pendekarkobokanAvatar border
TS
pendekarkobokan
TOTO TEWEL Gitaris yang Terlupakan
TOTO TEWEL

Yapp!!
pertama ane denger waktu pertama kali ya Lagu Bento by Swami

Lahir di Malang, tgl 1 Januari 1958, Toto Tewel telah malang melintang dalam dunia musik sejak lama. Sempat bergabung di Q-Red, Ogle Eyes dengan vokalisnya Micky Jaguar. Ia juga banyak membantu mengisi gitar dalam proyek album rekaman sejumlah artis seperti Mel Shandy, Bangkit Sanjaya, Ikang Fawzi, Anggun C Sasmi, Yossie Lucky dan Metal Boyz. Selain gabung di Elpamas, gitaris ini juga memperkuat kelompok musik Swami, Dalbo, Sirkus Barock, Kantanta Takwa hingga Kantata Barock.Pernah dinobatkan sebagai the Best Guitarist versi Festival Rock se Indonesia Log Zhelebour, tahun 1984, 1985 dan 1986.

Dalam perjalanan karirnya, sosok gitaris asal Malang ini telah mengukir reputasi tersendiri di panggung rock Indonesia. Antara lain pernah dinobatkan the Best guitarist - Festival Rock se-Indonesia versi Log Zhelebour, tahun 1984, 1985 dan 1986. Tak heran bila namanya kemudian tercatat sebagai salah satu gitaris rock terbaik Indonesia.




Saat gabung di Swami atau Kantata Takwa, sosoknya lebih banyak sembunyi di balik bayang-bayang nama besar Iwan Fals, Sawung Jabo, Jockie Soeryoprayogo, dan Setiawan Djody. "Di situ aku khan cuma prajurit," kata gitaris rock kelahiran Malang, 1 Januari 1958, merendah.


Di balik semua itu, Toto telah membuktikan kemampuannya sebagai aranjer. Antara lainketika dipercaya menggarap single hits lagu Bila Engkau Izinkan (Hengky Supit),Menangis (Franky Sahilatua), album Perahu Retak (Franky Sahilatua), Misteri Cinta dan Warning! Global Warning album solo Setiawan Djody.



Setelah cukup lama berkiprah di panggung rock, yang kini jadi salah satu obsesinya yaitu bikin album solo gitar. Itu yang belum kesampaian, walau sudah ada sejumlah lagu yang sudah digarapnya. "Sudah ada beberapa lagu yang sudah jadi. Lagi cari produser yang mau produksi," ungkapnya, sambil menyebut beberapa judul lagu yang sudah jadi seperti Macan Jantan dan Lidion. Juga lagu YYZ dan La Villa Starangiato milik Rush yang diaransir versi Toto Towel.



Lagu-lagu ini sering ia bawakan saat manggung solois gitar. Toto juga mengaku bahwa saat ini sering mendapat tawaran manggung solois gitar. Jelas semua ini adalah ekspresi dan aktualisasi Toto Tewel sebagai salah satu gitaris rock Indonesia papan atas.







Quote:




salah satu aksi Panggungnya
{youtube][youtube]ZuiR3wwEOwI{/youtube}

{youtube]http://www.youtube.com/watch?v[/youtube]

asalmuasal !
asalmuasal 2
anasabila
anasabila memberi reputasi
1
51.8K
34
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.