Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

joenwicakAvatar border
TS
joenwicak
# INFO # Mengapa Saya Cepat Menjadi Lelah
Newbie mohon ijin share :

Mengapa Saya Cepat Menjadi Lelah ?

Apakah normal jika saya merasa lelah sepanjang hari ?
Jika Agan sibuk , stress dan kurang tidur maka agan pasti merasa lelah , hal yang umum terjadi dewasa ini. Namun jika kelelahan itu berlangsung sepanjang hari maka itu tidak normal .
Mulailah dengan melakukan chek-up kondisi kesehatan agan , karena rasa lelah berkepanjangan merupakan idikator adanya penyakit yang ada di tubuh agan , contohnya penderita diabetes akan mudah merasa lelah , lapar dan haus , ataupun kekurangan vitamin tertentu / anemia .
Jika ternyata agan sehat –sehat saja , sebenarnya apakah yang menyebabkan energy agan menjadi cepat habis sehingga mudah merasa lelah , jawabannya ada beberapa penyebab :
Stress
Penyebab utama masalah kelelahan adalah stress , orang yang tertekan karena pekerjaan , target , hutang , ketakutan dan kecemasan seperti kehilangan pekerjaan , masalah rumah tangga , takut kehilangan orang yang dicintai , etc , akan susah tidur sehingga badan menjadi tidak fit .
Depresi
Para Ahli menyatakan bahwa orang yang mengalami depresi / kesedihan / keputusasaan akan cenderung kehilangan semangat juang , perasaan ini jelas akan mengakibatkan tubuh merasa lelah dan kalah .
Makanan dan Minuman tidak sehat
Hal ini jelas terlihat dari prinsip “ garbage in –garbage out “ sampah masuk maka sampah pula yang keluar .Contohnya bila agan terbiasa mabuk alcohol pada petang hari maka pada saat agan tidur tubuh akan berusaha keras mengeluarkan hal-hal yang bersifat racun sehingga agan tidak mendapatkan tidur yang nyaman dan bangun dalam keadaan capek .
Bekerja atau Berolahraga terlalu keras .
Jika Agan tidak terbiasa lembur , lalu lembur , atau agan melakukan olahraga setelah lama tidak berolahraga maka esok hari agan akan bangun dengan kondisi tubuh yang capek , lelah dan pegal.

Hal-hal diatas merupakan penyebab capek secara umum , untuk mengatasinya maka evaluasilah gaya hidup anda selama ini , apakah saya bekerja terlalu keras , jika ya rekreasi dan usahakan mendapatkan tidur yang berkualitas ; apakah saya stress ? , jika ya tenangkan pikiran anda : apakah saya depresi ? jika ya dekatkanlah diri anda kepada TUHAN dan yakini bahwa apa yang sudah terjadi tidak melebihi kekuatan anda ; apakah saya bekerja terlalu keras ? jika ya maka persiapkanlah diri anda :


1. Berolahragalah secara bertahap dan rutin
Orang yang rutin berolahraga akan fit badannya dan tidur nyeyak , jika anda ingin berolahraga , mulailah secara bertahap , olahraga pada pagi hari seperti push-up , sit-up crunch serta jogging dengan durasi 15-30 menit setiap hari selama 4/5 hari seminggu akan membuat tubuh anda fit dan bugar .
2. Isilah tubuh anda dengan makanan yang sehat .
Cobalah untuk mengurangi gula ,konsumsi gula berlebih dapat membuat anda gemuk , lambat dan terkena diabetes . Makan makanan sehat seperti sayuran , buah-buahan , protein dan serat . Minum air putih segelas tiap dua sampai empat jam untuk mencegah dehidrasi . Hindari zat adiktif seperti kaffein dan alcohol yang menyebabkan anda susah tidur .
3. Bersihkan kamar anda
Pasti anda heran apa hubungannya antara kamar yang bersih dengan capek , hubungannya adalah , kamar yang bersih akan membuat tidur anda lebih higienis dan nyaman sehingga anda bisa optimal beristirahat dan bangun dengan kondisi tubuh fresh .
4. Berjemurlah sebentar di pagi hari
Berjemur sekitar lima belas menit pada pagi hari untuk menangkap energi cahaya pagi dapat menaikan level energy tubuh anda .
5. Minum vitamin sesuai dengan kebutuhan tubuh anda
Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan tubuh merasa lelah , minumlah vitamin sesuai dosis yang dianjurkan oleh dokter anda .

Sebagian besar masalah mengapa tubuh anda mudah merasa capek sepanjang hari adalah karena gaya hidup yang tidak sehat , karena itu solusinya adalah mengubah gaya hidup karena gaya hidup yang sehat akan meningkatkan kualitas hidup dan produktivitas anda .Terimakasih



Referensi :
http://www.nhs.uk/Livewell/tiredness...m-I-tired.aspx
http://www.webmd.com/women/guide/why...fatigue?page=2
http://upwave.com/sleep/feeling-tired-all-the-time
pengalaman pribadi TS

Semoga Info yang Ane Share dapat bermanfaat bagi agan sekalian
maaf kalo repost
Mohon jangan emoticon-Mad (S) dan emoticon-Blue Guy Bata (S) ya Gan
Kalo berkenan bagi emoticon-Blue Guy Cendol (L) hehehehe
Diubah oleh joenwicak 05-04-2014 04:49
0
1.9K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.