[BROKER] PT. BNI Securities - Direct Channel Division
TS
dcdbnis
[BROKER] PT. BNI Securities - Direct Channel Division
zaisan Versi.2 Fasilitas Layanan Transaksi Saham Online Berbasis Website dari BNI Securities.
Dengan semangat terus memberikan pelayanan yang maksimal k epada para nasabahnya, BNI Securities terus mengembangkan sejumlah inovasi teknologi untuk mendukung peningkatan layanan kepada para nasabah.
Mulai dari pengembangan sendiri fasilitas layanan sistem transaksi secara online esmart yang saat ini telah memasuki versi ke-3 dan dapat diakses baik melalui PC, Smartphone maupun Tablet, hingga tools online services untuk perdagangan saham berbasis web yang bernama zaisan.
Fasilitas transaksi saham online zaisan dan esmart diciptakan khusus bagi nasabah yang memiliki orientasi transaksi saham secara mandiri tanpa bantuan dan perantara sales. Melalui kedua fasilitas tersebut, diharapkan nasabah BNI Securities akan lebih mandiri dalam mengambil keputusan transaksi.
Fasilitas layanan online berbasis web zaisan pertama kali dapat diakses pada April 2014. Saat ini kami meluncurkan zaisan versi ke-2 nya di awal tahun 2015. Perbedaan mendasar antara versi 1 dan versi 2 lebih diarahkan pada User Experience (UX) dan User Interface (UI) yang kami peroleh berdasarkan masukan dan saran dari nasabah pengguna zaisan. Kini zaisan telah mengalami tranformasi dan penambahan fitur baru yang pada umumnya sangat user friendly dan memudahkan nasabah untuk melakukan sendiri transaksi jual-beli sahamnya.
Adapun keunggulan dan penambahan fitur-fitur pada zaisan versi 2 ini antara lain yaitu:
1. Pengelompokan fitur sesuai fungsinya (market dan account) agar tidak menumpuk pada satu halaman sehingga tidak membutuhkan scrolling yang panjang atau fit screen;
2. Pengembangan pada fitur broker recap dan stock recap menjadi satu fitur yaitu fungsi stock summary;
3. Pengembangan fitur heatmap;
4. Penambahan fitur baru yaitu comparative return.
5. Pengembangan fitur notes.
6. Penambahan fitur target price pada stock quote.
zaisan versi 2 mulai dapat diakses pada 19 Januari 2015, namun bagi para nasabah BNI Securities yang belum terbiasa dengan versi 2 dan butuh waktu untuk penyesuaian, maka zaisan versi 1 masih dapat diakses di alamat www.zaisan.idhingga 23 Februari 2015.
BNI Securities saat ini merupakan salah satu perusahaan sekuritas terkemuka di Indonesia yang menawarkan layanan brokerage online yang canggih kepada para nasabahnya. Kuatnya jaringan BNI Securities di Indonesia, diiringi dengan keunggulan teknologi yang dimiliki, akan menjadi pendorong untuk memperluas dan meningkatkan kualitas layanan kepada nasabah.
Spoiler for Frequently Asked Questions:
Spoiler for eSmart FAQ:
1. Apa yang harus dilakukan apabila nasabah tidak bisa Login Online Trading ?
Jika terjadi update failed, lakukan adalah cek koneksi internet
Apabila menggunakan jaringan internet sendiri, maka yang harus dilakukan adalah mengecek koneksi internet tersebut, dengan cara browsing ke web yang selalu update
Pastikan Server Configuration, pada menu esmart > configuration. (Pada esmart Server terdapat 4 pilihan yaitu server1: esmartbnis.com, server2 : 210.210.178.189, server3: 203.190.52.173 dan Custom. Server1 merupakan default server, sedangkan server2 dan server3 merupakan server cadangan jika server1 bermasalah. Untuk Updater server, isi Address dengan esmartbnis.com)
Apabila menggunakan internet kantor maka port 62229 dan 63339 harus dibuka terlebih dahulu
Pastikan User ID dan password benar. Pastikan setting “Capslock” di awal karakter tidak aktif
Bila tetap tidak bisa Login sedangkan koneksi Internet baik, segeralah hubungi Helpdesk esmart
2. Setelah berhasil Login, bagaimana apabila system “Hang”, tidak bisa di klik semua menu atau juga terdapat message error “an instance of this application is already Running”?
Lakukan End Task system esmart, pada Windows Task Manager.
Caranya tekan keyboard Ctrl + Alt + Delete secara bersamaan. Klik tombol Task Manager lalu pilih tab Processes.
Pada kolom Image Name, dan cari system javaw.exe
Klik tombol End Process pada pojok kanan bawah
Setelah lakukan end process, tutup Windows Task Manager. Dan buka system esmart seperti biasa
3. Setelah berhasil Login, bagaimana apabila yang terlihat hanyalah halaman kosong ?
Setelah berhasil Login biasanya akan muncul tampilan standar, namun apabila tidak muncul maka setting dapat dilakukan dengan cara :
Pilih menu esmart
Pilih menu Load Workspace
Isi kolom Name & Shortcut dengan Advanced atau dashboard atau default atau Simple atau Standard.
4. Bagaimana cara mengganti password pada aplikasi esmart ?
Penggantian password dapat dilakukan pada aplikasi trading
Bagi nasabah yang baru Login Trading pertama kali akan muncul perintah untuk mengganti PIN secara otomatis (pop up).
Langkah untuk mengganti PIN : Pada aplikasi trading, pilih Change Password
Masukkan PIN lama untuk kemudian diubah dengan PIN baru
Melakukan konfirmasi sekali lagi dengan memasukkan PIN yang baru
5. Apabila Password untuk Online Trading terkunci apa yang harus dilakukan ?
Yang pertama harap diketahui bahwa mengganti password pada aplikasi Market Info Tidak Otomatis mengganti password pada aplikasi Trading
Namun apabila mengganti password pada aplikasi Trading maka password untuk aplikasi Market Info akan berubah secara Otomatis mengikuti password baru yang telah diubah
Namun apabila nasabah gagal dalam mengganti password / tetap tidak bisa Login, disarankan agar nasabah tersebut me-reset password tersebut di bagian Customer Service
6. Apa yang dimaksud status Reject pada order nasabah?
Yang dimaksud Reject pada status order nasabah ialah order tersebut ditolak oleh sistem.
Dapat disebabkan oleh berbagai macam keadaan :
Security is not currently trading : saham yang diinput tidak diperdagangkan atau sesi perdagangan belum dibuka atau sesi perdagangan sudah ditutup
Portfolio not enough : tidak cukup memiliki suatu saham tertentu yang akan dijual
Nasabah melakukan kesalahan dalam memasukkan angka pada kolom harga saham dan jumlah lot
Limit trading not enough : tidak cukup dana dalam membeli saham
Trade Rule – price exceeded : batas harga yang terlampau tinggi / terlampau rendah, mengacu kepada aturan batas Auto Rejection
7. Langkah update esmart pada O/S Linux/Ubuntu :
Pilih icon Home Gallery / Sales Gallery yang ada di desktop
Pilih direktori esmart, biasanya berbentuk amplop
Pilih Data
Pilih folder download temp
Copy semua file yang ada di dalam folder download tersebut
Cari folder Plugin
Pindahkan semua file yang telah dicopy ke dalam folder plugin tersebut
Hapus folder download & download temp
Login esmart kembali
8. Setelah market tutup, dimanakah nasabah dapat melihat dana & portfolionya ?
Nasabah dapat melihat posisi dana & portfolionya pada fasilitas Customer Page http://customerpage.bnisecurities.co.idyang dapat diakses 24 jam.
9. Bagaimana menjalankan aplikasi esmartmobile ?
Aplikasi esmartmobile harus diunduh (download) dan di Install
Aplikasi di download pada App Word untuk Black Berry, Play Store untuk Android, App Stote untuk
Kemudian pilih Gadget yang digunakan (BB, Nokia, SE)
10. Handphone apa saja yang dapat menjalankan aplikasi esmartmobile ?
Blackberry dengan minimal OS 5
Smartphone dengan OS Android minimal versi 2.1
Smartphone dengan OS Apple minimal IOS 5.1
11. Bagaimana apabila tidak bisa Login aplikasi esmartmobile ?
Pengguna Blackberry, disarankan untuk mengatur settingan APN terlebih dahulu
• Pertama ke menu Option
• Pilih Advanced Option
• Pilih TCP / IPAtur settingan APN sesuai Provider yang digunakan
• Setelah APN disetting apabila masih tidak dapat Login bisa mengubah settingan server dari m.bnisecurities.co.id menjadi m2.bnisecurities.co.id yang terdapat pada menu setting.
Hal ini juga berlaku pada Hp Nokia & SE
Pengguna iPhone/iPad, Android:
• Jika menggunakan Wi-Fi, pastikan Wi-Fi ON, sinyal bagus dan terhubung dengan hotspot internet.
• Jika menggunakan paket data/internet/APN pastikan setting sesuai dengan provider
• Pastikan paket data yang anda miliki belum berakhir.
Spoiler for General FAQ:
Berinvestasi Saham ?
Berinvestasi saham berarti anda turut mempunyai, kepemilikan terhadap suatu perusahaan. Dengan berinvestasi atau memiliki saham suatu perusahaan anda berhak untuk mendapatkan keuntungan dari pembagian deviden. Selain itu karena saham merupakan surat berharga, saham tersebut dapat diperjualbelikan.
Hasil apa saja yang dapat diperoleh dari berinvestasi saham ?
Capital Gain yaitu keuntungan dari hasil jual beli saham
Deviden yaitu bagian laba perusahaan yang dibagikan kepada pemilik/pemegang saham
Hak Suara yaitu hak yang dimiliki oleh pemegang saham untuk memberikan suara pada RUPS perusahaan
Jaminan Tambahan yaitu saham dapat dijadikan agunan tambahan atas kredit
Resiko berinvestasi saham ?
Capital loss yaitu kerugian atas transaksi jual beli saham
Opportunity Loss yaitu kerugian berupa selisih suku bunga deposito dikurangi hasil yang diperoleh dari investasi saham
Kerugian Likuidasi yaitu nilai likuidasi perusahaan lebih rendah dari harga beli saham
Dimana berinvestasi saham dapat dilakukan ?
Dengan bantuan perusahaan sekuritas, Anda dapat berinvestasi saham pada :
Pasar Perdana yaitu pasar dimana pertama kali suatu perusahaan menawarkan saham kepada masyarakat
Pasar Sekunder yaitu pasar dimana investor dapat melakukan jual beli atas saham yang telah tercatat di bursa
Apa persyaratan berinvestasi saham melalui BNI Securities ?
Untuk menjadi nasabah BNI Securities calon nasabah mengisi formulir dan menandatangi perjanjian rekening efek reguler serta pernyataan dan kuasa untuk buka rekening dana nasabah di Bank BNI
Komisi transaksi untuk beli 0.25% dan jual 0.35% net (non online), atau sebesar 0.15% untuk beli dan 0.25% untuk jual (online). Negosiasi transaksi dapat diberikan untuk transaksi besar
Penerimaan hasil penjualan saham pada T+3
Mengapa harus BNI Securities?
Selain reputasi kami yang didukung olek Bank BNI, kami juga memiliki inovasi-inovasi fasilitas perdagangan seperti :
Dukungan Tim Riset : Selain reputasi dan produk equity, juga didukung oleh tim riset yang handal dalam memberikan analisa fundamental, analisa teknikal dan strategi alokasi saham
Fasilitas Margin : fasilitas yang diberikan kepada nasabah yang memenuhi kriteria tertentu untuk pembiayaan transaksi efek, selama 90 hari kalender
Esmart Syariah hadir dengan fitur-fitur yang sesuai dengan prinsip syariah dan kaidah-kaidah Islam yang memberikan kemudahan bagi para nasabah yang ingin berinvestasi dengan halal
Fasilitas Online Trading “Esmart” : Sebagai komitmen BNI Securities terhadap kepuasan nasabah, kini kami hadirkan layanan baru bertransaksi secara online melalui fasilitas Online trading esmart, sebuah pernagkat lunak yang dapat menghadirkan transaksi saham di bursa langsung di komputer anda.
OPENING ACCOUNT INFO
langkah-langkah pembukaan rekening pada BNI Securities - online trading only:
Lampirkan fotokopi KTP, NPWP dan buku tabungan anda
Kirimkan dokumen tersebut ke : BNI Securities - Direct Channel Division, Sudirman Plaza, Indofood Tower lantai 16, Jln. Jend Sudirman Kav 76-78, jakarta 12910
Setelah dokumen diterima, maka customer service kami akan menghubungi anda untuk memverifikasi pembukaan rekening
Dalam waktu 5-7 hari bursa kami akan mengirimkan email notifikasi pembukaan rekening anda yang berisi informasi, User ID, Password dan Nomor RDI anda
Segera lakukan perubahan password pada saat login pertama dan lakukan deposit awal ke nomor RDI anda untuk memulai transaksi
CATATAN
Fee beli : 0.15%, Fee jual : 0.25%
Minimum setoran awal : Rp 1.000.000 (satu juta rupiah)
Tidak ada biaya bulanan yang dikenakan ke nasabah
Dengan melakukan pembukaan rekening pada Direct Channel Division, Anda telah menjadi nasabah online trading, artinya semua transaksi dilakukan oleh nasabah sendiri (tidak ada campur tangan sales atas akun anda, anda dapat memanage akun anda dengan lebih privasi). Direct Channel Division hanya menyediakan tim order taker untuk meneruskan order nasabah jika terjadi masalah pada teknis pada platform online trading.
Direct Channel Division akan mensupport informasi mengenai rekomendasi transaksi harian melalui email, serta mengupdate informasi lainnya melalui akun social media.