Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 11 Teori hilangnya MAS MH370, dari yang tergila sampai yang tak masuk akal

rockefeller99Avatar border
TS
rockefeller99
11 Teori hilangnya MAS MH370, dari yang tergila sampai yang tak masuk akal
Bissmillah emoticon-Malu (S)

REPost

Saat ini ada 11 teori soal hilangnya pesawat Malaysia Airlines (MAS) nomer penerbangan MH370. Ada yang spekulatif ada yang sulit dipercaya karena tidak masuk akal. Dua dari 11 teori yang paling gila adalah, pertama, MH370 sempat bersembunyi di balik pesawat Singapore Airlines SIA68. Kedua, MH370 jadi pesawat korban pembajakan cyber pertama di dunia.

Teori bahwa MH370 bersembunyi di balik SIA68 diungkapkan oleh Keith Ledgerwood. Melansir berita dari Slate.com, Senin (17/3/2014), Kompas menutip bahwa teori ini adalah teori paling “gila”.

“Ini saya sadari ketika saya melihat rute SIA68 sekitar pukul 18.00 UTC. Selama 15 menit berikutnya, MH370 terus mengikuti SIA68,” ungkap Ledgerwood seperti dikutip BBC, Selasa (18/3/2014).

Ledgerwood, seorang blogger yang mengamati dunia penerbangan, yakin bahwa MH370 bersembunyi di balik SIA68 dan sempat terbang di wilayah India dan Afganistan.

“Karena MH370 terbang dalam ‘gelap’ tanpa transponder, SIA68 tak akan tahu bahwa MH370 sedang ada di sekitarnya. Ketika memasuki wilayah udara India, keduanya hanya akan tampak dalam satu ‘blip’ dalam radar di ATC (air traffic controller) dan militer di sana,” urainya.

SIA68 terbang dari Singapura ke Barcelona. Di satu lokasi, misalnya Xinjang, Kirgistan, atau Turkmenistan, MH370 bisa memisahkan diri dan mendarat.

Bila teori “gila” pertama berkisar tentang bagaimana MH370 bisa tak terdeteksi banyak radar, teori kedua berkaitan dengan dugaan pembajakan. Soal pembajakan, walau banyak kalangan yang yakin, sampai saat ini hal itu masih dugaan.
Pesawat kemungkinan mendarat di Andaman diantara Indonesia, Thailand dan Birma.

Pesawat kemungkinan mendarat di Andaman diantara Indonesia, Thailand dan Birma. (Credit: bbc.co.uk)

Bagaimana MH370 dibajak? Pakar anti-terorisme asal Inggris, Sally Leivesley, mengungkapkan bahwa pesawat modern macam Boeing 777-200ER bisa dibajak dengan melalui USB atau telepon seluler.

“Tampak lebih dan lebih meyakinkan bahwa beberapa sistem kontrol diambil alih dengan sengaja, baik secara manual, seseorang duduk menguasai autopilot, atau dengan perangkat di lokasi lain yang mematikan sistem,” kata Leivesley.

“Telepon seluler bisa digunakan untuk melakukannya, atau (melalui) USB. Ketika pesawat di udara, Anda bisa memasukkan perintah dan kode yang memulai sebuah proses tertentu,” imbuhnya.

Hal itu lebih mudah dilakukan saat ini karena, bahkan, sistem in-flight entertainment juga bisa terkoneksi melalui USB di kursi penumpang.

“Apa yang kita temukan sekarang, bisa saja, telepon seluler digunakan untuk memulai sebuah aplikasi jahat, atau malware, di komputer, untuk memulai seluruh instruksi,” urainya seperti dikutip Sydney Morning Herald, Selasa.

Leivesley mengatakan, sistem komputer pesawat memang mengagumkan, tetapi bukan berarti tak ada celah untuk membobolnya.

“Bagaimanapun, ada beberapa cara (untuk membobolnya) karena ada celah dalam sistem tersebut, dan perangkat genggam seperti telepon seluler bisa digunakan untuk melakukannya,” kata Leivesley, yang bersama rekannya kini aktif melatih kalangan pemerintahan Inggris untuk melawan terorisme.

Diragukan

Bagaimana tanggapan pakar lain terhadap dua teori “gila” tersebut? Mungkinkah itu memang yang terjadi pada Malaysia Airlines MH370?

Menanggapi soal kemungkinan MH370 bersembunyi di balik SIA68, pakar radar dari University of College London, Hugh Griffiths, mengatakan bahwa bersembunyi di balik pesawat lain adalah sesuatu yang mungkin. Namun, dalam konteks MH370, itu merupakan hal sulit.

Ada dua radar yang bisa melacak pesawat, sipil dan militer. Radar militer lebih mumpuni dibanding sipil.

Griffiths mengestimasi, untuk bersembunyi sekalipun, MH370 takkan bisa terlalu dekat dengan SIA68. Bila jaraknya 1 kilometer saja, maka radar militer sudah bisa membaca bahwa ada dua pesawat.

Meski demikian, memang, semua tergantung pada interpretasi radar. Radar bisa saja membaca ada dua obyek. Namun, apakah obyek itu dipandang sebagai obyek berbeda?

Dalam kasus pengeboman oleh Jepang di Pearl Harbor pada tahun 1941, Amerika Serikat sebenarnya telah membaca adanya obyek yang bergerak dalam radar. Walau demikian, pengeboman akhirnya tetap tidak dapat dihindari.

Sementara itu, soal kemungkinan pembajakan dengan telepon seluler, asscoiate professor di RMIT, Cees Bil, meragukannya.

“Sepertinya itu tidak bisa terjadi. Tidak mungkin ada cara semacam itu, yang bisa dilakukan dengan menggunakan telepon seluler,” katanya. Bahkan, bila sistem in-flight entertainmentmampu terkoneksi dengan USB, tak mungkin penumpang bisa mengakses sistem komputer pesawat.

“Saya tak percaya perangkat sederhana seperti telepon seluler bisa mengganggu sistem,” ujar pakar desain pesawat ini.

11 Teori versi BBC

Selain teori-teori di atas muncul juga beberapa teori lain, seperti dirangkum wartawan BBC Tom de Castella.

1. Mendarat di Kepulauan Andaman

Pesawat ternyata pada suatu saat sempat mengarah ke Kepulauan Andaman dan Nicobar India, daerah paling timur India yang berada diantara Indonesia serta pantai Thailand dan Birma. Tetapi editor koran Andaman Chronicle menolak teori ini. Terdapat empat landasan pacu bandara disana dan pesawat sudah pasti dapat diketahui keberadaannya jika memang mendarat di sana, katanya kepada CNN.

2. Terbang ke Kazakhstan

Republik Asia Tengah ini berada di titik paling ujung koridor pencarian di bagian utara, jadi kemungkinan pesawat dapat mendarat di sana. Pilot pesawat ringan yang juga penulis buku Mengapa Pesawat Kecelakaan, Sylvia Wrigley, mengatakan pendaratan di padang pasir mungkin terjadi dan lebih mungkin terjadi dibandingkan pendaratan di pantai.

3. Terbang ke selatan

‘Ping’ satelit terakhir mengisyaratkan pesawat masih mengudara paling tidak lima atau enam jam setelah meninggalkan jangkauan radar Malaysia. Mantan kepala keamanan kelompok bandara BAA dan guru besar keamanan penerbangan Universitas Coventry, Norman Shanks, mengatakan pencarian seharusnya dimulai pada ujung koridor, bukan kebalikannya. Dia berpendapat koridor selatan lebih besar kemungkinannya.

4. Padang pasir Taklamakan, Cina timur laut

Muncul spekulasi pesawat dikuasai kelompok separatis Islam Uighur Cina. Dari 239 penumpang dan awak, 153 warga Cina. Wartawan BBC, Jonah Fisher, menulis lewat twitter: “Pejabat Malaysia meyakini kemungkinan besar MH370 berada di daratan dekat perbatasan Cina Kyrgystan.”

5. Ke arah Pulau Langkawi karena kebakaran atau masalah lain

Hilangnya transponder dan alat komunikasi lain kemungkinan disebabkan kebakaran, kata penulis blog penerbangan Chris Goodfellow. Belokan ke kiri yang dilakukan pesawat sehingga melenceng dari jalur ke Beijing, kemungkinan adalah usaha mengamankan diri.

6. Pesawat berada di Pakistan?

Konglomerat media, Rupert Murdoch, menulis pesan Twitter, “Dunia terpaku dengan kehilangan 777. Bukan dicuri, tetapi disembunyikan, kemungkinan di Pakistan utara, seperti Bin Laden.”

7. Tersembunyi di balik pesawat lain

Blogger penerbangan Keith Ledgerwood meyakini pesawat yang hilang tersebut tersembunyi di bayangan radar pesawat Singapore Airlines 68 yang berada di daerah yang sama (salah satu teori tergila sebagaimana Si Momot tulis pada awal artikel).

8. Terjadi baku hantam

Gerakan pesawat yang tidak beraturan diperkirakan karena terjadi pergulatan di dalam pesawat.

9. Penumpang tewas karena dekompresi

Mantan navigator Angkatan Udara Inggris, Sean Maffett, mengatakan pesawat dibawa ke ketinggian 45.000 kaki untuk membunuh penumpang sesegera mungkin.

10. Pesawat digunakan dalam serangan teroris

MH370 dicuri teroris untuk digunakan sebagai alat penyerangan seperti serangan 11 Septermber di Amerika Serikat. Pesawat mendarat dengan selamat, disembunyikan, bahan bakar diisi, dan transponder baru digunakan sebelum menyerang sebuah kota..

SUMBER : KOMPAS.COM
Diubah oleh rockefeller99 29-03-2014 06:16
0
3.9K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.