Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

semargarengAvatar border
TS
semargareng
Mainan Tidak Ada Lambang SNI Bakal Ditarik dari Peredaran
Mainan Tidak Ada Lambang SNI Bakal Ditarik dari Peredaran

Jakarta -Penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk mainan akan diberlakukan pada 30 April 2014. Jika ada mainan yang tidak ber-SNI, akan ditarik dari peredaran.

"SNI mainan anak akan diberlakukan 30 April 2014," kata Menteri Perindustrian MS Hidayat dalam pesan singkat kepada detikFinance, Selasa (25/2/2014).

Hidayat mengatakan, agar tidak menimbulkan gejolak di pasaran, terutama untuk para pedagang yang menjual mainan anak, pemerintah tengah melakukan sosialisasi. Hingga pada 30 April 2014 nanti, ketetapan ini akan berlaku efektif.

"Pada saat ini sudah dilakukan sosialisasi di 5 kota seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya dan Batam," lanjut Hidayat.

Pada bulan April 2013, Kementerian Perindustrian telah mengeluarkan peraturan No. 24/2013 tentang pemberlakuan aturan wajib SNI untuk mainan anak. Aturan ini dipakai untuk melindungi konsumen khususnya anak di bawah agar aman saat menggunakan produk mainan khususnya mainan impor.

Beberapa ketentuan yang diwajibkan dalam aturaan wajib SNI mainan anak antara lain mainan tidak boleh memiliki tepi yang tajam, barangnya tidak boleh mengandung bahan yang dikategorikan formalin, tidak boleh kalau terpisah menggunakan petunjuk yang jelas. SNI ini diarahkan untuk perlindungan kepada anak agar tidak berbahaya saat menggunakan.

sumur

Komeng TS:
1. kalau ane sbg orang tua dukung aja karenasering mbeliin anak mainan kadang banyak mainan yang kita belum tahu berbahaya atau tidak
2. kalau ane sbg pengusaha/pembuat mainan anak dukung juga sih asal ngga ada pungutan macem-macem n jangan main bawah meja, kalau ada yng nggak SNI yang disita
3. kalau ane sbg pedagang dukung aja yang penting masih untung
4. kalau agan/aganwati gimana?
0
2.7K
41
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.