Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

y03nAvatar border
TS
y03n
[Tifatul Sembiring] Dapat PNBP Besar, Kominfo Jualan 'Jin'
[Tifatul Sembiring] Dapat PNBP Besar, Kominfo Jualan 'Jin'
Jakarta - Menkominfo Tifatul Sembiring mengatakan bahwa kementerian yang dipimpinnya menghasilkan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) terbesar kedua. Dengan berkelakar, Tifatul menyebut sebagian besar dari jualan 'jin'. Loh?

"Kominfo mendapatkan PNBP nomor dua terbesar di antara kementerian dan lembaga lainnya, setelah Kementerian ESDM. Namun, Kementerian ESDM itu kan punya batubara, minyak dan gas. Kita tidak punya itu, jualan Kominfo itu ya cuma udara (frekuensi-red.) yang disewakan," tutur Tifatul, di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Senin (11/6/2012).

Sewa udara, juga tidak memerlukan alat besar yang harus dikeluarkan oleh pemerintah. Sebab, si penyewa dalam bentuk milimeter blok ini juga harus menyediakan alatnya sendiri untuk berjualan.

Tidak mengherankan, dijelaskan olehnya, PNBP Kominfo dari tahun ke tahun terus mengalami kenaikan. Tahun 2009, pemasukan negara mencapai Rp 10,5 triliun, lalu tahun 2010 sebesar Rp 12,8 triliun. Padahal anggaran yang diberikan sebesar Rp 2,8 triliun saja dari pemerintah pusat.

"Untuk tahun 2011 memang turun yakni sebesar Rp 11 triliunan saja. Tapi untuk tahun ini kitar targetkan akan ada PNBP senilai Rp 14 trilun. Insya Allah tercapai," tambahnya.

Melihat barang yang dijual serta hasil yang didapatkan, Tifatul pun berkelakar Kemenkominfo seperti berdagang 'jin'. "Iya, kita seperti berdagang jin saja, barangnya tidak kelihatan, duitnya kelihatan".

Mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera ini juga buru-buru menampik kalau uang yang berasal dari PNBP ini disimpan oleh Kementerian Kominfo. Sebab, uang tersebut langsung meluncur ke Kementerian Keuangan, dan tidak boleh tertahan lebih dari 24 jam.

"Saya perlu jelaskan, karena saya sering di-bully di media sosial soal uang ini. Kita ini seperti debt collector saja atau penagih uang. Karena uang tersebut masuknya ke Kementerian Keuangan," tandasnya.

http://inet.detik.com/read/2012/06/1...nfo-jualan-jin

Capaian PNBP Kemenkominfo Nomor Dua Setelah Kementerian ESDM

PENDAPATAN Negara Bukan Pajak (PNBP) dari Kementerian Komunikasi dan Informasi tahun lalu melampaui target Rp 12,25 triliun, terbesar kedua setelah Kementerian ESDM. Tahun ini, Menkominfo Tifatul Sembiring optimistis bisa meraih PNBP Rp 13 triliun.

Senayan - Menteri Komunikasi dan Informasi Tifatul Sembiring optimistis target Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di instansinya pada 2014 sebesar Rp 13 triiun akan tercapai. Sebab, pada tahun lalu target PNBP sebesar Rp 12,25 triliun tercapai bahkan terlewati.

"PNBP Kemenkominfo tahun 2013 mencapai Rp 13,59 triliun atau 110,94 persen dari target 2013 sebesar Rp 12,25 triliun. Kita optimistis target PBNP Kemenkominfo tahun 2014, Rp 13 triliun, dapat kita capai," jelas Tifatul Sembiring di sela-sela menghadiri raker tertutup di Komisi I DPR, Senin (20/1).

Tifatul mengatakan, capaian PNBP Kemenkominfo tahun 2013 meningkat 17,3 persen dibandindingkan PNBP tahun 2012 yang mencapai Rp 11,585 triliun. Pada tahun 2011, capaian PNBP instansi ini mencapai Rp 11,232 triliun.

Menurut Tifatul, peningkatan jumlah PNBP terjadi karena industri sektor telekomunikasi tumbuh pesat. Kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan layanan telekomunikasi terus tumbuh.

"Capaian PNBP dari Kemenkominfo merupakan yang terbesar kedua setelah Kementerian ESDM," kata Tifatul berbangga.

Dari total nilai PNBP 2013, sumber pendapatan terbesar berasal dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kominfo sebesar Rp 10,888 triliun. Sisanya berasal dari direktorat lain seperti Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika.

http://www.jurnalparlemen.com/view/7...rian-esdm.html

[Tifatul Sembiring] Dapat PNBP Besar, Kominfo Jualan 'Jin'

Dasar PKS......Masa Prestasinya cuma gitu doank...

emoticon-Ngakak

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Diubah oleh y03n 03-04-2014 10:09
0
4.3K
74
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.2KThread41.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.