hiduplebihmuliaAvatar border
TS
hiduplebihmulia
Surat Terbuka Untuk Penipu Abtugu HP: 085953933353 BBM: 742F855F
Surat Terbuka Untuk Abtugu

Kepada momod & mimin kaskus, mohon untuk dapat memblokir id abtugu karena id itu penipu. Memang penipu dapat membuat id lain kemudian beli cendol lagi dengan mudah. Tapi setidaknya dia gak menggunakan id itu buat nipu lagi.

Ane barusan kena tipu oleh id abtugu di kaskus.

Kronologinya pada Kamis, 20 Maret 2014 saya menghubungi id abtugu yang mengaku bernama Abby. Saya tertarik dengan barangnya Macbook retina ME866 yang dijual seharga Rp. 20.800.000,- di thread ini.

Setelah negosiasi disetujui harga 20.500.000. Si penipu minta transfer langsung no rekber. Saya memang teledor karena sudah berkali2 beli barang dikaskus tanpa rekber (sebelumnya pernah beli macbook air juga tanpa rekber). Akhirnya saya transfer langsung ke BII ac no. 142 117 2859 an. Mustiadi

Ini HP dan BBM nya gan:
HP: 085953933353
Pin bb 742F855F


Sorenya (Kamis) barang dia kirim dengan JNE Yes dan sms no resi ke saya. Sore ini (Jumat) barang datang ternyata isinya cuma tepung segitiga biru (ini tepung paling mahal yg pernah saya beli).

Dan sebagaimana modus penipuan pada umumnya, hpnya sudah tidak aktif ketika saya telpon.


Pelajarannya:
Jangan pernah untuk transfer langsung, kalau gak mau rekber mending COD

Jangan percaya dengan reputasi cendol ataupun reputasi id yang kelihatannya sudah banyak sukses jualan. Bisa saja thread jualan yg kesemuanya SOLD itu cuma buatan dia sendiri. Komentar2 positif juga bisa klonengan. Akhir2 ini penipu makin canggih strateginya, mereka juga benar2 mengerti barang dagangannya, gak seperti penipu amatir yang asal bunyi kalau diajak komunikasi via sms atau telpon.

Saya juga belajar, ada satu kesalahan besar dari pembeli seperti saya, yaitu dikuasai nafsu & keserakahan. Yang akhirnya menutupi akal sehat. Salah saya lainnya adalah terlalu gampang percaya karena sebelumnya bolak balik transfer langsung saat belanja di kaskus. Rata2 orang yang ketipu pasti terbawa nafsunya melihat iming2 harga murah dan lain2.

Kadang saya berpikir mungkin sebagian korban penipuan yang mengaku dihipnotis oleh penipu tidaklah benar2 terhipnotis. Mungkin saja si penipu menjanjikan iming2 apa lewat telpon saat korban di ATM sehingga akhirnya si korban mau melakukannya. Masalahnya sulit bagi korban penipuan untuk mengakui bahwa dia tertipu, entah itu karena malu ataupun karena takut dimarahi istri, orang tua, dan lain2. Alasan dihipnotis adalah yang paling aman.

Saya sudah siap jadi bahan pembicaraan orang2 ataupun dibilang bodoh karena transfer uang sebesar itu tanpa rekber. Tapi biarlah kebodohan saya ini mejadi pelajaran buat kita semua. Selalu gunakan AKAL SEHAT, mawas diri dan jauhi NAFSU dan KESERAKAHAN.

Saya juga gak tau bagaimana jalan keluar sistem jual beli yang aman. Karena saya juga kenal teman penjual di kaskus yang benar2 gak mau pake rekber karena penipu juga ada yg dari pihak pembeli. Mungkin jalan keluar yang terbaik memang COD, sama2 lebih aman. Tapi sayangnya COD berarti tujuan forum nasional seperti kaskus yang memudahkan jual beli secara nasional tidak tercapai. Mungkin ada ide yang lebih baik dari agan2?

Sebaiknya penjual cendol juga dapat segera ditertibkan, agar para penipu tidak bisa seenaknya membuat id yang cendolnya berlimpah.


Dan buat si Abtugu yang pasti membaca surat ini juga, semoga agan bisa insyaf dan sadar. Makan uang hasil penipuan itu haram gan. Kenikmatannya cuma sesaat dan gak akan senikmat uang hasil kerja keras sendiri. Belum lagi konsekwensi karma dari perbuatan agan (mau percaya atau tidak). Kelakuan agan bisa bikin orang yg sudah kepepet pakai uang tabungannya akhirnya habis sia2. Agan bisa aja bikin satu keluarga menderita. Banyak rentetan berantai dari kelakuan agan yang sepertinya gak melukai orang itu gan. Semoga hati dan pikiran agan bisa dicerahkan.


Dan semoga kaskus dapat menjadi tempat yang lebih bersih dan kondusif untuk jual beli.


Spoiler for Foto-foto:
zharki
zharki memberi reputasi
1
4.2K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Surat Terbuka Jual Beli
Surat Terbuka Jual Beli
6.4KThread368Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.