I'm back with another thread about unique vehicle..
jangan lupa komen dan gan...
Spoiler for sejarah singkat:
SEJARAH SINGKAT
Tatra adalah perusaahan pembuat kendaaraan dari Kopřivnice, Czech Republic. Perusahan ini berdiri pada tahun 1850 dengan nama Schustala & Company, kemudian berganti nama menjadi Nesselsdorfer Wagenbau-Fabriksgesellschaft. Pada tahun 1897, Tatra memproduksi mobil pertama di Eropa tengah, dan juag merupakan mobil pertama di dunia. dengan nama the Präsident. Pada tahun 1918 berganti nama lagi menjadi Kopřivnická vozovka a.s., Sejak tahun 1919 perusahaan ini mulai menggunakan nama Tatra yang berasala dari nama Gunung Tatra di Slovakia.
Tatra adalah perusahaan pembuat mobil tertua ketiga setelah Daimler dan Peugeot. Selama Perang Dunia ke 2 Tatra menjadi pembuat truk, mesin tank untuk Jerman. Produksi mobil penumpang dihentikan sejak tahun 1999, tapi perusahaan tetap memproduksi berbagai macam truk dengan varian penggerak roda - all-wheel-drive 4×4, 6×6, 8×8, 10×10, dan 12×12.
Selama tahun 1988 - 2001, truk Tatra 815 ikut serta dalam Rally Dakar dan berhasil menjuarai kategori Truk sebanyak enam kali, dengan pembalap bernama Karel Loparais Czech.
Spoiler for Tatra T815:
Salah satu keluarga Truk Tatra. Menggunakan konsep rigid backbone tube and swinging half-axles and independent suspension. Truk ini memiliki berbagai varian penggerak roda, seperti 4x4, 6x6, 8x8, 10x8, 10x10, 12x8 and 12x12. Mesin yang digunakan adalah model V8, V10 atau V12 dengan turbocharger maupun tanpa turbocharger, sistem pendingin air dan cairan, yang mampu menghasilkan tenaga antara 230–610 kilowatts (310–820 hp). Diciptakan sebagai penerus Tatra T813 yang aslinya didesain untuk medan off-raod berat, saat ini beberapa varian T815 dapat juga digunakan untuk segala medan (on-road dan off-road).
Spoiler for tatra t815:
Spoiler for tatra t815:
kita juga punya, Tatra T815 versi TNI Angkatan Laut - marinir
Spoiler for tatra t815:
Spoiler for Tatra T815 TNI AL:
Tanpa banyak publikasi, nyatanya truk Tatra T815 sudah beberapa tahun beroperasi di Indonesia. Salah satunya dari varian militer yang digunakan oleh Korps Marinir TNI AL, yakni Tatra T815-7 MOR89. Truk jawara off road 8×8 ini memang tampak sangar bila dilihat dari desainnya. Malah terkesan futuristik bila dibandingkan dengan truk milik TNI kebanyakan.
Bila dirunut dari kedatangannya, Tatra T815-7 MOR89 hadir ke Tanah Air bersamaan dengan datangnya MLRS (multiple launcher rocket system) RM-70 Grad untuk Korps Marinir, RM-70 sendiri berbais truk Tatra T813 6×6 yang mampu melontarkan roket kaliber 122 mm sebanyak 40 unit secara simultan. Nah, turut hadir bersamanya yakni Tatra T815 yang berperan sebagai truk pendukung lapangan, dalam hal ini berperan sebagai pengangkut amunisi.
Spoiler for tatra t815:
Kemudian seiring waktu berjalan, pada November 2010 Korps Marinir TNI AL mulai kedatangan armada tank amfibi baru jenis IFV (Infantry fighting vehicle ) BMP-3F dari Rusia. Dibanding tank dan panser amfibi Korps Marinir sebelumnya, BMP-3F punya bobot yang lebih berat, yakni 18,7 ton. Dan kemudian Korps Marinir lebih tertarik mengaryakan Tatra T815-7 sebagai tank transporter untuk menggotong BMP-3F dari pangkalan ke daerah operasi. Metode loading dan uploading tank ke deck truk mirip dengan yang digunakan pada tank transporter Bedford MT milik kavaleri TNI AD. Walau digunakan untuk mengangkut tank, Tatra T815-7 tak lantas menjadi arsenal batalyon tank amfibi Marinir, melainkan masih menjadi inventaris resimen artileri.
Bicara soal spesifikasi, Tatra T815-7MOR89 merupakan truk militer berstandar NATO yang dirancang untuk beroperasi di medan berat dengan lingkungan yang ekstrim. Bobot maksimum yang bisa dibawa truk ini memang mumpuni, total 24,3 ton bisa diangkut. Selain cocok membawa bekal amunisi, Tatra punya kemampuan taktis dalam menggotong sista artileri dan tank. Untuk dukungan logistik, bahkan truk ini bisa membawa kontainer dan struktur berat lainnya.
Tatra T815-7 menggunakan all-wheel drive dan chassis dengan suspensi independen backbone tube frame dan as roda yang dapat berayun setengah. Setiap roda bergerak naik dan turun secara independen, memungkinkan mobilitas lintas medan yang luar biasa dan kecepatan yang lebih tinggi di jalur off road. Tatra T815-7MOR89 menggunakan dapur pacu mesin diesel turbocharged Cummins ISMe 420 30 turbocharged. Mesin ini memenuhi persyaratan emisi EURO III.
Bukti otentik bahwa ini adalah truk off road sejati adalah adopsi teknologi suspense pneumatic dengan ground clearance variabel, yang dapat ditambah atau dikurangi sementara saat mengemudi. Truk ini juga dilengkapi dengan central tire inflation system (CTIS), yang memberikan kendali atas tekanan udara di setiap ban untuk meningkatkan kinerja pada permukaan yang berbeda. Misalnya, menurunkan tekanan udara dalam ban menciptakan area yang lebih besar dari kontak antara ban dan tanah dan membuat mengemudi di tanah lembut jauh lebih mudah. Hal ini juga menyebabkan lebih sedikit kerusakan permukaan.
simak beberapa videonya gan... seberapa hebat kemampuan Tatra T815