Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

comANDREAvatar border
TS
comANDRE
Anies Kritik Parpol Papan Tengah yang Merapat ke Parpol Papan Atas


JAKARTA, KOMPAS.com -- Peserta konvensi calon presiden Partai Demokrat Anies Baswedan mengatakan, partai papan tengah sebenarnya bisa membuat kubu sendiri untuk menghadapi pemilu presiden mendatang. Anies merasa heran ada partai papan tengah yang sudah terburu-buru melakukan manuver dengan menjajaki suaranya dengan tiga partai besar, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Golkar, dan Partai Gerindra.

"Partai tengah sekarang merapat ke tiga kelompok. Aneh. Wong, suara Anda tinggi kok mau-maunya merapat ke tiga besar itu? PKB merapat ke sana, PAN merapat ke lain lagi, di mana confidence Anda?" ujar Anies saat dihubungi, Jumat (11/4/2014).

Dia mengimbau agar partai papan tengah ini tak melupakan basis pemilihnya. Pemilu baru selesai dua hari lalu, tetapi partai papan tengah justru sibuk menjajakan diri ke partai-partai yang ada di peringkat atas.

"Pemilih partai papan tengah ini berharap Anda jalan dengan yang ada, bukan menggunakan suara itu untuk kemudian diperdagangkan. Kok belum apa-apa sudah datang ke partai lain? NU solid dukung PKB, memang masyarakat NU tidak ingin ada tokoh PKB?" sindir Anies.

Penggagas gerakan Indonesia Mengajar ini berharap Partai Demokrat tak menjajakan diri seperti yang dilakukan partai lainnya. Demokrat, kata Anies, harus percaya diri untuk menuntaskan agenda konvensi hingga selesai dan menunjukkan pola seleksi pemimpin yang baik kepada partai lainnya.

Terkait peluang koalisi, Anies melihat Demokrat masih memiliki peluang merangkul partai berbasis Islam yang dalam hitung cepat berada pada level papan tengah.

"Demokrat harus tetap usung capres, karena hanya capres dari partai inilah yang benar-benar bisa melanjutkan program yang sudah ada," ujar Rektor Universitas Paramadina itu.

Anies juga mengaku tak akan berpaling ke partai lain dan tetap fokus menyelesaikan proses konvensi yang sudah mencapai babak akhir. "Saya fokus pada konvensi saja," katanya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono mengakui kekalahan partainya dan mengucapkan selamat kepada PDI-P, Partai Golkar, dan Partai Gerindra yang mendapatkan suara di atas Partai Demokrat versi hitung cepat. SBY juga menyatakan Demokrat membuka koalisi dengan siapa pun, termasuk Partai Gerindra yang sudah memiliki bakal capresnya, Prabowo Subianto.

Pernyataan SBY itu seolah Demokrat tak lagi fokus mengajukan capres. Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Andi Nurpati pun menyatakan partainya kini bersikap realistis. Ketua Komite konvensi Maftuh Basyuni juga menilai pelaksanaan konvensi tak lagi berperan.

sumber
=======

kira-kira partai mana yang bakal jadi oposisi ya? emoticon-EEK!
0
8K
98
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.4KThread41.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.