jemmyrusdyAvatar border
TS
jemmyrusdy
AS Tambah Pasukan Marinir di Wilayah Australia
AS Tambah Pasukan Marinir di Wilayah Australia
Aksi spionase Australia ke RI atas perintah AS? Menlu AS bungkam.
Kamis, 21 November 2013, 11:12
Spoiler for pasukan amerika:

VIVAnews- Menteri Luar Negeri Australia, Julie Bishop dan rekannya, Menlu AS, John Kerry pada Rabu kemarin, 20 November 2013, menegaskan kembali hubungan luar biasa yang dibina di antara kedua negara. Penegasan itu disampaikan pada akhir pertemuan tahunan kedua negara bertajuk AUSMIN.

Namun, saat diberondong pertanyaan oleh media terkait kebocoran dokumen milik mantan kontraktor Badan Intelijen AS (NSA), Edward J. Snowden, keduanya kompak bungkam.

Harian Sydney Morning Herald, Kamis 21 November 2013 melansir tidak ada satu pun komentar yang dilontarkan Kerry dan Bishops soal dampak dari bocornya dokumen Snowden yang kini tengah membuat hubungan Negeri Kanguru dengan Indonesia memanas.

Bishop enggan berkomentar soal itu di hadapan publik. Setali tiga uang, Kerry pun menunjukkan respon serupa. Kerry bungkam saat media menanyainya apakah aksi spionase yang dilakukan di Indonesia atas perintah Negeri Paman Sam.

Kerry hanya menyatakan tiap negara memiliki situasinya masing-masing dalam menghadapi ragam masalah, termasuk saat menangani isu spionase.

"Secara fundamental, masing-masing situasi berbeda. Namun saya menyatakan rasa hormat yang besar bagi Indonesia dan Australia," ujar Kerry.

Sementara terhadap media Australia, Bishop juga enggan mengomentari berapa lama waktu yang dihabiskan di antara dirinya dan Kerry serta pejabat tinggi AS lainnya untuk membahas soal kekisruhan diplomatik dengan Indonesia. Kerry juga tidak berkomentar soal keprihatinannya terhadap konflik diplomatik di antara Australia dan Indonesia.

Keduanya hanya bersedia berbicara mengenai Kemitraan Trans Pasifik (TPP) yang menjadi jantung ekonomi Amerika di kawasan Asia Tenggara dan Pasifik. Bishop mengatakan semua diskusi berjalan baik namun dia tak ingin mengomentari soal kritik terhadap dua negara soal kemungkinan adanya perlindungan properti intelektual perusahaan farmasi.

Dia hanya menyebut bahwa Australia tidak akan menandatangani sebuah kesepakatan yang merugikan kepentingan nasionalnya.

Dalam kesempatan itu, Bishop dan Kerry sepakat menandatangani nota kesepahaman tak mengikat terkait peningkatan kerjasama militer dengan AS. Mereka juga menandatangani kesepakatan mengikat terkait kerjasama di masa mendatang pada bulan depan.

AS tambah pasukan di Australia
Di tempat terpisah, Menteri Pertahanan AS, Chuck Hagel mengatakan akan meningkatkan kehadiran tentara marinir AS di bagian utara Australia.

Peningkatan itu dilakukan mulai tahun 2014 dengan mengerahkan 1.100 tentara. Hagel dan Menhan Australia, juga telah menandatangani kesepakatan untuk memindahkan teleskop pemantauan luar angkasa ke bagian barat Australia.

AUSMIN merupakan sebuah forum penting yang digunakan Australia dan AS untuk memperkuat hubungan bilateral dalam kebijakan luar negeri, pertahanan dan strategis. Pertemuan tahunan itu menekankan hubungan panjang yang berlangsung selama enam dekade di antara kedua negara.


apa hayo tujuannya mau nambah pasukan di ostrali? apakah hanya sebatas memperkuat hubungan bilateral semata?
0
4.4K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
78.9KThread10.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.