Berhubung trit m.kaskus.co.id/post/531c572abccb1796318b460c#post531c572abccb1796318b460c
yg sudah bully tempat kerja ane untuk cari nafkah, jujur sampe beranak cucu gak terima gw, tempat kerja gw di jelek'in kaya gini. coba bayangkan tempat kerja agan di jelek'in, pada terima gak agan" sekalian..
Selamat Pagi Sahabat2 se-Kaskus Raya..
maaf kalo postingnya rada ga karuan..
Terimakasih karena Tread ini menjadi Hot Tread, Sehingga Pengalaman Ane (InsyaAllah) bisa jadi Pelajaran buat Kita supaya Terus berhati-hati..
Spoiler for Bukti HT:
Ane mau share kejadian yang ane dan Istri alamin terkait pelayanan Taksi Bluebird dan Taksi Ekspress dalam minggu ini..
Spoiler for KEJADIAN 1:
2 Maret 2014, Terminal 3 Soeta - Karawaci Tangerang via Tol[/b]
Ane baru pulang dari Bali, Baru pulang Honeymoon ..
kluar dari Terminal 3, ane dan istri langsung naek taksi blue bird..
Karena rute belakang ke Tangerang tutul dari jam 9-14 siang, so kami ambil jalur Tol muter ke Tangerang..
(kami nyampe di cengkareng pukul 9 WIB)..
awalnya biasa aja..
trus, pas keluar dari Bandara, mulai hal janggal terjadi.. Argo Taksi mulai bergerak Cepat
Ane perhatiin (Ane lumayan ngerti Mesin, Soalnya pernah jdi Driver mobil Rental)..
si Supirnya maenin putaran mesin di atas 3000rpm dengan porsneling 3 dan 4.
kontan aja itu Argo kenceng banget..dan lucunya, si Supir maenin gas sambil ngeliat kita lewat kaca spion dalam..
Ane tegur aja.." Bos, ga usah maenin gas mobilnya lah, kalk gigi 4 ya empat aja..3 ya 3 aja..
ga usah geber2 mobilnya dk gigi 3..
saya mjnta untuk maenin mobilnya di rpm 2500, ga boleh lebih.. dan paling kencang 70kpj..(Saat itu, argo udah 35rb-an, padahal blom masuk gerbang Tol Cengkareng)..
Eh, dengan lugunya si Supir ngomong "Oh, MAS NGERTI JUGA YA..?"..
Ane semprot tu Supir, " ya iyyalah ngerti, saya kan montir Pak.." Saya Punya bengkel di Aceh..
akhirnya si Supir nurut..dan nyetir sewajarnya..dan Argonya lambat Bro..
sambil Lalu, Ane nasihatin tuh Driver..
"Pak, kalo cari Rezeki itu yang halal, soalnya kita sama2 kerja.. dan kalo uang Haram yang kita cari, kasihan Anak Istri Kita,
makan Uang Haram yang kita hasilkan setiap Hari.., Ngerti Pak..Cari uang Halal itu susah memang, tapi lebih nikmat, karena kita dicintai orang2..".
Dia cuma angguk2 Geleng2 aja..
stibanya di rumah ane, Argonya jalan sampe Rp 122.000..Ane kasih tips 20.000, tpi karena berhubung uang ane 150.000.. dia harus balikin Rp 8.000.. Truz dia nanya, 8.000nya dibalikin ga Mas, "Balikin lah, kan ane udah ngasih tips 20.000.. Dasar ga bersyukur, ..
Nomor pintu dan nama Supir ga ane share karena udah dpag ganti rugi dari Bluebirdgroup..
Spoiler for KEJADIAN 2:
9 Maret 2014, Karawaci Tangerang - Tangcity Mall[/b]
Kali ini Pelakunya adalah Taksi Express dengan nomor Pintu TC 8086, nama Driver M. Ito..
kronologisnya gini Gan..
Istri ane tadi jam 11 mau jalan ke Tangcity..
Ane anterin sampe Siloam Karawaci Tangerang..
trus di situ mangkal 3 Taksi Ekspress..
Istri ane naek salah satunya..
Spoiler for Nomor Pintu Taksinya:
Istri ane bilang Tujuannya Ke Tangcity Mall..
Kejadian bodohnya itu berawal dari Si Supir Taksi yang ga masuk ke gerbang tol ke arah Tangerang..
Si Supir nyetir lurus ke Arah Jakarta, Padahal seharusnya dia ambil jalur ke kiri.
Istri ane protes Karena si supir taksi ga masuk tol ke Tangerang..
si Supir cuma ngomong, " Kita mutar ddpan aja..oiyya, Mbak bukannya mah ke Bekasi ya..?
Istri ane kaget," lha, kok bekasi, saya bilang tadi ke Tangcity Mall"..
Nah, pas udah lwat di Kebon Jeruk, si supir bjngung, kok jauh banget ya tempat mutarnya..
Si Supir Taksi langsung matiin argo nya.. seingat Istri ane, argonya dimatiin pas Rp 60.000-an gitu..
akhirnya si Supir terpaksa mutar di Tol Kembangan Jakarta Barat..
konyolnya, si Supir matiin AC..
walaupun Akhornya dinyalain karena Istri ane protes..
sesampainya di Tangcity, si supir minta tllong buat dibayar seikhlasnya, Istri ane ngasih Rp 25.000..
Kejadian ini udah ane laporin ke customer carenya..
ini tanggapanny
Spoiler for Tanggapan Customer care Ekspress:
..
Itu pengalaman kita yang dikibulin Supir Taksi "Ternama"..
KESIMPULAN
sebelum naek taksi, yg anda harus lakukan :
1. kenali taksi anda, kalo bisa cari taksi yang ternama yg CSnya tanggap, yaitu Bluebird atau Ekspress..
2. Catat Nomor Pintu Taksi dan Nama drivernya..tujuannya biar bsa laporin si supir kalo macem2..
kalo salah satu ga ada, misalnya ga ada nama driver yg dipajang di taksi, langsung gaanti taksi..
tujuannya biar ga diculik..
3. ketahui rute yang bakal kita tempuh..kalo anda org baru atau pendatang, pake GPS, atau tanya ke temen2 yang tau rute terdekat..
4. tegas terhadap supir nakal, kalo ini, mental agan2 hrus kuat..
5. Jangan segan buat marahin tu supir..
Kalo Agan2 mengalami hal kayak ane, ini Email Customer care Perusahaan Taksi blue bird dan Ekspress..
Spoiler for Layanan Konsumen Bluebird dan Express:
Ekspress : customercare@expressgroup.co.id Bluebird:
JAKARTA
BLUE BIRD & PUSAKA : (021) 7917 1234 / 794 1234
Customer Care Center : (021) 797 1245
E-mail : customercare@bluebirdgroup.com
BANDUNG
BLUE BIRD : (022) 756 1234
Customer Care Center : (022) 756 1222
maaf, tread ane acak2an, karena cuma pake Kaskus Android..
Spoiler for Tanggapan Agan Clifto:
Spoiler for Nasihat Agan ken Nero:
Gan, menaikkan putaran mesin itu untuk akselerasi gan.. atau percepatan.. misalnya mau naik gigi, kita harus akselerasi dlu, dan idealnya kalo mau masukin giginya lancar, rpm minimal 2500-an..
monggo dikritisi yaa..
Btw, Bnyak Agan-agan yang ga "ngerti" bahasa ane "geber" atau maenin gas..
Spoiler for Ga ngerti Maksud Geber/maenin gas:
Ini ada Contoh Maenin gas menurut ane..
Spoiler for Geber2 Motor:
[YOUTUBE]
Spoiler for Analisis Logis Versi TS:
Maksud Maenin Gas di gigi 3, itu maksudnya si Supir lagi buat mobil kita berakselerasi hingga putaran mesin melebihi seharusnya, lalu waktu mobil sudah menjerit (rpm di atas 3000), di masukin gigi 4, dan rpm standar lagi di 2000-an, truz gas nya di turunin lagi supaya putaran mesin mobil juga ikut turun dan dengan sendirinya mesin minta untuk turun porsneling ke posisi 3, dan rpm jadi 3000-an lagi ..dan argo pun melaju kencang..
Seingat ane waktu Pelajaran Fisika Mekanika dulu, Putaran mesin pada mobil mempengaruhi gerak lengan gaya yang memutar roda. dan Kecepatan mobil dihitung dari seberapa lama Roda ban (dihitung dari keliling ban) menyelesaikan satu putaran per detik.
Menurut Analisis ane, Letak utama masalah kejahilan supir taksi adalah bukan dengan kalibrasi argo dengan putaran yang dilakukan Tuas roda berdasarkan dari ukuran keliling ban, atau seberapa cepat putaran tuas roda,
Tetapi dengan menggunakan kecepatan putaran mesin yang tinggi, tetapi tetap mempertahankan kecepatan Laju kendaraan yang lambat sehingga memperpanjang waktu tempuh. Ini berlaku buat mobil, kita maenkan gigi 3 dan putaran mesin tinggi di kisaran 3000-an, kecepatan mobil hanya akan hampir menyentuh 70km/h. sedangkan dengan gigi 4, putaran mesin 2500, bisa menyentuh kecepatan 75-80 km/h.
Patut dicurigai, Supir taksi mengutak atik argo agar sesuai dengan sensor putaran mesin, atau dengan mengakali sensor Pengukur jarak pada mobil (odometer dan trip meter) itu dengan cara menahan Kopling. Tujuannya adalah menahan tenaga dari Tuas mesin ke Roda, sehingga seolah2 mobil telah melaju, padahal tidak.. makanya Argonya jalan Kencang.
So Kita di Kibulin lewat waktu dan Biaya yang Mahal.
Ini nih Tambahan dari Kaskuser :
Spoiler for Penjelasan Logis dari Agan Zhie09, Mantap Gan:
Spoiler for Tanggapan Agan simioijo:
Spoiler for Tanggapan dari Sudut pandang Ekonomi Agantaqinsani:
Berhubung banyak yang Minta penjelasan, dan ada Request ke PM dari agan tarzanxxx yang nanya gimana ngebedain speedometer, rpmmeter, dll, ane edit foto speedometer mobil yang ane ambil dari internet..
Spoiler for Speedometer Mobil:
Spoiler for Saran Dari Agan Virgil Bandung:
Spoiler for Tambahan dari Agan Virgil Bandung Lagi:
Ane memang bukan Montir gan..Dan Bengkel kami blom pernah nanganin Taksi..Tapi Ane ngerti mesin karena keluarga kami punya saham di Salah Satu bengkel Mobil di Banda Aceh. So sedikit bnyak ane tahu.
btw, Bajaj ane ini gan..
Spoiler for Bajaj:
ada juga yang meragukan :
Spoiler for Ragu:
Ane tanggapin gan :
1. Tarif normal Soeta-Binong karawaci tangerang :
- jalur Belakang Bandara 70-90k, karena kondisi macet di bbrapa titik sperti Jalan Keluar Bandara, dan di Islamic. Pukul 9-14 siang jalur ini ditutup karena sedang ada pembangunan Jalur Kereta Api MRT.
- Jalur Tol, ane cuma 2 kali pake jalur ini karena sering ke Bandara Soeta pagi2 dari Tangerang. Yang pertama hampir 160-an Ribu, kali ini 122rb dengan kondisi jalan sama-sama lancar. Dan ane buru-buru negur supir taksi (cerita pertama) karena pengalaman yang pertama Supirnya Nyetir ugal2an dengan argo kencang.
2. Menyangkut Hidup Supir Taksi, ane ga nyalahin Supir Taksi secara keseluruhan di Tread ane. Cuma share pengalaman ane naek taksi Branded sperti BB dan EKs yang Supirnya Ngeyel.
3. Masalah rpm, cek tanggapan dari kaskuser lain..
argo punya hubungan dengan Putaran mesin, aliran BBM mesin, gerakan roda..
Tread ane cuma mengingatkan untuk lebih waspada.
Bukan menjudge..karena dari 1000 apel dalam satu keranjang, pasti ada 1, 2, atau mungkin 10 apel yang busuk. tugas kita cuma menghindari apel yang busuk.
Buat Yang Ngerasa Sharing Ane Berguna Untuk Masyarakat Indonesia yang Mencintai taksi sebagai kendaraan Se Hari-hari..
Tolong Di rate
yang Udah ISO,
Ane Ga keberatan dengan Ijo-ijonya
neh gw jelasin secara rinci ya dek...!!!
ada banyak kejanggalan trit TS itu..
[/spoiler]1. Masalah judul nya, asli dongkolin bener, gw tanya udah brp kali sih lw naik taksi..? bisa" nya lw hakim'in dengan kata "banyaknya". hah..?[/spoiler]
[/spoiler]2. Bos kalau gak tau argo gak ush bikin trit, gw ingetin sekali lagi RPM pada mesin gak ngaruh buat argo, mau tau argo? argo berubah pada putaran roda bukan pada putaran mesin, gak percaya lw, gw jabanin lw jadi supir taksi, lw rasa'in gimana, kalau belum tau gak usah hakim'in gitu dong.[/spoiler]
Spoiler for :
3. itu supir expres tega"nya lw laporin ke CS nya, kasihan kalau supir itu di pecat gimana.? ente mau yg umpanin keluarga nya hah.. do'i kan udh matikan argo di angka 60 rb, istri ente jg gak bayar segitu kan, wajar kalau supir itu salah, banyak kemungkinan dia gak denger,lupa dll, kecuali istri ente bayar dengan sesuai argo baru ente lapor gpp, wajar jg AC di mati'kan emng istri ente yg mau beli bensin nya hahhh...? *emosi tingkat dewa gw
Spoiler for :
4. Tarif normal emng segitu dari bandara ke karawaci, gua aja bawa sewa dari hotel horison ke bandara cuma 210 rb
Spoiler for :
5. banyak bangat kejanggalan dalam kata" TS itu, coba agan baca dengan teliti..
neh perhitungan nya..:
Merespon banyaknya pertanyaan berulang tentang ongkos taksi dari satu tempat ke tempat lain, beginilah cara saya memperkirakan ongkos taksi di Jakarta.
Spoiler for :
1.Buka halaman situs web Google Maps (http://maps.google.com/)
Buka halaman situs web Google Maps (http://maps.google.com/)

Spoiler for :
2. Klik kotak [Dapatkan petunjuk arah]
Spoiler for :
3.Buka halaman situs web Google Maps (http://maps.google.com/)

Google Maps
Klik kotak [Dapatkan petunjuk arah]

Klik "Dapatkan petunjuk arah"
Tulis titik berangkat di kotak (A), misalnya: Terminal Bus Lebak Bulus
Google akan menampilkan beberapa prediksi tempat yang kita tulis. Pilih yang kita maksud. Saya pilih yang ini: Terminal Bus Lebak Bulus, Terminal Bus Lebak Bulus, Jl Arteri Pasar Jum%26%2339%3Bat Lebak Bulus Cilandak Jakarta Selatan DKI Jakarta, Indonesia
Tulis titik tujuan di kotak (B), misalnya: Pasar Baru, Jakarta, Indonesia
Klik ikon mobil. Default-nya memang ikon mobil ini yang terpilih
Spoiler for :
4. Masukkan titik berangkat dan titik tujuan
Kamu dapatkan rute yang sebaiknya ditempuh.
Spoiler for :
5. Kamu dapatkan rute yang disarankan
Biasanya Google Maps ngasih satu rute saja, tapi kadang-kadang dia memberikan beberapa alternatif jalan. Kalau pakai contoh ini (dari Terminal Lebak Bulus ke Pasar Baru), ia memberikan pilihan apakah saya akan menempuh:
Jalan Fatmawati (22,9 km, 32 menit)
Jalan Sudirman (21, 8 km, 35 menit)
Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (26,4 km, 35 menit)
Misalkan kamu ambil rute pertama, 22,9 km, sementara saya ambil rute ketiga, 26,4 km. Kalikan jarak ini dengan tarif per km taksi yang kamu tumpangi. Lihat halaman tarif taksi di Jakarta untuk lebih lengkapnya.
Oke, misalnya kamu pake Taksi Express, sementara saya pake Blue Bird. Saat saya tulis artikel ini, Express memakai tarif bawah (tarif awal Rp 5.000 + Rp 2.500/km) dan Blue Bird memakai tarif atas (tarif awal Rp 6.000 + Rp 3.000/km). Maka siapa membayar berapa?
Kamu membayar Rp 62.250 = Rp 5.000 + (22,9 km x Rp 2.500/km)
Saya membayar Rp 85.200 = Rp 6.000 + (26,4 km x Rp 3.000/km)
Terkadang rute yang kamu pilih melalui jalan tol. Coba lihat lagi pilihan rute di atas. Rute ketiga yang saya pilih melalui jalan tol. Karena itu, saya harus memasukkan ongkos tol ke dalam hitungan saya.
Ongkos saya Rp 92.700 = Ongkos taksi Rp 85.200 + Masuk tol misalnya Rp 7.500
Ah, sederhana sekali ‘kan caranya. Mudah-mudahan jelas ya. Oke deh, selamat jalan-jalan. Moga bermanfaat.
Sekali lagi gw gak rela tempat gw mengais rejeki di jelek"'in, bos modal tempat kami bekerja hanya dengan "Kepercayaan", kami bergerak di bidang jasa, tampa itu gak berguna sama sekali.
Jujur ane pengemudi Blue Bird pool ane di Tambun bekasi mobil batangan ane TBE 3776 sampai kapan pun gw gak terima TS itu menghina tempat kerja gw, dan sekali lagi ane bilang di Blue Bird kami ada pelatihan sampai 4x dalam setahun *khusus anak baru, di dalam traning tersebut di jelaskan argo bergerak kalau roda mesin bergerak, gak ada disana dijelaskan RPM tinggi argo ikut tinggi, kalau agan" gak percaya ikut'in dan pelatihan / BT 1 selama 2 hari di Pool Sutoyo Cawang disana akan dijelas'kan dengan sangat detail
sekian trit ane, dan ane perjelas lagi BAGI YANG BELUM TAU ARGO TAKSI, ARGO BERGERAK DENGAN PUTARAN RODA, BUKAN PERPUTARAN MESIN.
0
53.8K
Kutip
33
Balasan
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!