Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Hi5okaAvatar border
TS
Hi5oka
Manggis Asal Purwakarta Berhasil Diekspor ke Tiongkok dan Selandia Baru



Jakarta - Pemerintah Selandia Baru akhirnya meloloskan buah manggis asal Indonesia untuk masuk ke negaranya. Manggis yang sebagian besar berasal dari Purwakarta, Jawa Barat (Jabar) ini diekspor sebanyak 1 kontainer dengan volume 20 ton. Selain itu juga diekspor ke Tiongkok.

"Masih sangat kecil sebenarnya, untuk ekspor manggis, cuma 1 kontainer sekitar 20 ton. Tapi lumayanlah kan baru awal," ujar Ketua Asosiasi Eksportir Sayur dan Buah Indonesia (AESBI) Hasan Johnny Widjaja kepada detikFinance, Minggu (6/4/2014)

Selandia baru menjadi pangsa ekspor yang cukup untuk menarik untuk buah manggis. Kedepan manggis akan diupayakan untuk secara rutin diekspor pada setiap bulannya.

Hasan menambahkan, manggis yang diekspor berasal dari daerah Purwakarta dan beberapa kota lain di wilayah Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur (Jatim). Meskipun lahan manggis sudah tersebar luas sampai dengan pelosok negeri.

"Kalau yang diekspor itu dari Purwakarta. Paling banyak dari sana. Ada juga dari daerah lain tapi sedikit. Purwakarta ini kan karena dekat juga dengan Jakarta. Lebih efisien kan untuk pengiriman ke luar," jelasnya.

Bila dibandingkan dengan Tiongkok, ekspor ke Selandia Baru memang jauh lebih kecil. Manggis yang dipasok ke negeri tirai bambu tersebut bisa mencapai 40 ton atau 2 kontainer per Minggu.

"Kalau kebutuhan itu Tiongkok adalah 5-6 kontainer per minggu, tapi yang kita ekspor kesana baru 2 kontainer rata-rata per minggu," kata Hasan.

Menurutnya, dengan memenuhi kebutuhan pasar Tiongkok, keuntungan yang didapat sudah cukup besar. Akan tetapi, manggis juga butuh diperkenalkan ke negara lain. Karena tidak banyak yang mampu memproduksinya.

"Kalau terpenuhi saja pasar Tiongkok, itu sudah besar banget. Ada sekitar 1,5 miliar orang penduduknya. Selandia Baru paling cuma 5 juta. Tapi ini kan juga untuk mengenalkan manggis juga negara lain. Awal yang bagus lah ekspor ke Selandia Baru ini," terangnya.

Prospek dari buah manggis kedepannya sangat bagus. Sebab berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Di samping rasa buah yang juga sangat unik dan enak. "Orang-orang dari negara lain itu sudah tahu khasiatnya, prospeknya bagus," kata Hasan.
http://m.detik.com/finance/read/2014...-selandia-baru
0
1.1K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.