- Beranda
- The Lounge
8 Jenis KECURANGAN yang paling sering karyawan lakukan + SOLUSI-nya
...
TS
nugandaf
8 Jenis KECURANGAN yang paling sering karyawan lakukan + SOLUSI-nya
Assalamualaikum wr wb
What a Wonderful Day!
Ditengah kemacetan Jakarta akibat banjir, akhirnya saya bisa juga sampai kekantor klien. Kali ini keluhannya hampir seluruhnya berkaitan dengan karyawan. Hingga dia mengambil kesimpulan:
“Apa iya masih ada pegawai yang jujur ya bro? ada yg polos tapi susah mikir, ada yang pinter, eh malah saya yang dikadalin…”
“Gimana usaha saya bisa berkembang kalau pegawai rentan ‘mencuri’ dan ‘ngakali’…”
Saya tersenyum dan mencoba membuka pikirannya. Ingat kata bang napi?
“Kejahatan tidak hanya terjadi karena ada niat, tetapi juga karena ada KESEMPATAN, WASPADALAH..!”
Hahaha, quote legendaris tapi begitu dalam maknanya. Kaitannya jelas, 2 penyebab kejahatan adalah NIAT dan KESEMPATAN.
Bagaimana mendapatkan pegawai yang tidak memiliki Niat buruk dan benar2 ingin bekerja? Lihat Track Recordnya, siapa yang merekomendasikan, sudah pernah bekerja dimana saja, wawancara dia agar tau sifatnya seperti apa, dll. Intinya, Rekrutlah karyawan dengan TELITI, jangan asal rekrut dan meremehkan proses rekrutmen.
Nah, Niat baik saja ternyata tidak cukup, PR seorang pengusaha masih ada 1 lagi, yaitu MEMINIMALISIR Kesempatan untuk terjadinya tindak kecurangan.
Setidaknya ada 8 bentuk kecurangan yang sering pegawai lakukan, kita akan bahas modusnya dan solusi untuk mencegahnya.
1. Mencuri Uang
2. Mencuri Stok
3. Mark up Harga Jual
4. Mark up Harga Beli
5. Mencuri / Mengambil Konsumen
6. Menyalahgunakan Aset (telpon, Mobil)
7. Menerima Suap
8. Membantu Kompetitor
“ oke bro, saya jadi optimis bisnis ini bisa terus berkembang tanpa khawatir tentang kecurangan karyawan”
Si klien pun menjabat tangan saya.
Ah.. saya masih harus menembus macetnya jakarta di sore hari, untung tim saya masih menyimpan semangat untuk bergumul dengan macet, saya tidak sendiri
kesimpulan sharing kita hari ini adalah:
Mencegah lebih baik daripada mengobati, kan?
Okee, kita sharing lain waktu lagi ya!
Ane juga buat beberapa video sharing:
Video 2:
Halo Konsultan | Bagaimana Mendapatkan Pelanggan Pertama & Bangkit Dari Kegagalan Bisnis
Thread lengkapnya:
[Official] Halo Konsultan: Agan tanya, Konsultan Menjawab via Video | Real Case!
Have a Wonderful Day!
What a Wonderful Day!
Ditengah kemacetan Jakarta akibat banjir, akhirnya saya bisa juga sampai kekantor klien. Kali ini keluhannya hampir seluruhnya berkaitan dengan karyawan. Hingga dia mengambil kesimpulan:
“Apa iya masih ada pegawai yang jujur ya bro? ada yg polos tapi susah mikir, ada yang pinter, eh malah saya yang dikadalin…”
“Gimana usaha saya bisa berkembang kalau pegawai rentan ‘mencuri’ dan ‘ngakali’…”
Saya tersenyum dan mencoba membuka pikirannya. Ingat kata bang napi?
“Kejahatan tidak hanya terjadi karena ada niat, tetapi juga karena ada KESEMPATAN, WASPADALAH..!”
Hahaha, quote legendaris tapi begitu dalam maknanya. Kaitannya jelas, 2 penyebab kejahatan adalah NIAT dan KESEMPATAN.
Bagaimana mendapatkan pegawai yang tidak memiliki Niat buruk dan benar2 ingin bekerja? Lihat Track Recordnya, siapa yang merekomendasikan, sudah pernah bekerja dimana saja, wawancara dia agar tau sifatnya seperti apa, dll. Intinya, Rekrutlah karyawan dengan TELITI, jangan asal rekrut dan meremehkan proses rekrutmen.
Nah, Niat baik saja ternyata tidak cukup, PR seorang pengusaha masih ada 1 lagi, yaitu MEMINIMALISIR Kesempatan untuk terjadinya tindak kecurangan.
Setidaknya ada 8 bentuk kecurangan yang sering pegawai lakukan, kita akan bahas modusnya dan solusi untuk mencegahnya.
1. Mencuri Uang
Spoiler for Mencuri Uang:
2. Mencuri Stok
Spoiler for Mencuri Stok:
3. Mark up Harga Jual
Spoiler for Markup Harga Jual:
4. Mark up Harga Beli
Spoiler for Mark Up Harga Beli:
5. Mencuri / Mengambil Konsumen
Spoiler for Konsumen:
6. Menyalahgunakan Aset (telpon, Mobil)
Spoiler for Aset:
7. Menerima Suap
Spoiler for SUAP:
8. Membantu Kompetitor
Spoiler for Kompetitor:
“ oke bro, saya jadi optimis bisnis ini bisa terus berkembang tanpa khawatir tentang kecurangan karyawan”
Si klien pun menjabat tangan saya.
Ah.. saya masih harus menembus macetnya jakarta di sore hari, untung tim saya masih menyimpan semangat untuk bergumul dengan macet, saya tidak sendiri
kesimpulan sharing kita hari ini adalah:
Mencegah lebih baik daripada mengobati, kan?
Okee, kita sharing lain waktu lagi ya!
Ane juga buat beberapa video sharing:
Video 2:
Halo Konsultan | Bagaimana Mendapatkan Pelanggan Pertama & Bangkit Dari Kegagalan Bisnis
Thread lengkapnya:
[Official] Halo Konsultan: Agan tanya, Konsultan Menjawab via Video | Real Case!
Spoiler for My Another Threads:
Have a Wonderful Day!
Diubah oleh nugandaf 21-04-2015 09:02
0
80.3K
827
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
924.7KThread•89.4KAnggota
Urutkan
Terlama
Komentar yang asik ya