Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nyongandangAvatar border
TS
nyongandang
Bahasa Gaul Yang Berkembang di Indonesia


Salah satu hal yang membuat remaja memiliki bahasa sendiri adalah karena mereka membuat identifikasi komunal agar berbeda dengan kalangan yang lebih tua. Remaja juga mengikuti tren agar diterima di kelompoknya. Dan karena kehidupan sosial bergerak dinamis, gaya hidup remaja termasuk pemakaian bahasa mereka pun selalu berganti.
Inilah kosakata-kosakata yang sempat atau masih populer yang digunakan di kalangan anak muda/remaja/atau yang berjiwa muda. Berikut saya jabarkan.


Era 80 – 90'an
Quote:



Era 2000'an
Quote:


Era Sekarang
Quote:



Yang jelas kosakata baru akan muncul dalam beberapa tahun ke depan, dan kosakata yang lama akan ditinggalkan. Ini terjadi karena ‘campur tangan’ media elektronik yang sudah sangat mudah didapatkan orang-orang daerah. Kemunculan bahasa gaul ini juga tidak perlu dirisaukan pemerhati bahasa. Penggunaan bahasa baku Indonesia saja masih banyak yang perlu dibenahi dan penyebarannya kepada masyarakat mengenai kekonsistenan bahasa Indonesia kurang terasa. Jadi, cukup hargai keberadaan bahasa gaul karena juga merupakan produk budaya.

Yang pasti saya hanya menggunakan beberapa kosakata itu dalam kehidupan keseharian bersama kawan secara kontekstual. Sebab, alangkah indahnya jika kita masih mampu menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar di beberapa kesempatan.

sumur gan
0
6.7K
52
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.