Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Cerita Bill Gates: Sumbang Rp 400 M Untuk Berantas Polio dan TBC di RI

edo gawaAvatar border
TS
edo gawa
Cerita Bill Gates: Sumbang Rp 400 M Untuk Berantas Polio dan TBC di RI
Jakarta - Hari ini, Bill Gates, orang terkaya dunia yang juga pemilik Microsoft datang ke Jakarta. Tujuannya adalah menggalang dana untuk memberantas sejumlah penyakit di Indonesia melalui Indonesia Health Fund.

Di depan 120 undangan yang hadir, pria berumur 58 tahun ini memberi sambutan dan berkisah soal pemberantasan penyakit yang dia lakukan melalui Bill & Melinda Gates Foundation.

"Ketika muda saya nggak tahu soal kesehatan cuma tahu software, saya nggak pernah merasakan kemiskinan dan negara saya take it for granted, kemudian saya mulai membaca, lebih dari satu juta anak di dunia mati gara-gara diare," papar Gates pada acara yang berlangsung di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (5/4/2014).

Pada pertemuan itu, Bill Gates didampingi Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi, Menko Kesra Agung Laksono, dan Chairman serta CEO Grup Mayapada Dato Sri Tahir.

Banyaknya anak-anak di dunia yang meninggal karena diare membuat Gates mulai peduli terhadap kesehatan dan ingin memberantas sejumlah penyakit di dunia.

"Kenapa itu masih ada padahal kita punya advance science. Vaksin hanya tersedia di negara-negara kaya, padahal anak-anak di negara maju nggak banyak yang menderita itu. Ada 5% anak-anak mati di bawah umur 5 tahun," ujar dia.

Karena itu, Gates tergugah untuk lebih peduli membantu masyarakat terbebas dari penyakit-penyakit seperti malaria, HIV AIDS, TBC, polio, dan lain-lain.

Melalui Indonesia Health Fund, Gates menyumbangkan dananya hingga US$ 40 juta atau sekitar Rp 400 miliar. Kemudian diikuti 8 pengusaha nasional yang juga ikut menyumbang masing-masing US$ 5 juta selama 5 tahun. Berarti jumlah dana yang disumbangkan mencapai US$ 80 juta atau sekitar Rp 800 miliar.

"Jadi 10% dari dana itu salah satunya akan digunakan untuk polio, karena 5.000 orang per tahun di Indonesia lumpuh, jadi ada komitmen dari dunia untuk mengentaskan itu. TBC juga masih jadi masalah serius di Indonesia. Kita harus punya peralatan untuk mendiagnosis penyakit tersebut supaya bisa diobatin semuanya," tandasnya.

Menurut Forbes, Gates merupakan orang terkaya nomor satu di dunia dengan harta US$ 77,2 miliar atau Rp 772 triliun.

Sejak tahun 2009, Bill bersama istrinya Melinda Gates sudah menyumbangkan 90% dari penghasilannya untuk kemanusiaan. Sumbangan ini kemudian disalurkan melalui Bill and Melinda Gates Foundation.

Dana yang ia kumpulkan kemudian disalurkan ke berbagai sektor, seperti kesehatan, pendidikan, sampai pemberantasan kemiskinan.

Ia juga mengajak orang-orang yang berniat menyumbang untuk bergabung bersama yayasannya. Ia juga menerima ide-ide baru yang bisa diterapkan dalam sumbangan kesehatan, pendidikan, dan pemberantasan kemiskinan tadi.

Meski 90% penghasilannya disalurkan untuk kemanusiaan, tapi harta Gates tak kunjung berkurang. Malah bisnis perusahaan miliknya, Microsoft, terus berkembang dan menghasilkan lebih banyak uang.

Menurut Bill, ia diberi nasihat soal sumbangan oleh seniornya, Warren Buffet, supaya jangan sekedar memberikan uang tapi cari permasalahan yang sulit, beri sumbangan dan selesaikan masalah tersebut.

Berdasarkan laporan keuangan Bill and Melinda Gates Foundation, selama tahun 2012 lalu pihaknya sudah menyumbang sebanyak US$ 3,16 miliar (Rp 31,6 triliun) ke berbagai sektor.
_______________________________________

Kira2 yg kemarin2 teriak zionis...zionis... itu malu ga ya???

hahahahahaha
0
1.3K
16
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.