Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

klinikakuntansiAvatar border
TS
klinikakuntansi
Membedakan Aset Dengan Kewajiban
Aset adalah semua hal yang menghasilkan pemasukan, sedangkan kewajiban adalah semua hal yang menyebabkan pengeluaran.
- Robert T.Kiyosaki
Ya, berbeda dengan konsep akuntansi umumnya namun akan sangat menarik untuk kita bahas untuk mengembangkan pengetahuan kita terkait aset dan kewajiban. Untuk contoh kasus sebagaimana yang disampaikan oleh Robert T. Kiyosaki diatas bisa kita ambil dari contoh gedung tempat menjalankan usaha.
Gedung tempat kita menjalankan usaha sehari-hari jika kita beli secara mencicil apakah ia termasuk aset? Seringkali dengan pemahaman akuntansi kebanyakan gedung tersebut dianggap sebagai aset, tapi jika merujuk pada teori aset dan kewajibannya Robert T. Kiyosaki jawabannya belum tentu demikian.
Gedung yang dibeli secara mencicil belum tentu dianggap sebagai aset karena ia membuat kita memiliki pengeluaran rutin per bulannya. Sementara pengeluaran rutin perbulan itu merupakan kewajiban.
Begitu juga dengan kepemilikan kita terhadap lebih dari satu gedung yang didapat dengan cara mencicil tidak serta merta membuat kepemilikan gedung cicilan itu sebagai kewajiban. Kenapa demikian? Karena kepemilikan gedung yang lebih dari satu memungkinkan kita untuk menyewakannya dengan harga sewa yang lebih besar dari biaya cicilan. Misal nilai cicilan lima ratus ribu rupiah dan harga sewaktu disewakan adalah delapan ratus ribu rupiah. Tentu selisih cicilan dengan harga sewa bisa dikategorikan sebagai pendapatan.
Kembali pada teori yang ada diawal tulisan ini bahwa aset adalah semua hal yang menghasilkan pemasukan, maka tentu dapat dikatakan bahwa gedung cicilan yang disewakan tersebut adalah bagian dari aset.
Klinik Akuntansi menyadari bahwa masih ada banyak kebingungan diantara pelaku usaha kita terhadap ilmu akuntansi yang popular dengan label rumit apalagi mengingat segala macam rumus dan teorinya. Menyikapi hal itu Klinik Akuntansi dalam layanan konsultasi yang diberikan selalu menampilkan Akuntansi dari sisi sederhana yang gampang dimengerti, apalagi dengan didukung oleh sistem akuntansi terpercaya Zahir Accounting, segala manfaat akuntansi yang dibutuhkan bisa didapat tanpa harus memiliki latar belakang akuntansi.
0
819
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Perencanaan Keuangan
Perencanaan KeuanganKASKUS Official
9.1KThread5.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.