Kaskus

Entertainment

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 8 Jenis KECURANGAN yang paling sering karyawan lakukan + SOLUSI-nya

nugandafAvatar border
TS
nugandaf
8 Jenis KECURANGAN yang paling sering karyawan lakukan + SOLUSI-nya
Assalamualaikum wr wb

What a Wonderful Day!


Ditengah kemacetan Jakarta akibat banjir, akhirnya saya bisa juga sampai kekantor klien. Kali ini keluhannya hampir seluruhnya berkaitan dengan karyawan. Hingga dia mengambil kesimpulan:

“Apa iya masih ada pegawai yang jujur ya bro? ada yg polos tapi susah mikir, ada yang pinter, eh malah saya yang dikadalin…”

“Gimana usaha saya bisa berkembang kalau pegawai rentan ‘mencuri’ dan ‘ngakali’…”


Saya tersenyum dan mencoba membuka pikirannya. Ingat kata bang napi?

“Kejahatan tidak hanya terjadi karena ada niat, tetapi juga karena ada KESEMPATAN, WASPADALAH..!”

Hahaha, quote legendaris tapi begitu dalam maknanya. Kaitannya jelas, 2 penyebab kejahatan adalah NIAT dan KESEMPATAN.

Bagaimana mendapatkan pegawai yang tidak memiliki Niat buruk dan benar2 ingin bekerja? Lihat Track Recordnya, siapa yang merekomendasikan, sudah pernah bekerja dimana saja, wawancara dia agar tau sifatnya seperti apa, dll. Intinya, Rekrutlah karyawan dengan TELITI, jangan asal rekrut dan meremehkan proses rekrutmen.

Nah, Niat baik saja ternyata tidak cukup, PR seorang pengusaha masih ada 1 lagi, yaitu MEMINIMALISIR Kesempatan untuk terjadinya tindak kecurangan.
Setidaknya ada 8 bentuk kecurangan yang sering pegawai lakukan, kita akan bahas modusnya dan solusi untuk mencegahnya.

1. Mencuri Uang

Spoiler for Mencuri Uang:


2. Mencuri Stok

Spoiler for Mencuri Stok:


3. Mark up Harga Jual

Spoiler for Markup Harga Jual:

4. Mark up Harga Beli

Spoiler for Mark Up Harga Beli:


5. Mencuri / Mengambil Konsumen

Spoiler for Konsumen:


6. Menyalahgunakan Aset (telpon, Mobil)

Spoiler for Aset:

7. Menerima Suap

Spoiler for SUAP:


8. Membantu Kompetitor

Spoiler for Kompetitor:


“ oke bro, saya jadi optimis bisnis ini bisa terus berkembang tanpa khawatir tentang kecurangan karyawan”

Si klien pun menjabat tangan saya.

Ah.. saya masih harus menembus macetnya jakarta di sore hari, untung tim saya masih menyimpan semangat untuk bergumul dengan macet, saya tidak sendiri emoticon-Big Grin

kesimpulan sharing kita hari ini adalah:

Mencegah lebih baik daripada mengobati, kan?

Okee, kita sharing lain waktu lagi ya!


Ane juga buat beberapa video sharing:

Video 2:

Halo Konsultan | Bagaimana Mendapatkan Pelanggan Pertama & Bangkit Dari Kegagalan Bisnis



Thread lengkapnya:

[Official] Halo Konsultan: Agan tanya, Konsultan Menjawab via Video | Real Case!

Spoiler for My Another Threads:


Have a Wonderful Day!
Diubah oleh nugandaf 21-04-2015 09:02
0
80.3K
827
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
KASKUS Official
924.7KThread89.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.