juga adalah Sekretaris DPC PDI-P Kota Magelang itu melaporkan dua caleg dari PDI-P dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk DPRD Kota Magelang, dapil yang sama.

Berdasarkan keterangan pelapor, kata Zuchron, dugaan kecurangan itu terjadi pada 8 April 2014 atau sehari sebelum pencoblosan di Kampung Pusung dan Jaranan, RW 7, 8, dan 9 Kelurahan Rejowinangun Utara, Kecamatan Magelang Tengah.

"Diduga dua caleg dari PDI-P dan PKS itu telah memerintahkan seseorang agar membujuk warga untuk memilih caleg tersebut dengan iming-iming uang Rp 100.000," kata Zuhron, Sabtu (12/4/2014).

Selanjutnya, Zuhron mengaku akan melakukan klarifikasi dengan para saksi yang ditunjuk oleh pelapor. "Kami sudah undang para saksi itu, rencananya hari ini, Sabtu 12 April 2014, tapi mereka belum datang," ucapnya.

Sementara itu, Suharyanta menegaskan akan terus melanjutkan laporan ini demi menegakkan demokrasi dan ideologi Pancasila yang selalu dijunjung PDI-P.

Laporan ini telah menimbulkan gejolak di internal partai karena yang dilaporkan adalah sesama caleg PDI-P. "Gejolak itu pasti ada karena saya melaporkan teman sesama kader PDI-P, tetapi sejauh ini mereka mendukung langkah saya jika memang praktik money politics itu terbukti ada," kata Suharyanta.

Hingga saat ini, Suharyanta didampingi pengacaranya terus berupaya mengumpulkan barang bukti dan saksi-saksi. Dia juga telah memiliki rekaman pengakuan warga yang menerima uang.

Ada pula pernyataan dari beberapa pihak yang menurut Suharyanta adalah tim sukses dari dua caleg yang dilaporkan.

"Bukti yang ada di kami, money politics caleg dari PDI-P dilakukan terhadap 14 orang dan caleg PKS terhadap 60 orang. Kami menerima laporan dari tim sukses mereka sehingga kami yakin itu benar terjadi,” ungkapnya.

Link Sumber

---------------------------------------------------------
Terus terang ane nggak tau apa yang terjadi dan motif apa seorang calon anggota dhewan melaporkan calon anggota dhewan yang lain, apalagi yang satu komplotan.
Ane hanya kasian ama yang jadi saksi, udah susah, malah dibikin repot emoticon-Cape d... (S)
0
1.1K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.