Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

toreroretAvatar border
TS
toreroret
Tempat Wisata di Kuningan
Untuk Agan-agan yang mau liburan di daerah Kuningan Jawa Barat, ini ane kasih info tentang objek wisata yang berada di Kota Kuda, cekidot :




Spoiler for No Repost ya gan:


1. Pemandian Air Panas Sangkanurip
Pemandian Air Panas Sangkanurip merupakan salah satu pemandian air panas yang ada di daerah itu. Pemandian air panas lainnya berada di dalam lingkungan hotel, misalnya di Tirta Sanita Spa Resort Hotel yang juga mengelola Pemandian Air Panas Tirta Sanita di daerah Ciseeng, Bogor.
Pemandian Air Panas Sangkanurip berada di Desa Sangkanurip, Kecamatan Cigandamekar, sekitar 23 km (45 menit) dari Kota Cirebon atau 12 km dari Kota Kuningan dan masuk ke dalam sekitar 4km untuk sampai di Pemandian Air Panas Sangkanurip.
Spoiler for Pemandian Air Panas Sangkanurip :


2. Balong Keramat Dharmaloka
Lokasi Balong Keramat Darmaloka terletak di Desa Darma, Kecamatan Darma, beberapa meter dari tepi jalan Cirebon – Kuningan – Ciamis, masuk melalui sebuah belokan tajam dan jalan menurun yang curam. Jarak dari Waduk Darma ke Balon Keramat Darmaloka sangat dekat, hanya sekitar 1 km.
Gerbang masuk ke Balong Keramat Darmaloka yang terlihat agak unik. Balong Keramat Darmaloka ini konon merupakan sisa peninggalan yang berkaitan dengan kegiatan penyebaran agama Islam pada jaman Walisongo. Di Balong Keramat Darmaloka pengunjung juga bisa menjumpai Ikan Kancra Bodas, meskipun air kolamnya terlihat agak keruh, tidak sebening air Kolam Cibulan.
Spoiler for Balong Keramat Dharmaloka:


3. Curug Putri
Curug Putri di Kuningan, Jawa Barat, merupakan sebuah curug indah yang berada di dalam Kawasan Taman Nasional Gunung Ceremai. Lokasi Curug Putri hanya beberapa puluh meter dari pos penjagaan, tempat dimana pengunjung membayar karcis untuk masuk ke dalam kawasan ini. Akses yang mudah, ketinggian yang lumayan, dan debet air yang baik, menjadikan Curug Putri layak untuk dikunjungi. Pos Jaga dan loket masuk ke dalam Kawasan Taman Nasional Gunung Ceremai. Akses masuk ke Curug Putri berupa jalan setapak yang letaknya hanya beberapa meter sebelum pos jaga ini. Jika berjalan dari pos jaga maka aksesnya berada di sebelah kiri jalan. Beberapa ratus meter dari Curug Putri terdapat Bumi Perkemahan Palutungan.
Spoiler for Curug Putri:


4. Gedung Perundingan Linggarjati

Gedung Perundingan Linggarjati ini pada awalnya adalah sebuah gubuk milik Ibu Jasitem, seorang janda cantik. Ia diperistri oleh Tersana, seorang keturunan Belanda, pada 1921 dan rumah itu lalu dipugar menjadi rumah semi permanen oleh Tersana. Pada 1930 bangunan ini dibeli oleh keluarga Johanes Van Ost Dome yang merombaknya sehingga bangunannya berbentuk seperti sekarang ini. Pada tahun 1935 -1946 bangunan ini dikontrak Heiker dan dijadikan Hotel yang bernama Rus “Toord”, yang berganti nama menjadi Hotel Hokay Ryokan semasa pendudukan Jepang, dan berganti menjadi Hotel Merdeka setelah Proklamasi Kemerdekaan RI.
Spoiler for Gedung Perundingan Linggarjati:


5. Kolam Cibulan
Kolam Cibulan memang tidak bisa lepas dari Ikan Kancra Bodas, yang juga dikenal dengan sebutan Ikan Dewa. Ikan di Kolam Cibulan ini dikeramatkan oleh masyarakat setempat, sehingga tidak ada yang berani mengambilnya karena takut akan mendapatkan musibah. Kolam Cibulan ini diresmikan pada 27 Agustus 1939 oleh R.A.A. Mohamand Achmad, Bupati Kuningan ketika itu. Kolam pemandian air dingin berukuran 45×15 meter, yang berada tepat setelah pintu masuk Kolam Cibulan. Airnya jernih dengan tali pemisah antara kolam dangkal dengan kedalaman 60 cm dan bagian yang berkedalaman 120 sentimeter. Ikan Kancra Bodas yang berada di kolam ini jumahnya tampak tidak terlalu banyak.
Spoiler for Kolam Cibulan:


6. Paseban Tri Panca Tunggal
Paseban Tri Panca Tunggal adalah sebuah cagar budaya nasional di daerah Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, yang menyerupai sebuah padepokan dan tempat menimba ilmu budi dan kebatinan serta seni budaya, yang didirikan oleh Pangeran Sadewa Madrais Alibasa, pewaris tahta Kepangeranan Gebang, Cirebon Timur, pada tahun 1840.
Adalah karena berkali-kali melawan kehendak VOC, maka pada awal abad ke-18 Kepangeranan Gebang diserbu dan dibumihanguskan oleh VOC, gelar kepangeranan pun dicabut, dan wilayah Gebang yang mencakup daerah Ciawi sampai ke perbatasan Cilacap akhirnya dibagi-bagi untuk Keraton Kanoman, Kacirebonan dan Kasepuhan.
Spoiler for Paseban Tri Panca Tunggal:


7. Kolam Cigugur
Kolam Cigugur lokasinya hanya beberapa puluh meter sebelum Paseban Tri Panca Tunggal di Cigugur, Kuningan, Jawa Barat. Jika diperbandingkan dengan Kolam Cibulan, maka lingkungan Kolam Cigugur ini kesannya agak sedikit lebih kumuh, dan airnya pun tidak sejernih air di Kolam Cibulan.
Jika daya tarik utama Kolam Cibulan adalah bermain dengan Ikan Kancra Bodas dan mandi di kolam air dingin segar, maka daya tarik utama di Kolam Cibulan saat ini tampaknya adalah ‘terapi ikan’, dimana pengunjung mencelupkan kedua kakinya ke dalam kolam dan ikan-ikan kecil yang bernama Nilem Mangut berulang-ulang menggigit kulit kaki pengunjung sampai bersih.
Spoiler for Kolam Cigugur:


Tunggu update'an dari ane selanjutnya ya gan emoticon-Malu (S)soalnya karakter kaskus terbatas emoticon-I Love Kaskus (S)

Spoiler for Baca ini Gan:
Diubah oleh toreroret 23-12-2012 17:15
0
8.4K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.